Aneka Jajanan Pasar yang Mudah Dibuat

Aneka jajanan pasar yang mudah dibuat – jajanan pasar, adalah cemilan yang sangat nikmat untuk disantap dipagi hari, dan bisa membuat anda kenyang. Apalagi jajanan yang dinikmati, adalah jajanan yang identik dengan bermacam-macam kue basah, pastinya akan menambah kenyang pada perut anda.

Selain bisa dijadikan sebagai makanan pokok pada pagi hari, jajanan pasar juga bisa dibuat menjadi cemilan. Tetapi walau dibilang cemilan, kue basah ini bisa membuat perut anda kenyang.

Nah, jika anda ingin menikmati jajanan pasar yang enak dan lezat, tetapi tidak sempat untuk pergi kesana. Jangan khawatir, anda bisa membuat beragam macam jajanan pasar dirumah anda sendiri. Selain bisa menghemat waktu dan ongkos, dengan membuat sendiri anda bisa berkreasi dengan jajanan yang akan anda buat.

Untuk membuat jajanan pasar ini, anda harus menyiapkan bahan-bahan kue yang sudah terjamin ke halal-an nya, dan pastinya bebas dari bahan pengawet. Nah, untuk kalian yang ingin mencoba membuat aneka jajanan pasar yang mudah dibuat, berikut kami akan memberikan anda beberapa daftar aneka jajanan pasar yang mudah dibuat untuk anda.

Daftar Aneka Jajanan Pasar yang Mudah Dibuat

  1. Jajanan Pasar Lemet Ubi

Untuk membuat jajanan yang satu ini, anda membutuhkan bahan-bahan seperti, satu setengah kilogram ubi kayu, 5 sendok makan gula pasir, 350 gram gula jawa dan satu sendok teh garam.

Dalam langkah-langkah pembuatannya, hal yang pertama kali harus anda lakukan adalah memarut semua ubi, iris tipis gula jawa, lalu masukkan bahan bersamaan dengan garam kedalam wadah ubi. Aduk sampai semuanya merata. Setelah itu masukkan lemet berukuran 1 sendok sayur ke daun pisang, lalu kukus adonan selama 20-30 menit. Jika sudah, angkat dan tiriskan. Hidangkan dalam keadaan dingin.

  1. Resep Kue Basah Lumpur Labu

Kue yang kita bahas kali ini, mempunyai tekstur yang lembut, wangi dan juga gurih. Kue basah yang satu ini cukup untuk mengenyangkan perut, apalagi untuk si kecil. Dalam pembuatan kue ini, anda bisa menambahkan toping sesuai selera.

Bahan-bahan untuk membuat kue basah lumpur labu, antara lain adalah, 1 butir telur ayam, satu potong labu kuning, dikukus, santan 200 ml, tepung terigu 150 gram, mentega 2 sendok makan, gula 2 sendok makan dan sedikit garam.

Untuk cara pembuatan kue ini, hal yang pertama harus dilakukan adalah, hancurkan labu yang sudah dikukus dengan menggunakan garpu, setelah itu anda campurkan dengan gula dan telur, aduk sampai merata. Cairkan mentega, masukkan kedalam adonan, ditambah juga dengan terigu, aduk sampai adonan merata

Tambahkan santan ke dalam adonan, sesuaikan dengan kekentalan yang anda inginkan. Siapkan cetakan kue lumpur, dengan memanaskannya. Lalu masukkan adonan dan tutup, masak adonan dengan menggunakan api kecil sampai adonan matang.

Angkat dan hidangkan. Untuk membuat si kecil lebih suka, anda bisa menambahkan kue dengan gula dan garam secukupnya.

  1. Kue Jajanan Pasar Putu Ayu

Kue yang berwarna hijau ini, memang lebih nikmat jika disantap pada sore hari, apalagi jika ditemani dengan teh hangat. Pastinya akan membuat sore anda lebih sempurna.

Untuk membuat jajanan yang satu ini, anda harus menyiapkan bahan-bahan seperti, 1 sendok teh SP, 4 butir telur, tepung terigu serba guna 200 gram, gula pasir 200 gram, garam secukupnya, santan kental 200 ml yang sudah direbus sampai menggelembung, pasta panda, vanilla essence dan kelapa parut secukupnya.

Untuk membuat jajanan yang satu ini, membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah, campurkan gula pasir, telur, garam dan SP sampai berwarna putih dan berjejak. Masukkan terigu ke dalam adonan secara perlahan-lahan sambil diayak, agar tidak menggumpal. Aduk bahan-bahan dengan menggunakan spatula. Beri vanilla essence, lalu tambahkan pasta pandan dan santan kental, baru aduk kembali sampai merata.

Siapkan cetakan kue, dengan memanaskan terlebih dahulu dan diolesi permukaannya dengan minyak dalam pengukus. Masukkan kelapa parut ke dalam cetakan kue, tekan secukupnya saja. Kemudia lapisi kelapa parut tadi dengan adonan. Jika sudah, kukus semua adonan sampai benar-benar matang. Jika memakai cetakan yang kecil, proses mengukus tidak membutuhkan waktu yang lama. Selesai, kue putu ayu siap untuk disantap.

Nah, bagaimana? Apa anda tertarik, dengan aneka jajajnan pasar yang mudah dibuat diatas? Penulis sendiri ingin membuat kue putu ayu, karena mempunyai rasa yang khas dan pastinya lezat. Untuk membuatnya pun mudah dan tidak memerlukan peralatan yang susah didapat.

Demikian artikel tentang aneka jajanan pasar yang mudah dibuat. Semoga artikel aneka jajanan pasar yang mudah dibuat ini, anda terbantu dan bermanfaat untuk anda. terima kasih telah membaca dan selamat mencoba!

Baca juga:  Cara Membuat Kue Basah yang Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *