Cara Mudah Mengatasi Play Doh Yang Kering, Keras dan Retak

Cara Mengatasi Play Doh Yang Kering dan Keras – Bermain fun doh / play dough memang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Mainan ini pun memiliki aneka manfaat untuk menstimulus kekuatan tangan, perkembangan anak, dan mengasah kreativitas anak. Namun masalahnya play doh yang sering dimainkan seringkali cepat rusak seperti adonan yang terlalu kering, keras dan sulit dibentuk.

Bila Anda memiliki masalah yang sama, jangan buru-buru membuang mainan tsb karena masih ada cara untuk mengembalikan kelembaban adonan fun doh dan cara mudah agar adonan playdough tidak cepat kering. Secara logika, cara mengatasi play doh yang kering dan retak adalah dengan menambahkan air. Namun bagaimana cara menambahkan air tsb agar tidak kebanyakan sehingga tidak menyebabkan adonan fundough malah lengket?

Memang betul ada berbagai cara mengatasi play doh yang kering dan retak dengan menambahkan air, seperti langsung menambahkan sejumlah volume air lalu mengaduknya lagi hingga rata, atau menyemprotkan sedikit air lalu mengaduknya kembali. Mungkin cara membuat play dough basah kembali ini agak merepotkan bagi sebagian orang. Nah disini CaraPraktis.Info memiliki solusi mudah mengatasi fun doh yang retak dan kering.

manfaat mainan fun dough bagi anak
bermain fun dough sangat menyenangkan (image: familiesonline.co.uk)

Baca juga: Cara Membuat Playdough Sendiri di Rumah yang Mudah, Murah, dan Aman

Solusi Mudah Cara Mengatasi Play Doh Yang Kering, Keras dan Retak-Retak

Oke langsung saja, resepnya adalah dengan menggunakan tisue basah untuk menyelimuti adonan fun doh yang kering tersebut.

  • Siapkan tisue basah, lebih baik yang tanpa pewangi.
  • Siapkan adonan fun doh lalu selimuti dengan tisue basah, atur hingga tertutup semua.
  • Masukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat dan biarkan semalaman.
  • Bila keesokan harinya, adonan masih terasa kering dan belum kalis, Anda bisa gunakan tisue basah lagi. Tisue basah yang sudah kering jangan dibuang dulu karena masih bisa dimanfaatkan, celupkan tisue basah yang kering tsb ke air lalu peras secukupnya lalu gunakan lagi untuk membungkus adonan playdough.
cara mengatasi play doh yang kering dan keras
cara mengatasi play doh yang kering dan keras (image: youtube.com)

Baca juga: Ini Dia Cara Mengatasi Dispenser yang Tidak Panas

Nah itulah cara mengatasi play doh yang kering yang mudah dengan menggunakan tisue basah. Lalu bagaimana bila Anda tak memiliki tisue basah?

Baca juga:  7 Cara Menghemat Listrik Pada Pemakaian AC, Yuk Praktekan!

Anda dapat menggunakan kain bekas lalu celupkan ke air terus peras kemudian gunakan untuk membungkus adonan play doh. Jangan lupa untuk menyimpan adonan yang sudah dibungkus tadi dalam wadah tertutup rapat.

Tips Mencegah Play Dough Cepat Kering

Nah agar mainan playdough tidak cepat kering ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan yaitu:

  • Biasakan selalu simpan adonan dengan warna yang sama di wadah yang tertutup rapat bila sudah tidak digunakan / dimainkan.
  • Jangan biarkan adonan fun doh di udara terbuka terlalu lama.
  • Bila terasa sudah mulai keras / mengering, cepat gunakan cara mengatasi play doh yang kering dan keras di atas.

Nah itulah cara praktis mengatasi play dough yang kering dan keras serta tips mencegah adonan playdough cepat kering. Semoga dengan tips agar mainan fun doh tidak cepat kering di atas dapat membantu menghemat pengeluaran Anda. Semoga bermanfaat …

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara melunakan plastisin -cara melunakkan plastisin yg keras -cara melunakan malam -cara melunakkan plastisin -cara melunakkan play doh yg kering -lilin mainan keras -cara melunakkan plastisin yang keras -cara melunakkan malam -Cara melunakkan pl -cara melunakkan malem -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *