Cara Aman Memotong Sayuran Bagi Para Pemula

Bagi para wanita, memasak merupakan salah satu kegiatan wajib dilakukan ketimbang pria. Banyak wanita yang dituntut memasak makanan yang beraneka ragam dan enak dimakan. Tapi sebetulnya acara memasak tak hanya ditujukan untuk kaum hawa, faktanya banyak chef terkenal yang muncul dari golongan kaum adam. Tapi bagi Anda yang masih pemula, tentu kamu belum bisa memasak makanan dengan benar, bukan?

Nah bila Anda ingin bisa memasak, hal dasar yang perlu diketahui adalah teknik memotong dalam memasak yang dimulai dengan cara memgang pisau terlebih dahulu. Ada macam-macam teknik memotong menggunakan pisau, tergantung dari tujuan dan kebutuhannya.

Soal potongan sayur pun, ada berbagai cara membuat potongan sayuran. Cara memotong sayuran untuk hiasan tentunya berbeda dengan teknik memotong sayuran dalam memasak. Bahkan jenis potongan sayuran ini akan mempengaruhi cita rasanya. Namun, sebagai pemula, Anda tak perlu dipusingkan soal potongan sayur untuk hiasan dengan berbagai bentuk yang indah. Namun untuk cita rasa sebaiknya tetap diperhatikan.

Hal yang penting diketahui oleh seorang pemula adalah cara memotong sayuran yang paling aman. Cara memegang pisau yang salah, bukan hanya membuat potongan sayur yang tidak baik, bahkan dapat melukai tangan pemegangnya.

Cara Aman Memotong Sayuran Bagi Para Pemula
Cara Aman Memotong Sayuran Bagi Para Pemula (image: safebee.com)

Baca juga: Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar dan Lebih Awet

Teknik Memotong Sayuran Bagi Pemula Yang Mudah dan Aman

Berikut ini adalah beberapa tips / cara aman memotong sayuran bagi para pemula yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Gunakan pisau tajam yang bersih.
  2. Cuci bersih sayuran yang akan dipotong dan pastikan sayuran tsb masih segar dan layak dikonsumsi.
  3. Untuk sayuran yang berukuran besar, belah sayuran menjadi 2 bagian. Membelahnya menjadi 2 bagian akan mempermudah Anda untuk memotong sayuran dalam potongan sayur yang lebih kecil lagi.
  4. Bila sayuran terasa licin, gunakan handuk atau sarung tangan untuk memegang sayuran agar lebih mudah dipotong.
  5. Potonglah sayuran sesuai dengan bentuk, keinginan, ataupun petunjuk resep. Namun ingat jangan asal potong ya, karena tiap jenis potongan sayuran ini nantinya akan mempengaruhi cita rasanya. Teknik memotong sayuran dalam memasak ada berbagai cara yaitu bisa dicincang halus, cincang kasar, iris tipis, iris tebal, iris tipis memanjang, ataupun dibelah. Untuk bumbu seperti bawang dapat dicincang halus ataupun kasar. Sementara untuk jenis sayuran utama biasanya menggunakan teknik irisan.
Baca juga:  Resep Masakan Bubur Jagung Ayam Khas Sulawesi Selatan, Gurih dan Nikmat

Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Cara Memotong Sayuran Agar Tetap Memiliki Citarasa Enak Menggugah Selera

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi citarasa sebuah masakan yang berkaitan dengan teknik memotong dalam memasak, yaitu:

  1. Ukuran, Bentuk dan Penampang

Semakin kecil ukuran potongan sayur akan membuat sayuran ini lebih cepat lunak dan melepaskan aroma khasnya. Sebagai contoh tumisan bawang yang dibuat dengan cara dicincang akan lebih wangi dibandingkan hanya diiris saja.

Bentuk potongan sayuran akan mempengaruhi reaksi psikologis orang yang melihatnya. Sayuran yang diris bundar lebih menggugah selera dibandingkan sayuran yang dipotong segi empat.

Untuk menghasilkan rasa sayur yang kres dan renyah, sebaiknya sayuran diiris memanjang dibandingkan dipotong kecil-kecil. Namun bila Anda menginginkan sup yang empuk sebaiknya potong sayuran dengan ukuran kecil-kecil. Ingat, sebaiknya ikuti petunjuk pemotongan sayuran yang tertera pada resep masakan.

  1. Lama memasak

Jenis potongan sayuran dengan ukuran kecil-kecil akan mempengaruhi tekstur sayuran, mempercepat penyerapan bumbu, dan mempercepat proses pematangan saat dimasak.

  1. Rasa berbeda

Bentuk potongan sayuran selain dapat memberikan reaksi berbeda pada orang yang melihatnya, juga dapat memberikan reaksi berbeda pada sayuran itu sendiri. Sebagai contoh, tomat akan lebih mudah mengeluarkan enzim dan aroma jika diiris tipis.

Bagaimana cara memotong sayuran bagi pemula di atas? Sangat mudah bukan?

Nah sekian dahulu artikel seputar tips dapur dari CaraPraktis.Info yang berjudul Cara Aman Memotong Sayuran Bagi Para Pemula yang semoga saja bisa memberikan manfaat.

 

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

Cara memotong sebagai dasar masak -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *