Resep Kue Akar Kelapa dan Cara Buatnya

Mencari resep kue akar kelapa yang mudah dibuat di rumah? Anda membaca informasi di blog yang tepat. Pada artikel ini, penulis akan fokus pada resep pembuatan kue akar kelapa lengkap dengan informasi lainnya, lho! Simak hingga usai, ya.

Tidak dipungkiri, Indonesia adalah salah satu negara yang sangat kaya sekali nilai budaya dan suku bangsanya. Bahkan, kekayaan ini ditambah lagi dengan keberagamana hayati dan perairan yang juga sangatlah melimpah.

Sebagai warga negara Indonesia yang lahir di tanah air, tentunya kita wajib berbangga hati lahir di tanah nan subur ini.

Baca: Resep kue kering keluarga

Salah satu yang wajib juga kita banggakan adalah keberagaman kulinernya. Dengan banyaknya daerah, suku, pulau, dan belahan daratan lainnya, tidak terpikirkan seberapa banyak jenis kuliner yang Indonesia miliki.

Bahkan, dari banyaknya kuliner yang mungkin Anda ketahui, masih banyak sekali jenis kuliner “aneh” yang mungkin belum pernah Anda dengar.

Resep Kue Tradisional Tergeser Oleh Kue Modern

Sangat-sangat disayangkan, banyak sekali resep kue tradisional yang saat ini tidak diketahui kebanyakan orang. Saat ini, individu lebih cenderung untuk membeli kue jadi atau membuat kue modern yang mungkin lebih diketahui.

Sebagai gantinya, banyak sekali resep kue tradisional seperti resep kue akar kelapa menghilang karena pergeseran jaman.

Yap. Kue akar kelapa adalah salah satu kue tradisional yang perlahan menghilang akibat pergeseran budaya dan jaman dari luar. Sangat disayangkan memang.

Padahal, menurut hemat penulis, kue akar kelapa adalah salah satu kue tradisional terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan rasa yang lezat, bentuk yang unik, menarik, dan sangat bikin ketagihan ini menurut penulis wajib dicoba oleh semua orang.

Nah, mungkin Anda adalah salah satu yang tertarik untuk mencoba resep kue akar kelapa? Wah, penulis sangat apresiasi. Selain Anda bisa mencoba hal baru. Anda juga turut serta melestarikan resep kue tradisional, lho!

Kenapa Harus Tahu Resep Kue Akar Kelapa Tradisional?

Seperti yang penulis bilang pada poin sebelumnya, mengetahui resep pembuatan akar kelapa, Anda turut melestarikan resep kue tradisional. Pun, tidak ada ruginya sama sekali.

Toh, kue akar kelapa hampir disukai oleh semua orang. Bahkan, orang yang belum pernah mencoba sebelumnya bisa jadi jatuh cinta dan menyukai jenis kue ini. Karena memang, rasanya sangatlah menarik dan unik di lidah. Setuju?

Langsung saja, daripada berlama-lama, simak bahasan utama di bawah ini, ya!

Resep Kue Akar Kelapa – Renyah dan Bikin Ketagihan!

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 1/2 sendok teh Garam
  2. Gula pasir secukupnya
  3. 500 ml Santan kelapa
  4. 2 butir Telur ayam kampung (dikocok lepas)
  5. 1/4 kg Tepung ketan
  6. Minyak goreng secukupnya
  7. 150 gram Margarin (dicairkan)
  8. 1/4 sendok teh Vanili bubuk

Baca: Resep kue Apem

Cara membuat kue akar kelapa yang renyah dan bikin ketagihan:

  1. Langkah pertama yaitu siapkan panci rebusan dan tuangkan santan kelapa ke dalam panci tersebut.
  2. Kemudian panaskan dan rebus santan kelapa tersebut di atas kompor dengan menggunakan api kecil, sembari terus mengaduk santan agar tekstur santan tidak pecah dan rebus hingga mendidih.
  3. Setelah santan kelapa sudah mendidih, masukkan gula pasir dan aduk – aduk hingga gula larut dan tercampur secara merata dengan santan kelapa, lalu sisihkan.
  4. Tahap berikutnya siapkan sebuah wadah berukuran agar besar, campurkan tepung ketan, vanili bubuk, garam, dan telur.
  5. Aduk – aduk semua bahan tersebut hingga tercampur sempurna dan merata
  6. Kemudian tuangkan margarin cair ke dalam wadah tersebut dan aduk – aduk kembali adonan sampai merata.
  7. Setelah itu tuangkan rebusan santan kelapa ke dalam wadah yang berisi adonan.
  8. Aduk – aduk kembali semua bahan hingga tercampur merata dan kalis, lalu diamkan adonan sejenak agar adonan memadat dan lembab.
  9. Tahap berikutnya siapkan wajan penggorengan, tuangkan minyak goreng agak banyak dan panaskan diatas kompor dengan api sedang.
  10. Ambil adonan dan masukkan ke dalam cetakan kue akar kelapa atau bisa juga menggunakan plastik segitiga yang sudah dilubangi bagian ujungnya.
  11. Setelah minyak goreng cukup panas, masukkan hasil cetakan adonan ke dalam wajan.
  12. Goreng adonan hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan dan matang, lalu angkat dan tisikan.
  13. Kemudian masukkan kue akar kelapa dalam toples dengan penutup yang rapat.
  14. Kue akar kelapa siap disajikan.

Baca: Resep kue goreng yang mudah

Kesimpulan

Kurang lebihnya, itulah resep kue akar kelapa yang bisa penulis bagikan secara gratis kepada Anda. Semoga, dengan adanya pembahasan cukup lengkap di atas, Anda dapat membuat kue akar kelapa sendiri di rumah dan melestarikan kue ini agar tidak menghilang dimakan jaman. Semoga, ya!

Baca juga:  Resep Kue Kering Lebaran

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

kenapa adonan aķar kelapa lengket2 saat di goreng -kue akar kelapa cara buatnya -Resep kue akar kelapa lengkap dengan cara buatnya -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *