Cara Membuat Playdough Sendiri di Rumah yang Mudah, Murah, dan Aman

Cara Membuat Playdough Sendiri di Rumah – Kegiatan bermain pada anak sangat penting untuk perkembangan mental dan emosionalnya. Oleh karena itu kita sebagai orang tua sudah sebaiknya mendukung aktivitas tsb selama kegiatan tsb baik dan bermanfaat untuk anak. Salah satu jenis permainan yang digemari anak adalah bermain playdough / play doh atau fun doh.

Bermain play doh dengan membuat aneka bentuk atau mencetak adonan bukanlah hal baru untuk anak-anak karena di jaman dulu pun mainan seperti ini sudah ada yaitu bermain malam. Bedanya malam terbuat dari lilin, sementara playdough terbuat dari tepung yang lebih mudah diperoleh. Membeli mainan fun doh untuk anak adalah hal wajar, namun bila ingin lebih hemat, Anda dapat membuat playdough sendiri di rumah loh! Selain lebih murah, membuat sendiri mainan fun doh pun lebih aman karena pastinya kita tidak akan memasukkan bahan berbahaya ke dalamnya misalnya hanya menggunakan pewarna makanan dan bukan pewarna tekstil.

Lalu bagaimana cara membuat playdough sendiri di rumah yang mudah, aman dan hemat? Sebelum CaraPraktis.Info mengulas hal tsb, sebaiknya Anda ketahui dulu apa saja manfaat bermain fun doh bagi anak-anak.

Baca juga: Cara Mudah Mahir Berbahasa Inggris

Manfaat Bermain Play Doh Bagi Anak-Anak

Bagi Anda yang masih kurang suka anaknya bermain fun doh karena berantakan dan kotor sebaiknya Anda baca dulu aneka manfaat mainan play dough bagi si kecil ..

Boleh percaya atau tidak, ternyata memainkan play dough itu mampu meningkatkan kekuatan jari tangan, meningkatkan kemampuan motorik, mengasah keterampilan dan kreativitas anak. Perlu Anda ketahui juga bahwa aktivitas yang menggunakan jari dan tangan dapat memicu perkembangan otak si kecil loh …

manfaat mainan fun dough bagi anak
manfaat mainan fun dough bagi anak (image: familiesonline.co.uk)

Untuk lebih lengkapnya, berikut ulasan aneka manfaat permainan play dough bagi anak-anak …

  1. Mengenal Warna

Bermain play doh dengan aneka warna mencolok tentunya sangat menarik perhatian anak-anak. Saat bermain, Anda dapat membantu anak untuk mengenal warna fun doh yang dia gunakan. Coba dorong anak untuk berkreasi menggunakan aneka warna dalam satu bentuk. Anda pun dapat melakukan eksperimen dengan anak mengenai warna apa yang akan muncul bila Anda mencampurkan 2 atau 3 warna play doh. Seru bukan? Selain bermain, anak pun jadi belajar ..

  1. Mengenal Bentuk
Baca juga:  Cara Membuat Tumis Ayam Kecap Lezat dan Mantap

Anda dapat mendorong anak untuk membuat aneka bentuk menggunakan cetakan, seperti membuat kue, membuat kotak, bentuk binatang dll. Atau membantu membuat aneka bentuk menggunakan tangan seperti bulatan, bentuk persegi, dll. Kenalkan aneka bentuk tsb pada anak sehingga semakin banyak pembendaharaan bentuk dan kata yang diserap dalam otaknya.

  1. Belajar Memotong dan Menggunting

Dengan pisau dan gunting plastik yang aman untuk anak-anak, Anda dapat mengajarkan mereka cara memotong dan menggunting play doh untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan.

  1. Mengenalkan Aroma

Bila Anda membuat playdough sendiri di rumah, Anda dapat dengan bebas mencampurkan aneka aroma ke dalamnya seperti aroma jeruk, aroma melon, aroma bunga, dll. Kenalkan bau dan aroma tsb pada anak-anak dan minta anak Anda untuk menyebutkan aroma yang diciumnya saat bermain fun doh.

  1. Bereksperimen

Selain mengenal aneka warna, bau, dan bentuk, Anda pun dapat mendorong kreativitas anak dengan melakukan aneka eksperimen. Misalnya mencampur aneka warna, menambahkan air, dll.

Cara Membuat Playdough Sendiri

Bermain play doh dapat melatih kreativitas anak, jadi jangan larang anak saat berkreasi mencampurkan aneka warna playdoh atau mencampurkannya dengan bahan lain. Nah agar tidak boros membeli fun dough yang baru, bagaimana kalau Anda membuat fun doh sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang murah meriah?

cara membuat playdough sendiri di rumah
cara membuat playdough sendiri di rumah (image: modernparentsmessykids.com)

Baca juga: Inilah Kegunaan Baking Soda Untuk Rumah Anda Selain Untuk Bikin Donat …

Oke langsung saja berikut bahan dan cara pembuatan mainan play doh ..

Bahan-Bahan untuk Membuat Mainan Fun Doh

  • 2 gelas tepung terigu
  • 2 sdm tepung kanji atau maizena
  • 1 gelas garam halus (atau 1 kantong garam halus kecil)
  • 1 gelas air
  • 2 sdm minyak sayur atau zaitun
  • Pewarna makanan sebagai pelengkap, bila perlu tambahkan esense secukupnya untuk mengenalkan aroma.

Cara Membuat Adonan Play Doh

  • Campurkan semua bahan-bahan di atas dalam satu wadah.
  • Aduk adonan dengan tangan hingga kalis (yaitu bila digenggam tidak lengket, bila genggaman dibuka adonan tidak buyar), bila perlu tambahkan air jika adonan masih buyar atau tambahkan tepung bila adonan terlalu lengket.
  • Jika sudah kalis, bagi adonan menjadi beberapa bagian.
  • Teteskan pewarna makanan atau essense pada masing-masing bagian dengan warna dan aroma yang diinginkan. Aduk lagi menggunakan tangan hingga warna dan aroma tercampur merata.
  • Mainan play doh buatan sendiri siap dimainkan.
Baca juga:  Pagar Rumah Minimalis Dari Batu Bata Memberikan Kesan Natural

Nah bagaimana mudah bukan cara membuat playdough sendiri di rumah seperti yang dijelaskan di atas? Akan lebih menarik lagi, bila Anda mengajak anak Anda ikut serta dalam membuat play doh tsb. Semoga informasi cara pembuatan fun doh di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

aneka cara membuat playdooh -membuat playdogh di rumah -cara membuat rumah yang aman -cara membuat playdought bentuk binatang -cara membuat playdoh yg tidak lengket -cara membuat fun doh sendiri -cara membuat doh sendiri d rumah -cara bikin fundoh -bahan play doh praktis -tips membuat fun doh -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *