Resep Kue Donat Kentang

Resep kue donat kentang – donat, adalah salah satu makanan yanmg paling terkenal di dunia saat ini. Donat sendiri adalah kue yang dibuat dengan adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega, yang nantinya digoreng dan dipanggang hingga mengembang.

Donat memang sudah menjadi makanan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Ciri khas donat yang pastinya sudah kita hafal, adalah bentuknya yang bulat dengan lubang ditengahnya yang membentuk seperti cincin, dan juga mempunyai rasa yang manis dan gurih.

Donat biasanya dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung terigu, tetapi saat ini, banyak juga yang membuat donat dengan memberikan variasi lain, tergantung ke kreatifitas pembuatnya.

Kue yang bisa dihiasi dengan berbagai macam varian toping dan rasa ini, sudah menjadi makanan yang paling umum di Indonesia. Mulai dari warung kecil di perkampungan, sampai dengan mall yang besar dan megah, anda pasti dengan mudah menemukan makanan ini, tentunya dengan berbagai macam rasa, harga dan kualitas juga.

Memang, sampai saat ini tidak sedikit orang yang belum mengetahui dan masih memperdebatkan siapa orang yang pertama kali menciptakan kue donat ini. Menurut National Dunking Association of Amerika (NDAA), menyebutkan sebuah fakta bahwa yang menemukan kue donat pertama kali adalah orang yang bernama Hanson Crockert Gregory.

Tetapi walau itu sudah disebut fakta, ada pihak dari suku indian yang juga mengkalim bahwa merekalah yang juga menciptakan kue berbentuk cincin tersebut. Siapapun yang menciptakan kue donat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa sudah banyak orang yang menggemari makanan ini.

Dikarenakan banyak orang yang menyukai kue yang satu ini, maka peluang usaha untuk kue donat menjadi usaha yang cukup bagus untuk ditekuni. Jadi, bukanlah hal yang mustahil jika suatu saat orang yang membuka usaha kue donat ini, akan mendapatkan keuntungan yang banyak.

Tetapi, semua keuntungan yang akan anda dapatkan, akan tergantung dengan semua kreatifitas anda terhadap kue donat ini. Semakin anda kreatif dalam membuat kue ini, maka anda akan membuat kue donat yang unik dan pastinya dicari oleh banyak orang. Salah satu kue donat yang unik, adalah resep kue donat kentang yang akan kita coba buat kali ini.

Mungkin sebagian orang akan beranggapan membuat kue donat itu tidaklah mudah, apalagi kue donat kentang. Tetapi anggapan itu sebenarnya tidaklah benar, dengan mengetahui cara membuat kue donat kentang, maka otomatis nantinya akan lebih mudah dalam membuat cemilan yang satu ini. Jadi sebelum berpikir itu sulit, anda bisa mencoba terlebih dahulu, siapa tahu nanti kue donat buatan anda akan terasa enak.

Nah tidak perlu berlama-lama lagi, berikut adalah penjelasan resep kue donat kentang, dengan cara membuat nya untuk anda.

Resep Kue Donat Kentang dan Cara Membuat

Baca juga:  Resep Cara Membuat Kue Cubit Yang Sederhana

Resep Kue Donat Kentang

Untuk cara membuat, kami akan memberikan anda 2 cara, jadi anda tinggal memilih mana yang menurut anda lebih mudah.

Bahan-bahan

  • Tepung terigu protein tinggi 500 gram
  • Kuning telur 4 butir
  • Kentang 250 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Mentega 100 gram
  • Air dinging 100 ml
  • Susu bubuk full cream 50 gram
  • Ragi instan 11 gram
  • Minyak goreng 1 liter
  • Garam ½ sendok the

Bahan Topping

  • Mentega 50 gram
  • Meses 50 gram
  • Gula halus 50 gram

Cara Membuat Kue Donat Kentang

  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah, cuci kentang yang masih segar sampai benar-benar bersih. Lalu rebus kentang tersebut sampai terasa lunak dan matang, setelah itu kupas kulitnya dan potong-potong menjadi kecil, haluskan dengan cara ditumbuk.
  • Siapkan sebuah wadah, lalu masukkan tepung terigu ke dalamnya. Lalu tambahkan susu bubuk, gula pasir dan ragi instan ke dalam wadah, aduk semua bahan sampai rata semuanya. Jika sudah, masukkan kentang yang sudah dihaluskan tadi kedalam adonan, lalu aduk lagi sampai rata.
  • Jika semua adonan sudah rata, masukkan kuning telur dan juga air dingin, aduk kembali sampai tercampur rata. Setelah itu tambahkan garam dan mentega, aduk semua bahan tersebut dengan cara di remas-remas memakai tangan, sampai terasa kalis dan lengket di tangan.
  • Diamkan adonan yang sudah di remas-remas tadi, dengan cara ditutup wadahnya menggunakan kain basah. Diamkan selama 30 menit agar adonan tadi mengembang.
  • Jika sudah mengembang, maka anda tinggal membentuk adonan tersebut menjadi berbentuk donat.
  • Jika sudah dibentuk menjadi bentuk donat, selanjutnya anda taruh di atas piring atau wadah datar yang permukaannya sudah ditaburi dengan sedikit tepung, agar nantinya adonan tidak lengket. Diamkan kembali selama 20 menit.
  • Sambil menunggu sampai 20 menit, anda bisa memanaskan minyak goreng. Jika sudah 20 menit, anda tinggal goreng adonan donat tersebut dengan cara dibolak-balik sampai benar-benar matang. Ciri-ciri sudah matang adalah berwarna kuning kecoklatan.
  • Jika sudah matang, tiriskan donat dari sisa-sisa minyak. Lalu, oleskan donat dengan menggunakan mentega dan taburkan meses diatas donat, sesuai dengan selera anda. Selain menggunakan meses, anda juga bisa menggunakan taburan lain seperti gula halus.
  • Selesai, kue donat kentang sudah bisa dihidangkan

Nah, bagaimana? Mudah bukan? Penulis sendiri berpendapat, bahwa resep kue donat kentang diatas termasuk mudah, karena membutuhkan bahan-bahan yang mudah didapat, cara membuatnya pun mudah. Jadi anda bisa membuatnya sendiri dirumah.

Demikian artikel tentang resep kue donat kentang. Semoga artikel resep kue donat kentang ini, dapat bermanfaat untuk anda, terutama yang baru pertama kali ingin mencoba membuat kue donat. Terima kasih telah membaca dan selamat mencoba!

Baca juga:  Cara Praktis Membuat Mayones Sendiri Di Rumah dan Manfaatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *