Tips Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti di Android

Tips Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti di Android – Seperti halnya aplikasi pada umumnya, kontak pun kerapkali mengalami error. Padahal kontak sendiri merupakan salah satu bagian terpenting smartphone. dari kontak inilah kita bisa mengakses berbagai nomor lain. Jika kontak tiba-tiba saja berhenti paksa tentu menjadi kendala tersendiri dalam pengoperasian smartphone. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan beberapa cara mudah. bahkan tanpa aplikasi lain pun proses pengembalian aplikasi kontak bisa kita jalankan dengan mudah.

Cara mengatasi masalah ini bahkan bisa dilakukan oleh kalangan pemula. jadi tidak perlu panik terlebih dulu. dengan memulainya dari cara paling simpel, anda bisa tahu penyebab pasti mengapa aplikasi kontak tidak bisa bekerja sempurna. Penyebab utamanya bisa karena sistem yang terlalu sibuk, data dan cache yang menumpuk, format waktu yang salah, sampai android sistem yang masih dalam versi lawas. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk tips mengatasi kontak yang telah berhenti.

Tips Mengatasi Sayangnya Kontak Telah Berhenti

1. Restart smartphone

Penyebab utama kontak tidak bekerja optimal karena sistem yang terlalu lelah. atau arus kerja yang terlampau padat membuat beberapa komando sulit diterima. Efeknya bisa langsung pada aplikasi kontak. Maka dari itu, anda mesti melakukan restart smartphone agar sistem kembali segar. Cobalah restart dan jalankan kontak seperti semula. Jika masih gagal, lakukan langkah lainnya.

2. Bersihkan cache smartphone

Smartphone memiliki banyak aplikasi yang mana di setiap aplikasinya terdapat cache. Jika cache pada smartphone menumpuk, akan memengaruhi peforma aplikasi lainnya. seperti halnya pada kontak. Kontak yang error dan menutup sendiri bisa disebabkan karena memori internal sudah penuh dengan cache. Maka solusinya bisa dengan menghapus cache smartphone menggunakan aplikasi seperti Clean Master. Anda juga bisa menggunakan cara manual dengan masuk ke Pengaturan kemudian pilih Aplikasi. pilih aplikasi yang anda inginkan dan hapus semua cache.

3. Ubah format tanggal dan jam

Beberapa aplikasi tidak bisa bekerja jika pengaturan tanggal dan waktu tidak realtime. Seperti halnya pada kontak. Maka dari itu aturlah jam dan tanggal dengan zona yang sesuai dimana anda berada. Cobalah masuk ke Pengaturan kemudian tekan pilihan Setting Tanggal dan Waktu. atur tanggal dan waktu otomatis di salah satu kolomnya. Dengan pengaturan otomatis, maka anda tidak perlu melakukan format ulang lagi.

4. Hapus cache kontak

Seperti halnya pada aplikasi lainnya, kontak juga kerap memiliki cache yang penuh. Jika terlalu penuh akan menyebabkan aplikasi menjadi tidak seoptimal biasanya. Maka dari itu pastikan kontak tidak penuh dengan cache agar kinerjanya tetap stabil. Anda bisa masuk ke menu pengaturan. Kemudian cari aplikasi dan cari Kontak. Kemudian pilih opsi hapus cache untuk membersihkan bagian tersebut. Restart smartphone dan cobalah gunakan kontak seperti biasanya.

Demikian beberapa cara mudah agar kontak tidak berhenti secara tiba-tiba lagi. semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *