Resep Kue Hunkwe dan Cara Mudah Membuatnya

Resep kue hunkwe – kue hunkwe, adalah kue yang sering menjadi pelengkap disaat sedang mengadakan pesta atau selamatan. Kue hunkwe memang terkenal dengan rasanya yang enak dan lembut, ditambah lagi dengan berbagai macam kreasi, membuat kue yang satu ini makin enak dan digemari.

Kue hunkwe, adalah salah satu jajanan pasar tradisional, yang sekarang ini makin lama makin tergusur oleh jajanan kekinian lain. Padahal kue yang satu ini sangat enak, dengan cita rasa yang lembut dan manis. Kue yang satu ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan kue bertekstur lembut dan manis.

Kreasi untuk membuat kue hunkwe memang sangat banyak, salah satunya adalah kue pisang hunkwe. Untuk membuat kue pisang hunkwe sendiri, hanya membutuhkan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan ekonomis. Cemilan yang satu ini pas sekali untuk mengisi berbagai sajian acara.

Untuk membuat kue pisang hunkwe ini, dibutuhkan bahan utama tepung hunkwe. Untuk tepung hunkwe sendiri, dipilih yang berwarna putih, sehingga nantinya kue pisang hunkwe yang akan kita buat akan mempunyai warna putih bersih.

jika anda yang ingin berkreasi terhadap warna kue pisang hunkwe ini, anda bisa menambah pewarna makanan yang halal dan sehat terhadap adonan tepung hunkwe putih, atau juga bisa dengan menggunakan tepung hunkwe yang berwarna. Contohnya seperti tepung hunkwe yang berwarna merah, pink, coklat, kuning dan hijau. Untuk kue pisang hunkwe yang berwarna hijau, anda tidak perlu menggunakan perwarna makanan, karena anda juga bisa menggunakan daun pandan atau daun suji untuk pewarna hijau alami.

Selain lebih sehat dibanding dengan menggunakan perwarna makanan hijau, menggunakan daun pandan akan menambah wangi pandan yang khas terhadap kue hunkwe tersebut. Kue pisang hunkwe yang menggunakan daun pandan untuk bahannya, lebih terkenal dengan sebutan kue pisang hunkwe daun pandan.

Untuk isian kue hunkwe kali ini, kita akan menggunakan pisang jenis kapok yang sudah tua, atau anda juga bisa menggunakan pisang jensi tanduk. Ciri khas dari kue pisang hunkwe ini, adalah potongan pisang yang kita gunakan, nantinya akan di balut dengan tepung hunkwe yang lembut.

Agar lebih istimewa dan unik, anda juga mengkreasikan kue hunkwe ini dengan berbagai macam isian, contohnya seperti dengan menggunakan potongan buah nangka atau durian. Kue pisang hunkwe yang akan kita buat kali ini, mempunyai bentuk yang mirip dengan kue cantik manis.

Nah, pastinya anda penasaran apa resep kue hunkwe pisang ini, bukan? Tidak perlu berbasa-basi lagi, berikut adalah penjelasan resep kue hunkwe pisang beserta dengan cara membuatnya. Baca dengan teliti ya!

Resep Kue Hunkwe Pisang dan Cara Membuatnya

Baca juga:  Cara Membuat Putih Telur Tumis Teriyaki Pelengkap Nasi Putih Yang Rasanya Lezat

Resep Kue Hunkwe

Bahan-bahan

  • Siapkan pisang kapok yang sudah tua berjumlah 8-10 buah, atau juga menggunakan pisang tanduk 2 buah, kukus sampai matang.
  • 125 gram tepung hunkwe. Jika anda ingin kue bertekstur lebih padat, anda bisa menggunakan 150 gram tepung hunkwe.
  • 200 gram gula pasir.
  • ¼ sendok teh vanili.
  • Garam ¼ sendok teh.
  • Ambil 1250 mili liter santan, dari 1-2 butir kelapa.
  • Plastik tebal, berguna untuk membungkus.

Cara Membuat Kue Hunkwe Pisang

  • Pertama, anda siapkan pisang dan kupas. Setelah itu potong menyerong, dengan ukuran tebal 1 cm, sisihkan.
  • Cairkan tepung hunkwe yang sudah disiapkan, menggunakan sebagian santan, lalu sisihkan kembali.
  • Kemudian didihkan sisa santan, beserta garam, vanili dan gula. Setelah itu masukkan cairan adonan tepung hunkwe tadi, lalu aduk sampai mengental dan matang.
  • Jika sudah matang, siapkan selembar plastik tebal, masukkan 1 sendok makan adonan tepung hunkwe selagi masih hangat. Setelah itu masukkan 1 potong pisang diatasnya, lalu terakhir tutup kembali dengan adonan tepung hunkwe. Bentuk adonan seperti kue hunkwe.
  • Jika sudah menggunakan semua bahan, diamkan adonan sampai dingin dan mengeras. Setelah itu masukkan ke dalam lemari es atau kulkas sebentar saja, agar nantinya rasa kue hunkwe pisang makin enak dan lembut.

Untuk membungkus kue hunkwe pisang, sebenarnya tidak hanya dengan menggunakan plastik, tetapi juga bisa menggunakan daun pisang. Dengan menggunakan adonan santan, pastinya kue hunkwe pisang ini akan semakin lembut dan enak dilidah.

Nah, bagaimana? Apa anda tertarik untuk membuatnya? Penulis sendiri ingin sekali membuatnya jika ada kesempatan, karena kue hunkwe pisang ini memang lezat dan membuat ketagihan. Apalagi ditambah dengan manisnya rasa pisang, pastinya makin tambah mantap deh!

Demikian artikel tentang resep kue hunkwe. Semoga dengan artikel resep kue hunkwe ini, anda bisa terbantu dan bisa membuat kue hunkwe anda sendiri dirumah. Terima kasih telah membaca dan selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *