Resep Kue Gemblong Paling Mudah

Resep kue gemblong – kue gemblong, pastinya anda sudah kenal dengan nama kue yang satu ini kan. Apalagi jika menyebut nama kue gemblong, anda pasti sudah tahu bagaimana rasa dari kue ini. kue gemblong, adalah cemilan tradisional yang dibuat dengan bahan dasar ketan, dan berbentuk seperti bola yang lonjong, disertai dengan lumuran gula merah yang akan membuat kamu pastinya menyukai makanan ini.

Kue gemblong sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, adalah karena cita rasanya yang gurih dan manis. Dengan rasanya yang enak dan gurih, ternyata cara membuat kue gemblong ini mudah lho!

Sama seperti jajanan atau cemilan pasar lainnya, kue gemblong juga hanya membutuhkan bahan-bahan yang sederhana dan dapat ditemui di sekitar kita untuk membuatnya. Kue gemblong biasanya dibuat dengan bahan dasar tepung beras ketan putih, tetapi anda juga mengkreasikan kue ini dengan menggunakan bahan tepung beras ketan hitam.

Baca: Resep kue basah tradisional

Cara membuat kue gemblong juga sama mudahnya dengan mencari bahan-bahan nya, bahkan lebih mudah dibanding dengan membuat donat dan lainnya. Untuk membuatnya juga tidak membutuhkan bahan-bahan yang banyak, jadi tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk bahan-bahan nya saja. Alat-alat yang digunakan untuk membuat kue gemblong ini juga tidak perlu dengan peralatan modern, hanya perlu berbekalkan alat masak rumahan biasa.

Memang, saat ini kue gemblong yang terkenal enak ini sudah jarang dan sulit untuk ditemukan. Padahal dulu cemilan yang satu ini gampang sekali untuk ditemukan, dan dijual dengan harga yang murah. Mungkin itu dikarenakan mulai banyaknya makanan modern seperti cheese stick, donat, makaroni dan lain-lainnya, membuat kue gemblong semakin lama tergusur dan sulit untuk dicari.

Kelebihan dari kue gemblong ini, adalah tidak adanya pengawet atau MSG yang berbahaya untuk kesehatan. Tidak seperti makanan modern yang banyak beredar sekarang ini, yang banyak mengandung pengawet dan berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak. Nah, dikarenakan kue gemblong sekarang ini sulit untuk dicari, bagaimana kita mencoba membuat resep kue gemblong ini? Daripada anda harus keluar rumah dan mencari makanan yang enak ini, anda bisa membuatnya sendiri dirumah.

Baca: Resep kue kering khas lebaran

Tips untuk membuat kue gemblong ini, adalah cara menggoreng nya yang tidak boleh terlalu lama. Goreng saja sampai benar-benar matang dan jangan sampai gosong, karena nanti akan berpengaruh terhadap rasanya. Goreng dengan menggunakan minyak yang banyak dan api yang sedang. Disaat menggoreng, jangan terlalu sering dibolak-balik juga, cukup sekali atau dua kali agar kulit dari kue ini tidak pecah.

Nah, sudah penasaran kan bagaimana resep kue gemblong ini? Berikut adalah penjelasan resep kue gemblong beserta dengan cara membuatnya. Baca dengan teliti ya!

Bahan-bahan

  • Bahan utama untuk membuat kue ini, adalah tepung ketan putih sebanyak 200 gram. Pilihlah tepung yang masih bagus dan tidak berbau apek.
  • Santan asli dan segar, yang diambil langsung dari parutan ½ buah kelapa, dengan banyak 125 ml.
  • Kurang lebih 100 gram parutan kelapa.
  • Untuk menggoreng kue gemblong, gunakan minyak goreng secukupnya.
  • Garam dapur secukupnya saja. Bisa juga tidak menggunakan garam, jika anda tidak terlalu suka dengan rasa asin.
  • Gula merah yang sudah disisir sampai halus dan gula putih, sebanyak 100 gram masing-masing.
  • Daun pandan yang masih segar, gunakan sebanyak 2 pcs saja. Cuci bersih terlebih dahulu, lalu buat berbentuk simpul.
  • Air bersih secukupnya, atau sekitar 150 ml saja.

Baca: Cara buat bola daging selimut Pangsit

Cara Membuat Gemblong Beras Ketan

  • Pertama, rebus santan dan aduk sampai terasa hangat. Jangan rebus santan sampai mendidih, karena dapat mengubah rasanya.
  • Siapkan sebuah wadah, dan masukkan garam sedikit, tepung beras ketan putih dan parutan kelapa, lalu aduk bahan sampai rata.
  • Jika sudah, masukkan santan yang sudah direbus tadi secara perlahan kedalam adonan sambil diaduk atau diuleni, sampai terasa kalis.
  • Setelah itu, bentuk adonan menyerupai bulatan yang sedikit lonjong, sampai adonan habis.
  • Ambil adonan yang sudah dibentuk tadi, dan goreng sampai benar-benar matang, ingat tidak boleh sampai gosong.
  • Selanjutnya adalah membuat besta gula merah, untuk lapisan kue gemblong.
  • Siapkan sebuah wadah, lalu masukkan gula putih, gula merah dan air. Lalu aduk adonan sampai rata, mengental dan berbusa.
  • Jika sudah, masukkan gemblong yang sudah digoreng tadi kedalam larutan besa gula merah. Aduk sampai tercampur rata, kemudian matikan api kompor.
  • Aduk kembali sampai semua adonan merata, dan biarkan sampai larutan besta gula merah mengering. Kue gemblong siap dihidangkan.

Nah, bagaimana? Mudah bukan? Membuat resep kue gemblong diatas, memang mudah dan bisa anda coba dirumah sendiri. Selain mudah cara pembuatannya, bahan-bahan yang diperlukan pun mudah untuk didapat.

Demikian artikel tentang resep kue gemblong. Semoga artikel resep kue gemblong ini, dapat bermanfaat untuk anda, terutama anda yang ingin mencoba membuat kue gemblong sendiri dirumah. Terima kasih telah membaca dan selamat mencoba!

Baca juga:  Begini Cara Praktis Mencegah Nasi Tidak Cepat Basi

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara membaca membuat kue gemblong -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *