Rumput Sintetis VS Rumput Alami, Lebih Baik Pilih Yang Mana?

Rumput Sintetis VS Rumput Alami – Rumput merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah taman. Sebuah taman yang indah tak lepas dari peranan rumput hijau dengan pemasangan dan perawatan yang apik. Sekarang ini pemasangan rumput di taman rumah pun lebih mudah karena sudah ada grass sod / grass pad yang tinggal pasang dengan ukuran tertentu. Penggunaan rumput sintetis pun sekarang menjadi tren. Tak hanya digunakan di stadion olahraga, rumput sintetis pun sekarang banyak digunakan untuk pembuatan taman kota dan bahkan sekarang mulai dilirik untuk membuat taman di rumah.

Banyak orang yang bingung memilih jenis rumput yang tepat untuk dekorasi rumah dan taman Anda? Lebih baik pilih mana antara rumput sintetis vs rumput alami? Bila Anda memiliki masalah yang sama, lebih baik Anda mulai membandingkan keuntungan dan kerugian rumput alami vs rumput sintetis ini. Saran saya, pilih yang memiliki keunggulan lebih banyak.

Namun sebelum membahas mengenai keunggulan dan kekurangan rumput sintetis dan rumput alami, lebih baik Anda kenali dulu kedua jenis rumput ini …

Rumput sintetis vs rumput alami
Keuntungan dan Kekurangan rumput sintetis vs rumput alami

Baca juga: Tips Memilih Tanaman Untuk Desain Taman Rumah Minimalis

Apa Itu Rumput Imitasi? Apa Perbedaannya Dengan Rumput Alami?

Dari namanya saja sudah jelas bila kedua jenis rumput ini memang beda. Rumput sintesis merupakan rumput buatan, biasanya terbuat dari plastik. Biasanya jenis rumput sintetis ini banyak digunakan untuk lapangan futsal dalam ruangan.

Sementara rumput alami adalah jenis rumput yang tumbuh dengan sendiri nya di sebuah halaman atau padang rumput atau bisa juga dibudidayakan.

Karena rumput ini merupakan makhluk hidup maka agar tumbuh sehat, rumput alami memerlukan nutrisi, air dan udara dalam hidupnya. Sementara pada rumput sintetis tidak diperlukan.

Apa Saja Keuntungan dan Kerugian Rumput Sintetis Vs Rumput Alami?

Berikut ini adalah poin-poin penting yang membedakan rumput alami dan rumput sintetis, yaitu:

Dari Segi Pemeliharaan

Selain faktor cuaca, rumput alami sangat memerlukan air, pupuk, pestisida, dan mungkin bahan kimia lain , juga diperlukan pemotongan rumput secara berkala untuk membantu perawatan dan pemeliharaannya agar tetap tumbuh cantik dan sehat. Sementara hal tsb di atas tidak diperlukan untuk merawat rumput sintetis.

Baca juga:  Contoh Model Pintu Rumah Minimalis 2 Pintu Terbaru

Bila rumput alami memerlukan air untuk hidupnya sementara rumput sintetis sebaiknya jangan sampai tergenang air karena dapat merusak daya tahannya.

Baca juga: Cara Praktis Membasmi dan Menghilangkan Rumput Liar di Halaman Rumah

Dari Segi Keamanan dan Keselamatan

Penggunaan pestisida ataupun bahan kimia lainnya dalam proses pemeliharaan rumput alami dapat berakibat buruk bagi lingkungan dan manusia. Selain itu taman yang menggunakan rumput alami namun minim perawatan apat membuat permukaannya tidak rata, seperti muncul lobang karena genangan air hujan, dll yang mana dapat mengganggu keselamatan penggunanya seperti pemain bola dll.

Sementara penggunaan rumput sintetis dikatakan lebih aman karena memiliki permukaan yang lebih rata dan bebas pestisida.

Dari Segi Penampilan

Rumput alami lebih dominan berwarna hijau sementara rumput sintesis hadir dengan aneka pilihan warna yang menarik, tergantung selera Anda. Dengan demikian penampilan rumput sintetis dapat dikatakan lebih menarik dibandingkan rumput alami.

Dari Segi Biaya

Untuk biaya pemasangan, memang betul rumput alami memerlukan biaya yang lebih sedikit dibandingkan rumput sintesis. Namun bila dihitung dengan biaya perawatannya dalam jangka waktu yang panjang, justru biaya keseluruhan rumput sintetis lah yang lebih ekonomis dibandingkan rumput alami.

Dari Segi Lingkungan

Sebetulnya yang alami-alami jauh lebih baik untuk alam dan lingkungan, namun kembali lagi, hal tsb bersifat baik asalkan perawatan rumput alami tsb tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya, tapi cobalah sesuatu yang organik yang lebih aman.  Penggunaan rumput sintetis tentunya dapat mengganggu keseimbangan alam, mengurangi kadar oksigen, dll.

Jadi Lebih Baik Mana Rumput Sintetis Vs Rumput Alami?

Di atas sudah diulas perbedaan keunggulan dan kekurangan rumput sintetis dibandingkan rumput alami. Sekarang tergantung Anda, Anda lebih senang yang mana atau lebih butuh yang mana? Untuk pembuatan taman di pekarangan rumah saya lebih rekomendasikan menggunakan rumput alami agar lebih terasa kesegaran udara di lingkungan rumah Anda. Untuk mengurangi penggunaan pestisida berbahaya sebaiknya gunakan pestisida organik ramah lingkungan.

Namun bila Anda sedang membuat taman indoor ataupun lapangan olahraga, saya sarankan untuk menggunakan rumput sintetis / rumput imitasi.

Baca juga:  Ide Desain Taman Depan Rumah Cantik Dan Asri

Nah itulah ulasan seputar rumput sintetis vs rumput alami. Semoga ulasa di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda memustuskan pilihan yang tepat.

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

rumput sintetis vs rumput alami -perbedaan rumput sintetis dan alami -Perbedaan rumput sintetis -rumput sintetis vs asli -rumput sintetis manfaat -lebih baik mana rumput sintetis sama rumput lainya -Kelemahan rumput s -perbedaan rumput alami dan sintetis ketika dipakai -rumput sintetis vs rumput alami stadion -Perbedaan rumput sintetik dan rumput -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *