Resep Kue Apem dan Cara Pembuatan

Mungkin Anda sangat tertarik kepada resep kue Apem karena kue ini adalah jenis kue yang masuk pada jenis dan kategori banyak acara. Betul?

Yap. Kue apem memang kue yang sangat fleksibel. Cocok dan dapat digunakan pada banyak jenis acara. Mungkin, inilah salah satu alasan kuat banyak sekali orang yang tertarik untuk membuat kue apem sendiri dan mencari resepnya yang terbaik perihal cara pembuatan.

Baca: Tips simpan sayuran agar awet

Bagaimana tidak, mulai dari selametan, khitanan, perkawinan adat, bahkan hingga kematian kurang lebihnya dihiasi oleh kue apem. Tentu saja, ini adalah hal yang sangat menarik.

Sangat jarang kue dapat sefleksibel ini digunakan pada banyak jenis acara. Kira-kira, mengapa demikian ya? Konon, bentuk kue apem yang bulat layaknya sebuah payung adalah simbol dari permintaan akan perlindungan.

Pun, selain itu juga ini merupakan simbol dari permohonan maaf dari almarhum untuk para keluarga dengan harapan semua kesalahan dan dosa diampuni oleh Tuhan dan diberikan tempat terindah di sisi-Nya.

Sebelum kita membahas tentang resep kue apem, bahan yang dibutuhkan, dan proses serta cara pembuatannya, penulis akan mengajak Anda untuk melihat lebih dulu kue apem dan sejarah penyajiannya dari waktu ke waktu. Baca info penting dari carapraktis.info ini, ya!

Baca: Tips masak ikan dengan efektif

Kue Apem dan Sejarah Penyajiannya

Bukan hanya acara rakyat. Bahkan, kue apem juga terlihat pada banyak acara kerajaan yang dihiasi oleh para bangsawan. Kota Yogyakarta adalah salah satunya. Di kota itu, terdapat apem mustoko. Ini adalah jenis apem yang dibuat dalam ulang tahun Sri Sultan Hamengkubuwono.

Kenapa namanya apem mustoko?

Ini karena peletakanannya merupakan simbol letak kepala yang kemudian disusun hingga ke bawah sampai sejalan dengan usia Sri Sultan. Apem mustoko ini pasti dan selalu dibuat oleh permaisuri atau puteri Sultan. Selain apem mustoko, terdapat juga apem jawa, apem putih, apem kukus warna warni yang penyajiannya untuk keluarga raja.

Tentu saja, semua apem ini terlihat menggiurkan dan sangat cocok sekali untuk kudapan menemani mengobrol.

Wah, terlalu banyak kalimat sudah keluar, saatnya memberi tahu Anda perihal resep kue apem dan cara pembuatannya.

Baca: Cara praktis pilih telur

Resep Kue Apem Klasik

Bahan:

  1. 300 gram tepung beras
  2. 60 gram tepung kanji
  3. 250 ml santan kelapa kental
  4. 300 ml air hangat
  5. 200 gram gula pasir
  6. 1/2 sendok teh garam halu
  7. 1 sendok teh ragi instant
  8. Pewarna makanan secukupnya

Cara membuat:

  1. Larutkan ragi instan dalam 5 sendok makan air hangat, sisihkan sejenak
  2. Rebus gula pasir dengan santan sampai mendidih dan gula larut sambil diaduk-aduk, diamkan sampai dingin
  3. Campurkan tepung beras, tepung kanji, ragi yang sudah dilarutkan dan air hangat dalam satu wadah
  4. Uleni bahan yang sudah dicampur sampai kalis kira-kira selama 10-15 menit
  5. Tuang santan ke dalam adonan yang sudah kalis sambil diaduk-aduk hingga merata, diamkan adonan selama 1 jam
  6. Bagi adonan menjadi beberapa bagian kemudian beri beberapa tetes pewarna makanan sesuai selera, aduk sampai tercampur rata
  7. Tuang adonan kedalam cetakan lalu kukus dalam langseng kira-kira selama 25 menit atau sampai matang dan empuk
  8. Angkat kue apem yang sudah matang dan keluarkan dari cetakan
  9. Kue apem siap untuk disajikan.

Resep Kue Apem Rekomendasi

Pada poin sebelumnya, Anda sudah membaca bahan yang diperlukan untuk pembuatan kue apem lengkap dengan cara pembuatannya. Di atas, adalah resep kue apem yang direkomendasikan untuk Anda coba buat di rumah.

Kenapa cara di atas? Bukankah banyak cara dan resep kue apem lainnya?

Tentu saja banyak resep lainnya. Namun, menurut hemat penulis, di atas adalah yang terbaik perihal cara pembuatan kue apem lengkap dengan deskripsi dan penjelasannya. Jabaran di atas diambil penulis langsung berdasar pengalaman dan pengamatan selama ini ke berbagai resep kue apem dan kue-kue lainnya.

Membuat Kue Apem Sendiri di Rumah

Anda bisa membuat kue apem sendiri di rumah dengan bahan di atas. Pun, cara buat kue apem di atas adalah apa yang penulis rekomendasikan dan dapat dibuat di rumah tanpa khawatir kesulitan atau terdapat langkah yang ribet dan sulit dilakukan di rumah.

Membuat kue apem di rumah sangat memungkinkan dengan cara pembuatan di atas yang sudah penulis jabarkan. Jangan lupa, selalu utamakan keamanan ketika mempraktekan resep kue apem di atas. Jangan sampai, Anda menyepelekan faktor keamanan.

Wah, jadi seram sekali, ya? Padahal hanya membuat kue apem, hehehe.

Kesimpulan

Sekian bahasan penulis kali ini tentang resep kue apem. Semoga, pembahasan ini membantu Anda untuk menemukan resep, formula, dan inovasi yang tepat dalam membuat kue apem yang enak tiada tara.

Baca juga:  Resep Double Chocolate Puding dan Cara Membuatnya, Enak dan Lembut!

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

simbol apem dan bahan nya -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *