5 Tips Hemat Kuota Internet di Android

5 Tips Hemat Kuota Internet di Android – Menghemat kuota bukanlah hal sulit lagi. Terlebih perangkat android memiliki setting yang mumpuni untuk hemat kuota. Banyak sekali cara agar kita bisa menjadi pawang kuota. Mulai dari memilih aplikasi versi ringan, mengandalkan wifi, sampai memilih kualitas streaming. Tentu saja semakin hemat kuota, budget yang dikeluarkan pun lebih sedikit. Hal tersebut juga tidak mengurangi penggunaan internet kita sehingga operasional smartphone tetap nyaman. Menghemat kuota bisa dilakukan mulai dari langkah sederhana.

Dengan memulai dari langkah sederhana, maka akan muncul kebiasaan baik. Selain itu pengaturan tertentu juga wajib dicoba. Saat ini memang banyak provider yang mengeluarkan paket kuota unlimited. Namun jika anda ingin menggunakan internet dengan jaringan prima tanpa boros kuota, anda bisa mencoba beberapa cara sederhana ini. Nah, berikut ini ulasan lebih lanjut untuk beberapa tips menghemat kuota internet android yang bisa anda coba lakukan.

Tips Hemat Kuota Internet Android

1. Gunakan aplikasi versi lite

Aplikasi sosial media umumnya memerlukan kuota yang cukup banyak. Pengembang pun akhirnya membuat versi Lite yang memiliki kebutuhan kuota lebih hemat. Anda bisa menggunakan Facebook Lite, Messenger Lite, Line Lite, hingga Twitter Lite. Versi kecil tersebut juga membuat penggunaan memori penyimpanan dan kerja RAM menjadi lebih ringan.

2. Manfaatkan Wifi dimanapun berada

Jika anda berada di cafe, ruang tunggu, dsb yang menyediakan wifi maka gunakanlah fasilitas tersebut. menggunakan wifi tentu sangat menghemat kuota anda. Namun pastikan jaringan wifi benar-benar aman. Anda bisa memanfaatkan fasilitas Wifi untuk melakukan update aplikasi, upload foto/video, download, hingga melakukan sinkronisasi data di android.

3. Nonaktifkan update aplikasi otomatis

Pada Play Store, update aplikasi bisa dilakukan secara otomatis. Cobalah masuk ke menu Google Play Store. Tekan pengaturan kemudian pilih Update Aplikasi Secara Otomatis. Ada tiga opsi. Anda bisa memilih Melalui Wifi atau Jangan Update Secara Otomatis. Kemudian tekan selesai. Google Play pun tidak akan melakukan update sesuai dengan setting yang anda atur.

4. Nonaktifkan sinkronisasi otomatis

Sinkronisasi berguna untuk menyelaraskan data dengan yang ada di cloud. Tentu saja proses tersebut memerlukan kuota internet aktif dengan kapasitas besar. Jika ingin lebih hemat kuota, cobalah non-aktifkan sinkronisasi otomatis. Coba masuk ke Pengaturan, kemudian masuk ke Sinkronisasi. Pilih menu non-aktifkan sinkronisasi. Anda bisa melakukan sinkronisasi ulang dengan membuka fitur aktifkan.

5. Streaming dengan memilih kualitas

Streaming merupakan salah satu aktivitas yang cukup banyak menyedot kuota. Semakin bagus kualitas video streaming maka kuota pun akan lebih banyak tersedot. Maka dari itu cobalah gunakan aplikasi streaming yang menyediakan pilihan kualitas. Anda bisa mencoba kualitas menengah atau bawah agar streaming tetap hemat. Streaming hemat kuota pun tetap menampilkan video yang jelas meskipun tidak berkualitas HD.

Demikian beberapa tips untuk menghemat kuota internet di android. Semoga bermanfaat dan menambah informasi untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *