Cara Buat Es Doger Lilin

Es Doger Lilin merupakan minuman tradisional yang memiliki cita rasa manis dan menyegarkan. Dengan perpaduan berbagai bahan seperti kelapa, gula merah, santan, dan cincau, Es Doger Lilin menghadirkan sensasi yang unik dan menggugah selera. Membuat Es Doger Lilin sendiri tak perlu susah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Yuk, simak cara lengkapnya berikut ini!

Cara Buat Es Doger Lilin yang Menggugah Selera

Es Doger Lilin adalah minuman segar yang populer di daerah Jawa Barat. Rasanya yang manis dan lezat, serta kombinasi beragam bahan unik membuat Es Doger Lilin menjadi pilihan yang menarik untuk penyegar di cuaca panas. Ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah? Berikut adalah cara sederhana membuat Es Doger Lilin yang menggugah selera!

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • 125 gram kelapa parut kasar
  • 2 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 1000 ml air kelapa
  • 100 gram gula merah, serut
  • 1 sendok teh garam
  • 50 gram tape ketan, kukus dan iris tipis-tipis
  • 50 gram kolang kaling
  • 50 gram nangka muda, iris kotak kecil
  • 50 gram kacang merah, rebus dan tiriskan
  • 50 gram biji selasih, rendam dalam air hangat hingga mengembang
  • Es batu secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan:

Selanjutnya, berikut adalah langkah-langkah dalam membuat Es Doger Lilin yang menggugah selera:

1. Rebus air kelapa, daun pandan, gula merah serut, dan garam dalam panci dengan api sedang. Aduk hingga gula merah larut sepenuhnya. Biarkan larutan es doger lilin mendidih sebentar.

2. Sementara itu, siapkan mangkuk besar yang telah diisi es batu di dalamnya. Tuangkan larutan es doger lilin ke dalam mangkuk tersebut dan aduk-aduk hingga suhu larutan menurun.

3. Setelah itu, tambahkan kelapa parut kasar, tape ketan, kolang kaling, nangka muda, kacang merah, dan biji selasih ke dalam larutan es doger lilin. Aduk rata sehingga semua bahan tercampur merata dan terendam dalam larutan.

4. Es Doger Lilin siap disajikan! Tuang es doger lilin ke dalam gelas saji, dan tambahkan es batu secukupnya. Nikmati Es Doger Lilin yang segar dan lezat ini. Selamat mencoba!

Baca juga:  Resep Cara Masak Sayur Sop Bakso

Penutupnya, cara membuat es doger lilin adalah dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas dengan seksama. Jangan takut untuk mencoba dan berkreasi dengan rasa dan topping tambahan yang disukai. Es doger lilin ini dapat menjadi pilihan yang menyegarkan dalam cuaca yang panas, dan menjadi hidangan favorit keluarga yang bisa dinikmati bersama-sama. Selamat mencoba!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Buat Es Doger Lilin

Apa saja bahan-bahan yang diperlukan?

– 400 ml santan kelapa
– 200 gram gula merah, serut
– 100 gram cincau hitam, potong-potong
– 100 gram alpukat, potong dadu
– 100 gram kolang kaling, potong dadu
– Es batu secukupnya

Bagaimana cara membuat santan kelapa?

Untuk membuat santan kelapa, Anda perlu mengambil daging kelapa yang telah diparut dan memerasnya dengan menggunakan air hangat. Saring santan kelapa yang telah dihasilkan untuk mendapatkan santan yang halus dan lembut.

Bagaimana langkah-langkah membuat es doger lilin?

1. Masak santan kelapa dan gula merah serut dalam panci hingga gula merah larut dan santan kelapa mengental. Biarkan santan kelapa tersebut dingin.
2. Siapkan mangkuk saji atau gelas besar, masukkan potongan cincau hitam, alpukat, dan kolang kaling ke dalamnya.
3. Tuangkan santan kelapa yang sudah dingin ke dalam mangkuk saji atau gelas.
4. Tambahkan es batu secukupnya.
5. Aduk-aduk es doger lilin dan nikmati segera.

Adakah variasi bahan yang bisa ditambahkan pada es doger lilin?

Tentu, Anda bisa menambahkan bahan tambahan seperti nangka potong, roti bakar, pacar cina, atau selasih sesuai selera Anda untuk membuat variasi rasa dan tekstur pada es doger lilin.

Apakah es doger lilin bisa disimpan?

Sebaiknya es doger lilin dikonsumsi segera setelah pembuatan, karena bahan-bahan segarnya lebih nikmat. Jika Anda ingin menyimpannya dalam waktu singkat, Anda bisa menutupnya dengan rapat dan simpan di dalam kulkas selama beberapa jam sebelum dikonsumsi.

Apa manfaat yang didapat dari mengonsumsi es doger lilin?

Es doger lilin mengandung banyak serat dari buah-buahan yang digunakan seperti alpukat dan kolang kaling. Selain itu, santan kelapa yang digunakan juga mengandung lemak baik dan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Namun, sebaiknya dikonsumsi dengan porsi yang seimbang sebagai hidangan penutup yang menyegarkan.

Baca juga:  Cara Membuat Mayonaise Untuk Salad Buah Yang Enak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *