Bagaimana Cara Memilih Rumput Sintetis yang Bagus dan Tepat?

Cara Memilih Rumput Sintetis Yang Tepat – Sekarang ini banyak orang yang lebih menggunakan rumput sintetis untuk pembuatan taman baik untuk lapangan olahraga maupun taman rumah. Pemilihan rumput sintetis dibandingkan rumput alami dilakukan karena jauh lebih mudah dalam pemeliharaan dan perawatan yang khusus serta mudah diaplikasikan baik untuk taman eksterior maupun taman indoor.

Sesuai namanya, rumput sintetis atau rumput imitasi adalah rumput buatan yang terbuat dari bahan-bahan sintetis seperti plastik, karet, silikon, dan lain-lain. Rumput imitasi ini biasanya tersedia dalam bentuk lembaran seperti karpet yang dijual setiap roll/gulungan atau dalam bentuk grass sod yaitu potongan dengan ukuran tertentu.

Baca juga: Rumput Sintetis VS Rumput Alami, Lebih Baik Mana?

Bila sebelumnya orang tidak berani menghadirkan taman rumput di dalam rumah, namun sekarang lain cerita, dengan pilihan warna yang menarik, orang dapat memilih rumput sintetis yang bagus untuk desain interior rumah Anda. Selain itu untuk perawatan rumput sintetis pun sangat mudah layaknya merawat karpet. Untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel cukup dengan menyiram air secukupnya lalu seka dengan lap bersih yang kering.

cara memilih rumput sintetis yang baik dan benar
Ilustrasi cara memilih rumput sintetis yang baik dan benar (image: yelp.com)

Baca juga: Cara Menaman Rumput Alami dan Memasang Rumput Sintetis Yang Mudah

Tips Memilih Rumput Sintetis yang Tepat untuk Pembuatan Taman

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam membeli rumput sintetis yang baik dan benar, yaitu”

Hitung Kebutuhan dan Anggaran

Buatlah desain taman lalu ukur luas dari taman tsb, ini penting untuk menghitung kebutuhan rumput sintetis agar nantinya tidak membeli kebanyakan sehingga mubazir atau kesedikitan yang ujung-ujungnya jadi pemborosan. Harga rumput sintetis di toko tanaman berkisar antara 20-500 ribuan tergantung ukuran dan spesifikasinya.

Pastikan Tujuan Pemasangan

Di pasaran tersedia beberapa tipe rumput sintetis / imitasi. Ada jenis rumput yang cocok untuk dalam ruangan dan ada pula yang cocok untuk luar ruangan. Bila tujuan Anda memasang rumput di halaman rumah sebaiknya pilih rumput sintetis dengan bahan yang tahan cuaca ekstrim.

Baca juga:  Cara Membuat Taman Minimalis Sendiri di Rumah

Pastikan Aman

Namanya buatan, biasanya diperlukan bahan tertentu dalam pembuatan rumput sintetis yang mungkin dapat membahayakan kesehatan. Untuk itu Anda perlu berhati-hati dalam memilih rumput sintetis ini. Pastikan Anda membeli rumput sintetis yang telah memiliki sertifikat seperti SNI, warnanya terlihat cerah dan tidak gampang pudar, tidak berbau menyengat, teksturnya lembut dan tidak kaku, serta memiliki sifat mudah dibersihkan.

Pilih Yang Berkualitas Bagus

Cara memilih rumput sintetis yang tepat berikutnya adalah yang memiliki mutu baik. Cobalah Anda lepas helaian rumputnya, bila tidak mudah lepas berarti berkualitas baik. Perhatikan juga bagian belakangnya, belilah rumput sintetis yang telah dilengkapi anyaman kuat di bagian belakangnya. Anda pun sebaiknya memilih rumput imitasi yang telah diberi finishing flame retardant coating sehingga memiliki daya tahan baik dan tidak mudah rusak.

Nah itulah 4 cara memilih rumput sintetis yang baik dan benar. Sebaiknya gunakan cara di atas sebelum membeli rumput imitasi. Semoga bermanfaat ..

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

Rumput sintetis yang cocok untuk rumah -tips beli rumput sintetis -tips memilih jenis rumput sintetis -Tips memilih rump -tips memilih rumput sintetis -tips memilih rumput sintetis taman -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *