Tips Mengatasi RAM Android Yang Sering Penuh

Tips Mengatasi RAM Android Yang Sering Penuh – RAM yang penuh akan membuat kinerja smartphone menjadi terhambat. Jika kinerja smartphone saja terhambat maka penggunaan perangkat tersebut akan tidak senyaman sebelumnya. Tidak selamanya RAM berkapasitas kecil membuatnya cepat penuh. Bisa saja smartphone dengan RAM besar namun karena penuh oleh data dan aplikasi menyebabkan RAM sering penuh. Anda mesti melakukan pembersihan secara rutin dan setting perangkat yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Agar penggunaan RAM tetap optimal, anda mesti telaten dalam menghemat aplikasi, ruang penyimpanan, sampai mengefisienkan penggunaan sistem. Semakin lega kapasitas RAM maka kecepatan kinerja smartphone menjadi lebih optimal. Cara mengatasi RAM yang sering penuh pun cukup mudah. Para pemula sekalipun bisa melakukannya secara mandiri. Berikut ulasan selengkapnya untuk tips mengatasi RAM android sering penuh.

Tips Mengatasi RAM Android Sering Penuh

1. Hentikan aplikasi secara paksa

Jika ada aplikasi yang masih berjalan di latar belakang padahal anda sudah tidak menggunakannya, cobalah hentikan secara paksa. Dengan cara tersebut, anda bisa lebih menghemat kerja RAM. Biasanya anda bisa melakukannya pada aplikasi chat, media sosial, dsb. Masuk ke Pengaturan kemudian tekan Aplikasi. pilih aplikasi yang anda inginkan kemudian tekan Paksa Berhenti.

2. Pindahkan aplikasi ke memori eksternal

Dengan memindahkan ke memori ekstenal, kinerja smartphone pun lebih ringan. RAM juga tidak cepat penuh. Anda bisa masuk ke Pengaturan. Kemudian tekan Aplikasi. Pilih aplikasi yang anda inginkan. Tekan Pindahkan ke SD Card. Tunggu beberapa saat. Lakukan langkah selanjutnya pada aplikasi lainnya. dengan demikian, anda juga bisa membackup aplikasi sekaligus.

3. Hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan

Aplikasi yang sudah tidak terpakai sebaiknya dihapus saja. Hal ini untuk meringankan kerja smartphone dan melegakan kapasitas RAM dan memori penyimpanan. Anda pun bisa lebih leluasa dalam mengoperasikan perangkat kesayangan. Pilih aplikasi yang sekiranya sudah tidak pernah digunakan. Anda pun bisa menggunakan versi lite untuk kinerja yang lebih ringan. 

4. Nonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan

Jika RAM cepat penuh padahal aplikasi sedikit, penyebabnya bisa karena ada aplikasi yang sudah jarang digunakan. jika masih tidak ingin menghapusnya, anda bisa menonaktifkan aplikasi. Caranya masuk ke Pengaturan kemudian tekan Aplikasi. setelah itu pilih aplikasi yang anda inginkan dan tekan non-aktifkan. Jika ingin menggunakan aplikasi tersebut lagi, ikuti cara sebelumnya dan pilih aktifkan aplikasi.

5. Bersihkan cache aplikasi secara rutin

Umumnya RAM dan ROM yang sering penuh karena cache aplikasi yang menumpuk. Akibatnya kinerja smartphone menjadi terhambat. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan cache secara otomatis. Atau menggunakan cara manual. Yakni masuk ke Pengaturan, tekan Aplikasi. Kemudian pilih aplikasi yang anda inginkan. Hapus cache aplikasi. Lakukan pada setiap aplikasi.

Itu dia beberapa tips membersihkan RAM Android yang sering penuh agar peforma smartphone tetap maksimal. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *