Cara Membuat Kue Basah yang Mudah

Cara membuat kue basah yang mudah – kue basah, memang sudah lama berada di Indonesia, kebanyak kue basah ini adalah kue tradisional khas dari berbagai daerah di Indonesia. Kue basah memang menjadi kue yang paling digemari di Indonesia, itu dikarenakan rasanya yang lezat dan enak di lidah. Apalagi cara membuat kue basah yang mudah, bisa anda lakukan sendiri dirumah.

Tetapi walau rasanya yang enak, kue basah yang terbuat dari bahan dasar santan, menyebabkan kue yang satu ini tidak dapat bertahan lama. Ada banyak jenis kue basah di Indonesia yang termasuk dalam kategori kue basah tradisional Indonesia, diantaranya seperti kue mangkuk, kue basah talam, kue basah apem, kue basah kamis, kue klepon, kue bugis, kue basah cantik manis dan masih banyak lagi.

Selain kue basah tradisional Indonesia, adalah kue basah modern asli Indonesia, tetapi dipengaruhi oleh kue dari luar Indonesia. Diantaranya seperti bolu kemojo, brownies kukus, lapis Surabaya, kue sarang semut dan masih banyak lagi. Kue basah memang menjadi cemilan yang pas, untuk anda yang sedang santai.

Cara Membuat Kue Basah yang Mudah

Untuk anda yang mencari cara membuat kue basah yang mudah, anda berada di tempat yang tepat. Karena kali ini, kami akan memberikan anda beberapa resep dan cara membuat kue basah yang mudah dan pastinya enak.

Nah, apa saja resep dan bagaimana cara membuat kue basah yang mudah? Berikut adalah penjelasannya. Simak dengan seksama ya!

Kue Basah Kue Ku Kacang Hijau

Kue ku atau juga bisa disebut kue kura-kura, adalah kue basah tradisional Indonesia yang lezat dan berisikan kacang hijau yang manis. Kue basah yang satu ini, bisa anda temukan dengan mudah di pasar tradisional. Tetapi pertama-tama, anda harus mengumpulkan terlebih dahulu semua bahan-bahan, agar nantinya bisa lebih mudah dalam proses pembuatannya. Berikut adalah penjelasannya:

Bahan-bahan

  • 220 gram tepung ketan
  • 50 gram tepung beras
  • 100 gram kentang kukus, dihaluskan
  • 200 cc air
  • 20 cc minyak
  • Garam secukupnya
  • Pewarna makanan secukupnya

Bahan membuat isinya

  • 80 gram kacang hijau
  • 150 gram gula pasir
  • 50 cc santan kental
  • 200 cc air matang
  • 2 sendok makan wijen
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Ku Kacang Hijau

  • Untuk membuat adonan kulit, anda bisa mengayak tepung ketan dan tepung beras. Lalu setelah itu, tuangkan air secara perlahan-lahan. Aduk dengan perlahan menggunakan sendok kayu.
  • Tambahkan minyak, lalu aduk kembali sampai merata. Tutup adonan dengan menggunakan kain bersih yang basah. Diamkan selama 30 menit, selanjutnya bentuk adonan menjadi bulat, sisihkan.
  • Untuk membuat adonan isi, anda bisa mencampurkan gula pasir, kacang hijau, wijen, garam, santan dan air. Masak semua bahan tadi sambil diaduk sampai kalis, dan dapat dipulung. Bentuk adonan menjadi bulat, tetapi lebih kecil dari adonan kulit.
  • Pipihkan adonan kulit yang sudah disiapkan, lalu kemudian isi dengan adonan isi. Tutup, lalu cetak adonan kue dengan menggunakan cetakan kue ku.
  • Siapkan pengukus, dan lapisi bagian bawahnya dengan menggunakan daun pisang, panaskan kukusan kemudia kukus adonan tersebut selama 15 menit. Agar bisa matang sempurna, panci pengukus harus sering dibuka dan ditutup selama proses pengukusan.

Selesai, kue ku kacang hijau siap untuk dihidangkan. Kue yang satu ini memang enak disajikan disaat ada acara atau ada tamu yang datang kerumah.

Nah, bagaimana? Apa anda tertarik untuk membuat resep kue basah diatas? Penulis sendiri ingin sekali untuk membuat kue basah diatas. Selain karena rasanya yang enak, pasti ada kepuasan tersendiri disaat kita membuat kue basah sendiri dirumah. Daripada kita harus keluar rumah, mencari toko kue dan membeli nya dengan harga yang lumayan mahal. Karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue basah ini mudah didapat, dan alat-alat yang dibutuhkan terbilang sederhana, maka apalagi yang membuat anda tidak ingin mencoba membuat kue basah ini? Pastinya ingin bukan?

Apalagi sebentar lagi akan tiba bulan suci Ramadhan dan diiringi dengan Hari Raya Idul Fitri, pastinya dengan mencoba membuat kue basah ini untuk dihidangkan, akan memberi kepuasan tersendiri bagi anda. Sebenarnya masih banyak resep kue basah yang belum dibahas, tetapi karena keterbatasan waktu, jadi kami hanya memberikan anda sedikit saja informasi tentang resep kue basah ini.

Demikian artikel tentang cara membuat kue basah yang mudah. Semoga dengan artikel cara membuat kue basah yang mudah ini, dapat memberikan manfaat, terutrama untuk anda yang ingin mencoba sendiri membuat kue basah dirumah. Terima kasih telah membaca dan selamat mencoba!

Baca juga:  Resep Masakan Ayam Kecap Spesial Khas Manado, Manis dan Lezat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *