Tips Mengatasi Android Tidak Bisa Konek Wifi Tanpa Software

5 Tips Mengatasi Android Tidak Bisa Konek Wifi Tanpa Software –Menyambungkan smartphone ke jaringan wifi tentu sangat memudahkan kita dalam mengakses jaringan. Selain itu kuota internet pun lebih hemat dengan bantuan Wifi. Sayangnya beberapa kondisi membuat smartphone tidak bisa konek lagi dengan jaringan Wifi. Penyebabnya pun beragam. Ada yang berasal dari faktor smartphonenya dan bisa jadi karena perangkat Wifi yang tidak kompatibel. Mengatasinya pun sangat mudah bahkan tanpa software tambahan lagi.

Anda bisa melakukan setting perangkat secara baik. setting ulang perangkat smartphone dilakukan dengan mengecek tanggal, jaringan, hingga menganalisa bagaimana penerimaan sinyal wifi dengan antivirus. Pasalnya adanya antivirus juga bisa membuat penerimaan sinyal menjadi terhambat karena adanya proteksi yang dimiliki oleh antivirus. Cara mengatasi wifi sulit konek pun cukup mudah, bahkan pemula pun bisa melakukannya. Berikut ulasan selengkapnya untuk tips mengatasi android tidak bisa konek wifi.

Tips MengatasiAndroid Tidak Bisa Konek Wifi Tanpa Software

1. Pastikan setting tanggal dan waktu sudah benar

Setting tanggal dan waktu mungkin terlihat sepele. Padahal jika salah setting, smartphone akan gagal konek ke jaringan Wifi. Bahkan setting yang salah juga menyebabkan beberapa aplikasi tidak bisa bekerja seperti misalnya WhattsApp. Silakan periksa terlebih dulu tanggal dan waktu pada smartphone. Pastikan sesuai dengan tempat atau negara anda berada agar smartphone bekerja lebih optimal.

2. Forget jaringan wifi yang sudah tidak terpakai

Biasanya setelah terhubung ke Wifi, smartphone tetap menampilkan history sumber wifi meskipun sudah tidak digunakan. Jangan sampai jaringan wifi yang tak terpakai menumpuk karena akan menyebabkan masalah konektivitas. Cobalah masuk ke Pengaturan kemudian tekan Wifi. Lihatlah jaringan yang tersimpan. Jika sudah sangat banyak, klik jaringan yang anda inginkan. Kemudian tekan Forget/Lupakan. Dengan demikian, smartphone lebih mudah dalam menerima jaringan.

3. Pastikan jaringan wifi unlimited

Banyak yang gagal konek wifi karena jaringannya limited. Cobalah restart smartphone agar penerimaan sinyal lebih mudah. Restart juga perangkat wifi kemudian sambungkan kembali. Router yang baru dinyalakan menyebabkan status jaringan limited. Jika jaringan unlimited, maka akan sangat mudah terhubung ke smartphone tanpa kendala terputus ketika ditengah pemakaian.

4. Matikan layanan antivirus

Layanan antivirus memang bermanfaat melindungi smartphone dari malware. Namun terkadang antivirus terlalu membatasi jaringan lain masuk ke smartphone. akibatnya, wifi pun akan sulit terhubung ke perangkat. Jika sambungan wifi dirasa aman, cobalah non-aktifkan terlebih dulu layanan antivirus. Setelah selesai menggunakan wifi, anda bisa mengaktifkan layanan antivirus kembali.

5. Pastikan koneksi jaringan wifi tidak terlalu lambat

Bisa jadi penyebab utamanya tidak pada smartphone namun pada jaringan Wifi. Pastikan dalam konek ke Wifi, anda terhubung dengan jaringan yang kuat. Jika kecepatannya terlalu lambat maka akan menyulitkan anda dalam terhubung. Sinyal pun akan sulit masuk ke perangkat anda. Cobalah ganti sambungan ke sumber wifi lain dan pastikan sinyalnya juga baik.

Demikian beberapa tips mengatasi smartphone android yang tidak bisa konek Wifi tanpa menggunakan software tambahan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *