7 Cara Praktis Mengatasi Gatal Bekas Gigitan Nyamuk Secara Alami

Cara Mengatasi Gatal Bekas Gigitan Nyamuk – Siapa yang tak sebal sedang duduk santai tiba-tiba kulit terasa gatal. Gigitan nyamuk walaupun kadang tidak berbahaya namun menjengkelkan. Selain rasa gatalnya, gigitan nyamuk pun dapat menyebabkan bentol di kulit yang kadang tak kunjung hilang. Biasanya bila sudah gatal begini, tangan pun tak tahan untuk menggaruknya dan menyebabkan kulit lecet. Lalu bagaimana cara menghilangkan gatal karena digigit nyamuk?

Nyamuk dapat membawa bibit penyakit seperti penyakit demam berdarah, malaria, ataupun chikunguya. Nah bila Anda tinggal di tempat yang sedang ada wabah penyakit tsb sebaiknya lebih berhati-hati agar tidak tergigit nyamuk.

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk

Selain menyebarkan bibit penyakit, menyebabkan gatal, kadang pada orang tertentu yang sensitif, gigitan nyamuk pun dapat menimbulkan reaksi alergi berupa bengkak gatal, sulit bernapas, ataupun pembengkakan tenggorokan. Nah bila Anda ataupun orang terdekat Anda mengalami reaksi alergi akibat gigitan nyamuk tsb sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Lalu bagaimana cara mengatasi gatal bekas gigitan nyamuk? Selain dapat menggunakan krim ataupun salep anti gatal, Anda pun dapat menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah untuk mengurangi ataupun menghilangkan rasa gatal karena digigit nyamuk tsb loh. Bila Anda tertari yuk simak ulasan CaraPraktis.Info berikut ini ..

cara mengatasi gatal bekas gigitan nyamuk
cara mengatasi gatal bekas gigitan nyamuk (image: scienceabc.com)

Baca juga: Bunga dan Tanaman Pengusir Nyamuk Alternatif Membasmi Nyamuk Secara Alami

Cara Alami Mengatasi Gatal Bekas Gigitan Nyamuk Yang Mudah

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang biasa ada di dapur yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal bekas digigit nyamuk atau serangga lainnya, yaitu:

Es Batu

Suhu dingin dan es dapat mengurangi peradangan. Suhu dingin juga dapat membuat kulit mati rasa sehingga Anda tidak akan merasakan rasa gatal tsb. Mayo Clinic merekomendasikan untuk menggunakan kompres es untuk mengatasi gatal bekas gigitan nyamuk. Namun ingat, jangan gunakan es secara langsung di kulit selama lebih dari 5 menit ya karena kurang baik untuk kesehatan kulit. Sebaiknya Anda menggunakan kain sebagai pembatas bila akan menggunakan kompres es ini lebih lama.

Baca juga:  Cara Praktis Menghilangkan Noda Putih Bekas Air di Furnitur Kayu

Oatmeal

Bila Anda suka sarapan oatmeal, ternyata bahan makanan lezat bergizi ini dapat digunakan untuk meredakan bentol dan gatal karena digigit nyamuk loh. Oatmeal mengandung senyawa tertentu yang bersifat anti iritasi.

Cara mengatasi gatal bekas gigitan nyamuk menggunakan oatmeal cukup mudah, yaitu dengan menambahkan oatmeal dalam mangkuk lalu campur dengan sedikit air hingga membentuk pasta kental. Oleskan pada bekas gigitan nyamuk dan biarkan hingga 10 menit lalu cucilah hingga bersih.

Nah bila Anda memiliki bentol-bentol di kulit yang cukup banyak, Anda dapat mencoba mandi menggunakan oatmeal untuk mengurangi rasa gatal karena gigitan nyamuk tsb. Caranya dengan menaburkan 1 cangkir oatmeal ke dalam bathtub yang telah berisi air hangat. Berendam dan coba gosok-gosok oatmeal tsb ke bagian yang bengkak dan bentol selama +/- 20 menit lalu mandilah seperti biasa.

Madu

Madu memiliki banyak manfaat kesehatan dan ternyata madu pun dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi gatal bekas gigitan nyamuk loh! Alasannya karena madu mengandung banyak senyawa anti bakteri dan anti radang. Setetes madu yang dioleskan pada bentol di kulit dapat membantu mengurangi bengkak dan gatalnya.

Bawang Merah

Rasanya setiap masakan khas nusantara mengharuskan menggunakan bumbu yang satu ini. Ya bawang merah selain dapat memberikan citarasa enak, ternyata bumbu yang satu ini dapat pula digunakan untuk mengatasi gatal bekas gigitan nyamuk. Bahkan bawang merah pun memiliki sifat anti jamur dan anti infeksi.

Cara menghilangkan bekas gigitan serangga menggunakan bawang merah adalah cukup dengan mengiris bawang merah tsbĀ  lalu letakkan irisan tsb pada bentol kulit yang digigit serangga. Biarkan beberapa menit lalu cucilah hingga bersih.

Bawang Putih

Selain bawang merah, bawang putih pun dapat digunakan untuk meredakan rasa gatal dan bentol karena digigit serangga. Namun perlu Anda ketahui, menggunakan langsung bawang putih ke kulit dapat menimbulkan sensasi terbakar. Oleh karena itu sebaiknya sampurkan parutan bawang putih dengan minyak kelapa murni (VCO) sebelum mengoleskannya ke kulit.

Baca juga:  Ciptakan Desain Taman Rumah Minimalis Paling Unik Ini

Cara mengatasi gatal bekas gigitan nyamuk menggunakan bawang putih ini cukup mudah, cukup gunakan campuran di atas sekitar 10 menit lalu bersihkan area yang gatal tsb dengan kain dingin. Bila masih terasa gatal, ulangi cara di atas.

Aloe Vera / Lidah Buaya

Bila Anda masih belum memiliki tanaman lidah buaya di rumah, sebaiknya segera tanam di pekarangan karena memiliki banyak kegunaan. Selain baik untuk kesehatan kulit, gel lidah buaya (yang diperoleh dengan cara memotong daunnya) juga memiliki zat anti radang yang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dan meredakan infeksi. Oleh karena itu, gel lidah buaya pun dapat digunakan untuk mengatasi gatal bekas gigitan nyamuk dan serangga lainnya.

Baking Soda

Baking soda / soda kue selain berguna untuk membuat aneka hidangan kue, baking soda untuk saluran mampet, juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal karena digigit serangga.

Cara mengatasi gatal bekas gigitan nyamuk menggunakan baking soda cukup mudah. Seperti halnya membuat pasta oatmeal di atas yaitu dengan membuat pasta yang terdiri dari baking soda dan air, lalu oleskan di bentol bekas gigitan serangga lalu biarkan selama 10 menit sebelum mencucinya.

Nah itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk meredakan atau mengatasi gigitan serangga termasuk nyamuk. Tentu saja cara yang paling efektif untuk mengatasi iritasi gigitan nyamuk adalah dengan cara mencegah nyamuk untuk menggigit kita. Jadi cobalah gunakan beberapa cara untuk mencegah gigitan serangga seperti dengan menggunakan baju tertutup, hindari tempat dengan air tergenang, menggunakan pengusir nyamuk alami, atau gunakan perangkap nyamuk.

Bila cara menghindari gigitan nyamuk tidak berhasil dan Anda masih tergigit, silahkan gunakan cara alami mengatasi gigitan nyamuk di atas. Semoga cara menghilangkan dan mengatasi gatal bekas gigitan nyamuk di atas dapat bermanfaat.

Sumber Referensi: www.healthline.com/health/outdoor-health/home-remedies-for-mosquito-bites

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara mengobati gigitan nyamuk gatal & merah -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *