Cara Praktis Membuat Slime Sendiri Menggunakan Bahan Sederhana Di Rumah

Cara Membuat Slime Sendiri – Memainkan slime mungkin sedang digandrungi oleh anak Anda di rumah. Biasalah, bila ada permainan baru yang lagi tren biasanya anak akan ikut-ikutan tanpa peduli apa itu slime atau apakah memainkan slime tsb memberikan manfaat atau justru sebaliknya. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda harus memahaminya sebelum mengijinkannya.

Sebetulnya, slime sudah ada sejak lama namun baru saja populer belakangan ini. Dengan berbagai macam bentuk, warna, dan bau, membuat banyak orang yang ramai-ramai membelinya untuk menyalurkan emosi, meredakan kejenuhan, atau hanya ikut-ikutan semata.

Dengan marakanya memainkan slime ini membuat banyak orang berpikir untuk membuatnya sendiri, ntah untuk dimainkan sendiri ataupun sebagai peluang usaha untuk dijual. Sehingga banyak sekali yang mencari video cara membuat slime dengan shampoo, slime bening, slime act, jelly slime, dll.

Apa Itu Slime?

Slime sebetulnya berasal dari bahasa Inggris yang artinya lumpur atau lendir. Pemberian nama ini didasarkan pada bentuk slime sendiri yang mirip lumpur dan lendir. Untuk menarik perhatian anak-anak, slime ini dibuat warna warni.

Slime sebetulnya adalah mainan yang terbuat dari bahan polimer yang berbentuk cairan dan biasanya ditambahkan larutan polivinil alkohol dan ion borat.

Karena kenyal dan lentur, anak-anak biasa memainkannya dengan cara membuat aneka bentuk, entah itu ditarik, digulung, dikepal, atau ditekan untuk menyelimuti mainan lainnya.

cara membuat slime sendiri di rumah

Memainkan slime (image: goodhousekeeping.com)

Apa Saja Manfaat Memainkan Slime?

Seperti halnya memainkan dan membuat playdough, memainkan slime juga dapat membuat pikiran lebih rileks. Berikut beberapa kegunaa slime lainnya:

  • Menghilangkan kejenuhan / kebosanan
  • Menghilangkan stress
  • Merangsang sistem motorik agar lebih aktif
  • Menstimulasi anak agar lebih kreatif

Apa Saja Bahaya Memainkan Slime?

Selain ada manfaatnya, ternyata ada dampak buruk yang mengancam pengguna slime ini. Penggunaan bahan kimia dalam membuat slime tentunya dapat membahayakan si kecil, entah itu dapat menyebabkan iritasi saat bersentuhan dengan kulit, bahaya tersedak, ataupun bahaya keracunan saat tertelan. Oleh karena itu pastikan membeli slime yang menggunakan bahan-bahan aman dan selalu awasi anak saat memainkannya.

Nah selain membelinya, Anda dapat membuat slime sendiri dengan mudah loh! Bahan-bahan pembuatan slime sendiri pun sebenarnya cukup sederhana.

Bagaimana Cara Membuat Slime Sendiri di Rumah?

Kebanyakan orang membuat slime dengan menggunakan borax dan lem. Borax merupakan mineral yang biasa dijual sebagai produk pembersih dan seringkali disalahgunakan oleh para penipu untuk menambah kekenyalan bakso. Selain dapat menyebabkan iritasi, penggunaan boraks yang berlebihan bahkan dapat berakibat fatal.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas beberapa tutorial cara pembuatan slime baik menggunakan boraks, lem, maupun tanpa lem dan tanpa boraks.

Cara Membuat Slime dengan GOM dan Lem Povinal

GOM sebetulnya adalah obat sariawan dengan kandungan boraks dan gliserin cukup tinggi (yaitu 12 dan 88%). Nah karena kandungannya itu, GOM dapat digunakan sebagai bahan pembuat slime yang mudah dan murah saja. Untuk membeli boraks di toko kimia mungkin tidak akan semudah membeli GOM di apotek :).

Lem Povinal sendiri merupakan lem kertas cair, harganya pun cukup murah dan mudah didapat di toko buku ataupun tukang foto copy.

Cara membuat slime menggunakan GOM ini cukup mudah dilakukan yaitu dengan meneteskan GOM pada lem Povinal, aduk sampai rata dan diperoleh kekentalan yang cukup. Setelah itu tambahkan bahan pewarna sesuai yang diinginkan lalu aduk lagi hingga merata.

Langkah Pembuatan Slime dari Lem Povinal

Resep berikut ini adalah cara membuat slime tanpa gom tapi tetap menggunakan lem povinal. Untuk pengganti gom digunakan baking powder.

Berikut ini adalah cara pembuatannya, yaitu:

  • Masukkan 5 botol lem povinal ke dalam baskom.
  • Campurkan baking powder dengan air secukupnya hingga teraduk merata.
  • Masukkan campuran baking powder dan air ini ke dalam baskom yang berisi lem povinal, sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga diperoleh kekenyalan yang diinginkan.
  • Tambahkan pewarana sesuai selera dan aduk lagi hingga merata.
  • Biarkan adonan +/- 30 menit dan slime pun siap dimainkan.

Cara Membuat Slime Dengan Lem Fox

Banyak pilihan yang dapat digunakan dalam pembuatan slime. Selain kanji dan lem povinal, lem fox pun dapat digunakan sebagai alternatifnya.

Berikut cara pembuatannya:

  • Masukkan 3 sdm lem fox ke dalam baskom
  • Tambahkan 3 sdt air, aduk hingga rata.
  • Masukkan 1 sdt baking powder, 8 tetes obat mata, 1 sdt sabun cair ke dalamnya, aduk hingga rata.
  • Tambahkan 3sdt baby oil, uleni adonan hingga merata.
  • Tambahkan pewarna sesuai selera lalu aduk lagi hingga homogen.
  • Diamkan adonan +/- 30menit dan slime pun siap dimainkan.

Cara Membuat Slime Dengan Shampoo dan  Garam

Bila Anda mencari cara membuat slime tanpa lem, maka bahan shampoo dan garam dapat menjadi alternatifnya. Selain bahan tsb diperlukan juga slime activator atau untuk mudahnya bisa mengunakan GOM.

Shampoo yang dapat digunakan sebetulnya dapat menggunakan merek apa saja yang penting kental. Dan bila menginginkan tambahan warna sesuai keinginan, sebaiknya pilih samphoo yang berwarna putih saja.

Berikut ini cara membuat slime dengan shampoo, yaitu:

  • Ke dalam sebuah wadah, masukkan 4 sdm shampoo dan 2 sdm garam,  campurkan dan aduk hingga rata. Bila ingin warna tertentu silahkan masukkan warna yang disukai lalu aduk hingga tercampur sempurna.
  • Tambahkan slime activator / GOM ke dalamnya sedikit demi sedikit hingga diperoleh kekenyalan yang diinginkan.
  • Masukkan adonan slime ke dalam lemari es sekitar 20 menit.
  • Slime pun siap dimainkan.

Cara Membuat Slime Dengan 3 Bahan Saja

Resep berikutnya adalah cara membuat slime dengan 2 bahan sabun (yaitu sabun mandi cair dan shampoo) dan 1 bahan lainnya adalah larutan boraks / obat tetes mata. Bila Anda ingin slime dengan aroma wangi segar, maka resep ini adalah pilihannya.

Berikut cara pembuatannya:

  • Campurkan sabun mandi cair dan shampoo ke dalam baskom dengan perbandingan 1:1.
  • Tambahkan obat tetes mata beberapa tetes hingga diperoleh kekenyalan yang pas.
  • Masukkan adonan ke dalam kulkas atau diamkan sebentar adonan sebelum dimainkan.

Cara Pembuatan Slime Menggunakan Bedak Bayi

Bila Anda sedang mencari cara membuat slime tanpa lem dan tanpa gom, maka resep slime menggunakan bedak bayi dapat Anda pilih. Bahan yang diperlukan antara lain bedak bayi dan baby oil. Bila diperlukan, Anda pun bisa menambahkan pewarna makanan agar lebih cantik.

Berikut ini adalah tips membuat slime sendiri menggunakan bedak dan baby oil, yaitu:

  • Masukkan bedak ke dalam baskom secukupnya.
  • Campur dengan air sedikit-sedikit hingga didapat tektur kental.
  • Tambahkan baby oil sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tekstur kenyal.
  • Tambahkan pewarna sesuai selera sambil diaduk rata.
  • Diamkan adonan sebentar +/- 30 menit dan slime pun siap dimainkan.

Tips Pembuatan Slime Menggunakan Kanji dan Minyak Goreng

Resep slime berikut ini mungkin salah satu resep alternatif yang benar-benar aman dan mudah dibuat karena menggunakan bahan yang biasa digunakan untuk pengolahan makanan. Bila Anda sedang mencari cara membuat slime tanpa gom, tanpa lem, ataupun tanpa boraks maka inilah jawabannya.

Berikut ini cara pembuatannya:

  • Masukkan tepung kanji sebanyak 2 gelas (atau sesuai kebutuhan) ke dalam baskom.
  • Tambahkan air (+/- 400ml) sedikit demi sedikit ke dalamnya sambil diaduk, pastikan jangan sampai ada gumpalan.
  • Tambahkan minyak goreng (+/- 150ml) ke dalamnya, sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga diperoleh adonan yang kenyal.
  • Tambahkan pewarna sesuai selera, aduk rata.

Cara Membuat Slime Yang Aman dan Bisa Dimakan

Bila Anda khawatir slime yang dimainkan akan termakan oleh anak-anak dan menyebabkan gangguan kesehatan, maka resep slime berikut ini mungkin yang Anda cari. Yap, resep ini menggunakan bahan makanan yang aman dimakan oleh si kecil.

Bahan yang diperlukan antara lain 1sdm tepung maizena dan 1 kaleng susu kental manis.

Berikut adalah cara pembuatannya, yaitu:

  • Tuangkan susu ke dalam panci, lalu tambahkan tepung maizena sambil diaduk. Pastikan tidak ada gumpalan.
  • Panaskan adonan di atas api kecil hingga mendidih.
  • Bila diperlukan dapat ditambahkan pewarna makanan secukupnya.
  • Biarkan dingin hingga sendirinya dan slime pun siap dimainkan ataupun dimakan.

Cara Membuat Slime Bening

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan slime clear adalah lem bening 1 tube (bukan UHU ya), 1 sdt GOM / slime activator, garam, air hangat 1 gelas.

Berikut ini adalah cara pembuatannya:

  • Masukkan 1 tube lem ke dalam baskom, tambahkan garam, lalu tambahkan 1 gelas air hangat, aduk hingga butiran garam larut dan tercampur merata.
  • Tambahkan 2-3 tetes GOM atau hingga diperoleh kekenyalan yang pas dan slime tidak menempel di wadah.
  • Biarkan adonan sebentar sebelum dimainkan.

Tips Membuat Slime Yang Wangi dan Berwarna Menarik

Agar slime beraroma enak dan tidak berbau apek, Anda dapat menggunakan sabun mandi cair ataupun shampoo dengan aroma yang disukai. Namun bila Anda menggunakan bahan lainnya selain sabun, maka Anda dapat menambahkan pewangi dengan berbahan dasar air seperti essense.

Essense juga dapat ditambahkan untuk memberikan warna yang menarik. Warna merah muda (pink) dan biru muda yang terang mungkin dapat Anda pilih untuk mendapatkan slime yang berwarna menarik dan lucu.

Selain itu, untuk membuat slime lucu menarik, Anda pun dapat menambahkan bubuk glitter aneka warna. Silahkan kembangkan kreativitas Anda!

video cara membuat slime glitter

Tips Bermain Slime Yang Aman dan Menyenangkan

Walaupun Anda sudah mencoba membuat slime sendiri dengan bahan-bahan yang diyakini aman, namun tetap saja masih ada risiko bahaya bila si kecil memainkannya seperti tersedak, dll.

Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa tips agar Anda merasa tenang saat anak-anak memainkan slime, yaitu:

  • Selalu awasi anak Anda atau tidak ada salahnya bila Anda memainkan slime bersama anak Anda. Selain Anda ikut merasakan manfaat memainkan slime, Anda pun akan terus berkesempatan mengawasi mereka.
  • Ajak anak-anak ikut membantu dalam membuat slime sendiri kemudia tantang mereka untuk mencampurkan warna ataupun membuat aneka bentuk kreatif.
  • Pastikan untuk mencuci tangan setelah memainkannya.

Nah itulah beberapa cara membuat slime yang dapat Anda coba dan tips aman memainkannya. Semoga bermanfaat …

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara membuat resep slime sederhana -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *