Cara Praktis Menghafal AlQuran Dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa

Bagaimana cara menghafal AlQuran yang efektif, cepat, dan mudah diingat? Mungkin ini salah satu pertanyaan Anda sebagaimana saya juga. Yap, menjadi seorang hafiz (penghafal Quran) sekarang ini menjadi tren. Banyak sekali kesempatan profesi sebagai reward untuk para penghafal Al Quran, contohnya menjadi anggota kepolisian di Jawa Barat, beasiswa dari Gubernur, menjadi PNS, dll.

Ketika berurusan amalan ibadah, sudah sifat manusia merasa enggan dan malas karena kuatnya gangguan syaitan. Namun berbeda dengan urusan duniawi, yang sulit pun akan dibuat mudah karena tingginya semangat. Coba jujur, lebih senang mana Anda bermain medsos atau membaca Al Quran? Hehehe ..

Ada juga yang bingung menghafal al quran mulai dari mana atau bagaimana cara menghafal alquran bagi orang sibuk?

Anda tak perlu pusing, mulai saja sekarang, mulai dari 1 ayat, mulai dari surat pendek, cukup hanya 1 jam per hari atau 30 menit, atau semampunya saja asalkan tiap hari. Cara menghafal AlQuran semudah tersenyum dan jangan dijadikan beban.

Sebetulnya menghafal Al Quran itu tidaklah sulit, asalkan tahu triknya. Namun ingat, walaupun mudah, jangan biasakan untuk menunda-nunda. Karena semudah apapaun bila kita malas tetap saja hasilnya tidak akan sesuai harapan. Jadi bagaimana metode dan rumus menghafal Al Quran yang paling mudah?

Tips menghapalkan bacaan Al Quran ini saya rangkum dari beberapa sumber baik dari para Hafiz yang telah sukses menghafal dan menjaga hafalan 30 juz ayat Quran maupun dari sumber lainnya yang berguna buat saya dan Insya Allah akan berguna juga buat Anda.

cara menghafal AlQuran yang efektif mulai dengan membacanya

cara menghafal AlQuran yang efektif mulai dengan membacanya secara benar (image: aboutislam.net)

3 Metode Cara Menghafal Al Quran Yang Efektif

Ada banyak metode belajar agar Anda mudah menghafal dan menjaga hafalan agar tidak cepat lupa. Metode ini tidak hanya efektif untuk menghafal Al Quran, namun juga efektif untuk menghapal buku lainnya, misalnya mempelajari bahasa Inggris, yaitu:

  1. Membaca, menghapalkan lalu melantunkannya bersama-sama.
  2. Membaca, menghapalnya sendirian lalu melantunkannya pada orang lain untuk mengoreksinya.
  3. Membaca, menuliskan lalu menghafalkannya.

Silahkan Anda pilih metode mana yang paling Anda sukai. Kalau saya pribadi lebih suka cara yang ke-3. Dengan menuliskannya, kita pun akan dituntut lebih teliti dalam menghapal. Selain itu menulis pun akan membantu kita lebih mudah menghapalkan al Quran karena tak cuma mata, mulut, dan otak, namun tangan pun ikut membantu menghapalkannya.

Kunci Sukses Menghafal AlQuran Dengan Mudah

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus Anda miliki bila Anda ingin cepat dan mudah menghapalkan Al Quran, yaitu:

Mulai Dengan Niat

Bila ada yang bertanya menghafal al quran mulai dari mana? Jawab saja mulai dari niat. Niatkan hanya karena Allah maka insya Allah, semua urusan kita akan dipermudah dan dilancarkan.

Jangan Lupa Doa

Anda dapat melakukan sholat hajat atau memperbanyak doa untuk meminta diberikan kemudahan dalam menghafalkan Al Quran oleh Allah SWT.

Gunakan Hanya 1 Mushaf Al Quran

Setiap mushaf mungkin memiliki tanda baca yang berbeda, jumlah halaman yang berbeda, ataupun posisi ayat tiap halaman yang berbeda. Agar lebih mudah menghafal AlQuran, pastikan Anda hanya menggunakan 1 mushaf saja ya.

Mendekatkan Diri Dengan Al Quran

Luangkan waktu untuk mengenal lebih dekat pada Al Quran. Ada yang membaca Al-Quran setiap shalat wajib atau luangkan waktu khusus untuk mempelajari dan memahaminya. Banyak ustadz yang menyarankan meluangkan waktu 1 jam per hari untuk membaca, memahami, menulis, mendengarkan, dan melantunkannya.

Perbaiki Bacaan

Jangan lupa untuk memperbaiki bacaan terlebih dahulu sebelum menghapalkannya. Mengoreksi hafalan bacaan yang salah akan lebih sulit dilakukan. Bila Anda tidak yakin dengan bacaan Anda, cobalah minta seseorang untuk mengoreksinya atau dengarkan bacaan para ustadz. Pelajari bacaan bertajwid. Bila Anda belum bisa membaca Al Quran, jangan patah arang, mintalah bantuan seorang guru untuk mengajarkannya pada Anda.

Menghafal Mulai Dari 1 Ayat Sesuai Kemampuan Tapi Tetap Konsisten

Kemampuan seseorang dalam memahami dan mengingat sesuatu memang berbeda-beda. Ada orang yang berhasil menghafalkan Al Quran dalam waktu 6 bulan, namun ada juga yang memerlukan waktu berpuluh-puluh tahun lamanya. Bila Anda hanya mampu 1 ayat, lakukan saja.

Tidak perlu buru-buru dalam menghafal Al Quran. Walaupun mulai dari 1 ayat asalkan dilakukan terus secara konsiten maka insya Allah Anda pun akan menghafal 30 juz bacaan Quran.

Buat Target Hafalan

Target sangat penting. Setiap kali kita malas atau merasa mengalami hambatan, ingat akan target kita. Membuat target pun tidak bisa asal-asalan. Target itu harus sesuai realistis dan dapat terukur. Misalnya target hafalannya adalah 1 ayat per hari, atau 30 ayat per bulan.

Minta Bantuan Orang Lain Untuk Mengoreksi Hafalan

Saat menghafal, terkadang terjadi kesalahan membaca tanpa disadari. Oleh karena itu perlu bantuan orang lain untuk mengoreksi hafalan yang kita miliki. Menyetorkan hafalan selain dapat memperbaiki bacaan kita juga dapat membuat target kita lebih terukur.

Ayat Penyambung Yang Penting

Ayat penyambung maksudnya adalah ayat terakhir dari hafalan sebelumnya yang perlu diulang saat menghafal ayat berikutnya. Ini penting agar makna dan hafalan akan mengalir umpama seutas tali.

Memperbanyak Mendengarkan Bacaan Al Quran

Selain dengan membaca berulang, mendengarkan bacaan Al Quran pun akan memperkuat hafalan kita. Mendengarkan dengan fokus dan konsentrasi akan sangat membantu agar lebih mudah menghapal bacaan quran dengan cepat.

Menjaga Hafalan

Banyak orang yang merasa mudah menghafalkan Al-Quran namun begitu cepat pula melupakannya. Agar tidak mudah lupa, maka Anda harus menjaga hafalannya. Anda dapat mengulang-ngulang hafalan tsb sesering mungkin. Akan lebih baik hafalan tsb digunakan saat sholat fardhu.

Nah itulah beberapa tips / cara menghafal AlQuran dengan cepat dan tidak mudah lupa. Yuk mulai ngapalin bacaan Quran. Semoga niatan Anda semua selalu dimudahkan, Aamiin yra …

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara menghafal al quran dengan cepat -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *