Cara Menanam Rumput Alami dan Memasang Rumput Sintetis Yang Mudah

Cara Menanam Rumput Alami – Sekarang ini cara membuat taman rumput tidak sesulit dulu. Pasalnya sekarang ini banyak sekali penjual tanaman yang menyediakan benih rumput dengan ukuran tertentu yang siap pasang, yang dikenal dengan istilah grass pads atau grass sod. Menanam rumput gajah mini ataupun rumput jepang jadi lebih mudah kan?

Grass pads atau grass sod adalah lapisan tanah yang sudah ditumbuhi rumput dan siap untuk ditempatkan di tanah lapang / taman yang nantinya akan ditanami dengan rumput. Keuntungan menggunakan grass pads atau grass sod ini, Anda tak memerlukan waktu lama untuk menumbuhkan rumput di halaman rumah Anda. Walaupun demikian, rumput yang berasal dari grass sod / grass pads ini tetap memerlukan perawatan lanjutan agar rumput tetap sehat, tidak kering dan mati.

Selain itu, penting juga memasang grass pads / grass sod di waktu yang tepat, yakni di awal atau di akhir musim penghujan, di mana intensitas hujan tak terlalu besar untuk mencegah pembusukan karena terlalu lama tergenang air. Penanaman rumput alami pun mesti dilakukan di pagi hari atau sore hari guna menghindari sengatan matahari yang berlebihan yang dapat menyebabkan rumput cepat kering dan mati.

Nah bila Anda tak ingin menanam rumput alami karena tidak punya waktu untuk merawatnya, Anda tetap dapat membuat taman rumput di rumah dengan menaman rumput sintetis di taman tsb. Rumput sintetis memiliki beberapa kelebihan yaitu tidak diperlukan perawatan khusus, lebih halus dan nyaman saat digunakan.

Baca juga: Rumput Sintetis VS Rumput Alami, Lebih Baik Yang Mana?

Tips Cara Menanam Rumput Alami Untuk Taman Rumah Anda

Berikut ini langkah-langkah menumbuhkan rumput alami dari grass sod / grass pads, yaitu:

  • Ukur ukuran taman yang akan dibuat lalu hitung berapa jumlah grass sod / grass pads yang diperlukan. Bila Anda bingung menghitungnya, cukup informasikan pada penjual bibit rumput mengenai ukuran taman yang akan dibuat.
  • Gemburkan tanah dan pastikan ketebalan tanah yang akan digunakan untuk menanam rumput alami berkisar antara 6-8 inchi atau sekitar 15-20cm. Campur sedikit tanah tsb dengan pasir bila tanahnya tergolong tanah liat yang pekat.
  • Tambahkan grass starter fertilizer (pupuk khusus untuk rumput) pada grass sod / grass pads sampai tanahnya lembab namun jangan terlalu basah, lalu diamkan 1-2 hari.
  • Cek kondisi tanah setelah 2 hari, bila terlalu kering semprotkan dengan sedikit air agar tidak terlalu kering dan retak-retak.
  • Pasang grass sod / grass pad pada area yang akan ditanami rumput, satu per satu, berurutan. Sebaiknya mulai dari pinggir taman dan pastikan tidak ada celah antara grass sod dan grass pad di sampingnya. Bila pada ujung taman, ukuran grass sod tsb kepanjangan, potong saja ujungnya dan sesuaikan dengan luas taman.
  • Bila telah selesai memasang rumput alami dari grass sod, siram permukaan rumput denggan air secara merata. Jaga jangan sampai rumput menjadi kering dan usahakan tidak ada yang menginjak rumput setidaknya hingga 2 minggu setelah penanaman.
Baca juga:  Begini Cara Menata Pencahayaan Rumah dengan Menggunakan Lampu Dinding

Nah itulah cara menaman rumput alami untuk taman rumah Anda. Selanjutnya lakukan perawatan seperti pemotongan rumput secara berkala.

cara menanam rumput alami
Ilustrasi cara menanam rumput alami (image: diynetwork.com)

Baca juga: Tips Memilih Tanaman Untuk Desain Taman Rumah Minimalis

Langkah Cara Memasang Rumput Sintetis untuk Taman Rumput yang Indah

Berikut ini cara menanam rumput sintetis / rumput imitasi, langkah demi langkah ..

  • Ukur ukuran taman rumput yang akan dibuat lalu siapkan grass sod rumput sintetis sesuai ukuran taman tsb.
  • Siapkah lahan yang akan dipasangi grass sod rumput sintetis. Hilangkan permukaan tanah setebal 3 inchi atau sekitar 8cm atau menyesuaikan ketebalan grass sod yang ada. Pastikan lahan benar – benar bersih dari daun kering, ranting, batu, kerikil, atau benda lain yang biasa menancap di tanah.
  • Sebarkan batu kerikil kecil pada lahan tsb secara merata. Kerikil berfungsi dalam proses drainase agar saat hujan turun tidak mengenangi yang nantinya dapat merusak rumput sintetis itu sendiri.
  • Padatkan batuan kerikil tersebut menggunakan alat plate tamper mekanik, bila tidak punya atau ukuran taman kecil bisa menggunakan palu. Ini dimaksudkan agar kerikil tsb menjadi padat dan keras, sehingga meminimalisir pori – pori / celah antar batuan kerikil.
  • Lapisi permukaan kerikil yang sudah dimampatkan dengan heavy-duty landscape cloth (yaitu sebuah lapisan yang dapat melindungi rumput sintetis agar tidak rusak / robek karena bagian kerikil yang tajam). Lapisan ini juga dapat berfungsi menghambat pertumbuhan rumput liar / gulma di sela – sela rumput sintetis.
  • Pasang grass sod rumput sintetis sedemikian hingga membentuk barisan yang rapat.
  • Agar nantinya terlihat seragam dan alami, pastikan agar ujung rumput mengarah ke arah yang sama. Jika diperlukan, Anda pun dapat memotong rumput sintetis agar permukaan ketinggiannya rata.
  • Paku ujung – ujung lapisan rumput sintetis tsb dengan paku setebal 6 inchi.
  • Rekatkan tiap sisi rumput sintetis dengan kelim atau perekat yang sudah ada di tiap sisi lapisan rumput sintetis. Untuk memperkuat daya rekatnya, Anda boleh saja memaku di pertengahan perekat.
  • Andapun dapat menggunakan pasir atau rubber infill untuk memberikan kesan lebih natural lagi.
  • Semprot permukaan rumput sintetis dengan sedikit air agar terlihat basah dan berkilauan ketika terkena sinar matahari.
  • Untuk perawatannya, bila diperlukan, Anda dapat menggunakan lap basah untuk mengangkat kotoran, debu di permukaan rumput
Baca juga:  Cara Praktis Mengatasi dan Menambal Bak Mandi Keramik yang Bocor
cara memasang rumput sintetis atau rumput imitasi
Ilustrasi cara memasang rumput sintetis atau rumput imitasi (image: arrtificialturfexpress.com)

Nah itulah informasi seputar cara menanam rumput alami seperti rumput gajah mini ataupun rumput jepang menggunakan grass pad / grass sod sekaligus cara memasang rumput sintetis atau rumput imitasi yang mudah. Semoga bermanfaat …

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara menanam rumput sintetis -cara menumbuhkan rumput bagus secara alami -cara memasang rumput sintetis -cara pasang rumput sintetis -cara menumbuhkan rumput sintetis -cara menumbuhkan rumput alami -cara menanam rumput sinttetis -cara menanam rumput sintetis sendiri -Cara menanam rumput futsal di halaman rumah -cara tanam rumput sintetik -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *