Tips Mengatasi Swiftkey Keyboard Error Pada Android

5 Tips Mengatasi Swiftkey Keyboard Error Pada Android –Swiftkeymerupakan salah satu aplikasi keyboard yang paling banyak penggunanya. Aplikasitersebut memang mempermudah proses pengetikan dengan banyaknya prediksi teksserta berbagai macam kemudahan lainnya. sayangnya beberapa kendala kerapterjadi pada aplikasi ini. Biasanya error pada aplikasi ini berupa sulitnyamengetik, lag, hingga berhenti secara tiba-tiba. karena keyboard merupakanperangkat penting, masalah tersebut tentu sangat mengganggu kinerja smartphone.

Namun jangan panik terlebih dulu. karena untuk mengatasinya, anda bisa mencoba beberapa cara mudah. Cara tersebut bahkan tidak perlu aplikasi bawaan. Setting yang tepat juga bisa menjadi solusi paling mudah. kemudian anda bisa menghapus cache hingga data aplikasi. karena penyebab error juga karena data dan cache yang terlalu penuh. Nah, jika anda penasaran bagaimana cara mengatasi masalah error ini, berikut ulasan tips selengkapnya yang bisa anda coba.

Tips Mengatasi Swiftkey Keyboard Error Pada Android

1. Paksa berhenti

Bisa jadi masalah error pada aplikasi ini karena terlalu berat dalam menjalankan perintah. Cobalah lakukan setting dengan memaksa aplikasi berhenti pada beberapa saat. Kemudian coba jalankan seperti semula. Buka Pengaturan, kemudian tekan Aplikasi. pilih Swiftkey Keyboard kemudian tekan pilihan Paksa Berhenti. Cobalah gunakan aplikasi untuk mengetik di Email, SMS atau keperluan lainnya.

2. Hapus cache

Setiap aplikasi pasti menyimpan cache. Jika menumpuk akan menyebabkan aplikasi menjadi error. Maka anda bisa membersihkan cache pada swiftkey dengan masuk ke Pengaturan. Kemudian cari Aplikasi dan pilih Swiftkey Keyboard. Tekan pilihan Hapus Cache dan tunggu beberapa saat. Kemudian jalankan aplikasi seperti biasa. Jika masih error, cobalah gunakan cara lainnya.

3. Hapus data

Data yang terlalu banyak pada aplikasi juga bisa menyebabkan swiftkey mengalami error. Meskipun datanya dihapus, namun aplikasi tetap terinstall dan bekerja. Yang terpenting anda mesti mengingat email dan password saat login ke Swiftkey. Buka Pengaturan kemudian tekan Aplikasi. cari Swiftkey Keyboard kemudian tekan Hapus Data. Buka kembali aplikasi dan jika masih error, coba langkah berikutnya.

4. Update aplikasi

Error bisa terjadi karena aplikasi masih dalam versi lawas. Aplikasi versi lawas akan membuat kinerjanya tidak sesuai lagi dengan update yang ada. Akibatnya, swiftkey selalu error dan sulit menerima dan menjalankan perintah. Buka Google Play Store kemudian cari aplikasi Swiftkey. Tekan pilihan Update aplikasi dan tunggu sampai proses update berhasil. Cobalah gunakan swiftkey seperti biasa.

5. Gunakan aplikasi lain

Jika ke-empat cara diatas masih belum berpengaruh apapun, maka memang aplikasi tidak kompatibel di perangkat anda. Solusinya dengan mengganti aplikasi ke jenis lain. Anda bisa menggunakan keyboard bawaan smartphone. Atau pergi ke Google Play Store kemudian tekan pencarian Keyboard. Maka di pencarian akan muncul berbagai aplikasi keyboard. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi smartphone anda.

Demikian beberapa tips memperbaiki swiftkey error pada android anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *