Cara Praktis Mencegah Ular Masuk Rumah dan Tips Menghilangkan Ular dari Rumah

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah – Siapa sih yang tidak takut bila bertatap muka dengan ular? Apalagi bila ular tsb ada di rumah yang seharusnya rumah menjadi tempat yang paling nyaman dan aman. Bila sudah terlanjur ada di dalam rumah maka biasanya Anda akan mengusir ular tsb keluar rumah atau malah membunuhnya.

Bila posisi rumah Anda dengan dengan sungai, rawa, danau ataupun perkebunan sebaiknya hati-hati karena mungkin ular akan datang bertamu ke rumah Anda. Tempat yang dingin, lembap merupakan tempat kesukaan ular. Walaupun ada ular yang tak berbisa, namun sebaiknya Anda berhati-hati dan berusaha menggunakan cara mencegah ular masuk rumah.

Mungkin sebagian dari pembaca percaya bila ular yang masuk ke dalam rumah merupakan petanda buruk. Namun terlepas dari mitos tsb, memang sebaiknya Anda harus menggunakan cara mencegah ular masuk rumah bila Anda ingin melindungi orang-orang yang ada di dalam rumah tsb. Bila Anda masih percaya bahwa garam merupakan cara efektif mengusir ular, sebaiknya segera buang pikiran tsb karena sebetulnya ular tidak takut garam. Saya masih ingat bagaimana dulu pernah mengubur ular kawat dengan bubuk garam, yang terjadi rumah lengket dan ularnya pergi entah kemana. Semoga pengalaman saya ini tidak terulang pada Anda.

Membunuh ular sebaiknya dijadikan cara terakhir mengatasi ular yang ada di kamar ataupun di rumah. Karena bagaimanapun ular merupakan makhluk hidup, membunuh ular berarti telah mengganggu keseimbangan ekosistem yang ada. Cara paling tepat untuk menghilangkan ular adalah dengan menangkapnya lalu memindahkannya ke tempat lain seperti hutan dll.

Selain itu, ada yang percaya juga bila membunuh ular dapat menjadi petanda buruk hehehe. Sekarang pertanyaannya, lalu bagaimana cara mencegah ular masuk rumah atau bagaimana cara mengusir ular dari rumah yang benar dan tepat?

cara mencegah ular masuk rumah
cara mencegah ular masuk rumah (image: abc13.com)

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah Yang Aman dan Mudah

Cara efektif untuk mengusir ular agar tak masuk ke pekarangan ataupun dalam rumah adalah mengubah kondisi rumah dan lingkungan sekitar. Bila Anda seringkali melihat ular berjalan-jalan atau mondar mandir di rumah ataupun pekarangan rumah Anda, itu artinya memang rumah Anda cocok sebagai tempat hidup mereka. Perubahan sedikit saja pada lingkungan sekitar rumah Anda dapat membuat mereka lari dan tak berani datang kembali.

Baca juga:  Cara Membuat Lubang Resapan Biopori di Halaman Rumah Anda

Berikut ini adalah beberapa tips membuat rumah tetap nyaman bagi Anda namun tidak nyaman bagi ular yaitu:

  • Jaga kebersihan rumah dan pekarangan, pangkaslah tanaman yang terlalu rimbun, potong rumput, hilangkan sampah, dsb.
  • Hilangkan semua tanaman yang merambat termasuk tiangnya apalagi bila sampai menempel di rumah karena bisa menjadi tempat masuk ular.
  • Pindahkan semua tumpukan batu, kayu, dan puing-puing lainnya karena bisa menjadi tempat hidup hewan kecil yang menjadi makanan ular.
  • Tutupi semua lubang pembuangan termasuk celah pintu karena ada ular yang bisa masuk lubang bawah pintu juga.
  • Tutupi juga semua lubang tempat tikus masuk karena adanya tikus dapat mengundang ular untuk datang.
  • Gunakan pagar yang dilapisi dengan kawat mesh halus di sekeliling pagar rumah sehingga ular tidak dapat masuk ke pekarangan.
  • Taburkan kapur barus di tempat-tempat yang suka dilewati ular, bila perlu masukkan ke dalam pipa. Bau kapur barus tidak disukai reftil termasuk ular.
  • Anda juga bisa menggunakan bubuk belerang di depan pintu atau tempat lainnya yang dicurigai tempat masuk ular untuk mencegah ular masuk rumah. Ular sangat benci bau belerang.
  • Pertimbangkan untuk memelihara kucing karena kucing merupakan predator bagi ular. Dulu, saya sering melihat bagaimana kucing berkelahi dengan ular di depan rumah hehehe.

Baca juga: 5 Cara Praktis Mengusir Kucing Liar Dari Dalam dan Pekarangan Rumah

Itulah beberapa tips menghalau ular yang dapat Anda coba. Ingat! cara mencegah ular masuk rumah yang paling efektif adalah membuat lingkungan yang tidak nyaman untuk tempat hidupnya.

Cara Mengatasi Ular Yang Terlanjur Masuk ke Dalam Rumah

Bila Anda tak sengaja bertatap muka dengan ular di dalam kamar mandi, kamar tidur, dapur, atau bagian rumah lainnya jangan panik. Usahakan untuk mengisolasi hewan tsb dengan cara menutup pintu. Usahakan untuk tidak membunuh ular ya .. Bila Anda tak tahu cara menangkap ular, sebaiknya jangan coba-coba kecuali Anda sudah terlatih. Ingat, ular yang ukurannya kecil biasanya lebih berbisa dibandingkan ular besar, jadi sebaiknya hati-hati.

Baca juga:  Tips Memilih Tanaman Untuk Desain Taman Rumah Minimalis

Bila Anda tidak bisa menangkapnya sendiri, cobalah minta bantuan para ahli seperti komunitas pecinta ular atau pemadam kebakaran untuk menangkapnya dan mengatasi ular yang ada di dalam rumah.

Untuk lebih lengkapnya, berikut cara mengatasi ular yang masuk rumah …

  • Tutup pintu rumah, terus cobalah Anda keliling rumah dan cari tahu celah yang mungkin jadi tempat masuk ular, lalu tutup saja celah tsb.
  • Tangkap ular yang ada di rumah dengan bantuan para profesional atau gunakan jebakan ular.
  • Pastikan tidak ada makanan yang disukai ular di rumah Anda. Ular sangat menyukai serangga dan tikus. Kebanyakan orang biasanya menggunakan insektida dan racun tikus untuk mengatasi sumber makanan ular ini. Bila diperlukan silahkan kontak jasa pest control terdekat.

Baca juga: Cara Praktis Mengusir Tikus Dari Rumah

Nah itulah informasi seputar cara mencegah ular masuk rumah dan cara mengatasi ular yang terlanjur sudah ada di dalam rumah. Ingat, buatlah rumah senyaman mungkin untuk kita tinggali dan jangan jadikan rumah sebagai kandang ular. Semoga ulasan cara menghalau dan mengusir ular dari rumah di atas dapat bermanfaat …

Sumber Referensi: pestkill.org/other/snakes/

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara mencegah ular masuk rumah -penangkal ular agar tidak masuk rumah -mencegah ular masuk rumah -apakah benar kapur barus bisa mengusir ular? -cara mencegah ular masuk ke rumah -kapur barus dan ular -supaya ular tidak masuk rumah -cara agar ular tidak masuk rumah -https://carapraktis info/2017/10/cara-praktis-mencegah-ular-masuk-rumah html/ -cara mencegah ular masuk dalam rumah -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *