Tips Mengatasi Kamera Force Close Pada Android

5 Tips Mengatasi Kamera Force Close Pada Android – Masalah kamera yang force close merupakan hal yang sering terjadi. Bahkan untuk semua merk smartphone kerap mengalaminya. Selain untuk keperluan foto, kamera biasanya terintregasi dengan aplikasi lain. Sehingga jika force close terus terjadi, maka akan memengaruhi kinerja aplikasi lain yang terintregasi dengan kamera. Oleh sebab itu anda mesti secepatnya mengatasi masalah tersebut. Cara yang digunakan pun cukup bervariasi. Bahkan beberapa poin tidak perlu mengandalkan aplikasi lain.

Penyebab kamera force close bisa karena sistem android yang terlalu lelah. kemudian juga bisa dikarenakan aplikasi yang trafficnya terlalu padat, penuh cache, hingga sistem android yang mesti mendapatkan pembaruan. Dalam mengatasinya, sebaiknya lakukan dari cara paling sederhana terlebih dulu. Dengan cara tersebut, penyebab pastinya bisa kita identifikasi secara jelas. Nah, jika anda penasaran apa saja tips mengatasi kamera force close pada android, berikut ulasannya.

Tips Mengatasi Kamera Force Close Pada Android

1. Restart dan Reboot Smartphone

Cobalah lakukan restart pada smartphone untuk menyegarkan kembali sistem android. Jadi ketika perangkat hidup kembali akan lebih optimal dalam menjalankan segala perintah sistem. Anda bisa mematikan smartphone kemudian lepas baterai (jika baterainya removable). Kemudian lepaskan SD Card dan SIM Card. Diamkan beberapa menit dan pasang semuanya kembali. Hidupkan smartphone dan cobalah buka kamera. Jika belum berhasil, cobalah jalankan langkah selanjutnya.

2. Paksa Berhenti dan Hapus Data Kamera

Jika langkah pertama belum berhasil, cobalah masuk ke menu Settings. Kemudian tekan Manager Aplikasi dan Tab Semua. Cari aplikasi kamera dan tekan Paksa Berhenti. Hapus Data dan tes kembali kamera anda. Jika cara tersebut berhasil, kemungkinan penyebabnya karena aplikasi mengalami error yang disebabkan oleh penumpukan data. Jika cara satu ini masih gagal, anda bisa mencoba langkah selanjutnya.

3. Lakukan Factory Reset

Factory Reset berarti mengembalikan semua pengaturan smartphone ke pengaturan awal ketika baru pertama membeli. Maka dari itu semua data penting mesti dicadangkan dulu untuk antisipasi awal. Masuk ke menu Settings. Pilih Cadangkan dan Reset/Backup and Reset. Setelah itu tekan Reset Data Pabrik atau Factory Reset. Tunggu sampai prosesnya selesai. Smartphone akan kembali ke pengaturan awal dan memperbaiki fungsi kamera. Jika belum berhasil juga, coba cara ke-empat.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamera bawaan masih terus error padahal sudah diperbaiki dengan cara-cara diatas, maka error memang sulit diperbaiki. Cobalah gunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi kamera lain biasanya tetap berfungsi meskipun kamera bawaan mengalami error. Banyak jenis aplikasi kamera sehingga anda tidak perlu bingung memilihnya. Misalnya Camera 360, Cymera, dsb. Aplikasi tersebut juga bisa memberikan hasil foto menarik dengan banyaknya filter dan efek.

5. Lakukan Scanning

Jika anda masih ingin memperbaiki kamera smartphone, cobalah lakukan scanning virus. Bisa jadi sulitnya diperbaiki disebabkan karena kamera terjangkiti virus. Virus yang ada di smartphone memang menghambat kinerjanya. Scanning virus secara berkala sangat penting. Malware yang menyebabkan kamera error pun akan bersih dan kamera kembali berfungsi seperti semula. Anda bisa menggunakan antivirus yang sudah ternama untuk mengoptimalkan peforma scanning.

Demikian beberapa tips mengatasi camera force close pada android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *