Sering Bikin Kesal, Ternyata Ini Penyebab Banyak Nyamuk Nakal Betah di Rumah!

Penyebab Banyak Nyamuk di Rumah – Siapa sih yang tak kenal nyamuk? Serangga yang satu ini memang termasuk hewan pengganggu yang sudah akrab bagi masyarakat beriklim tropis seperti di Indonesia. Selain dapat membuat rasa gatal, gigitan nyamuk juga perlu diwaspadai sebagai penyebab penyakit berbahaya seperti demam berdarah, demam chikunguya, dan malaria.

Di musim nyamuk seperti sekarang ini, banyak yang bertanya apa saja penyebab banyak nyamuk di kamar mandi, di kamar tidur, dan ruangan rumah lainnya. Seringkali sedang asyik duduk santai tiba-tiba kaki ataupun tangan terasa gatal digigit nyamuk. Anda pun bertanya-tanya, dimana nyamuk bersembunyi? Nyamuk masuk rumah lewat mana? Dan bagaimana cara agar rumah bebas dari nyamuk?

Pada kesempatan kali ini CaraPraktis.Info akan mengulas mengenai beberapa penyebab banyak nyamuk di rumah, mengapa nyamuk betah tinggal di rumah, dan solusi praktis untuk mengusir nyamuk dari rumah.

Penyebab banyak nyamuk di rumah karena ada sarangnya

Penyebab banyak nyamuk di rumah karena ada sarangnya (image: mosquitomagnet.com)

Apa Saja Penyebab Banyak Nyamuk di Rumah ?

Banyak perilaku atau kebiasaan yang sering tidak disadari ternyata mengundang serangga pengganggu untuk masuk ke dalam rumah, salah satunya adalah nyamuk ini.

Rumah Gelap dan Lembap

Udara lembap, hangat, serta lembap sangat disukai nyamuk. Oleh karena itu nyamuk seringkali bersembunyi di Gudang ataupun kamar mandi yang gelap dan pengap.

Banyak Genangan Air

Nyamuk berkembang biak melalui proses metamorfosis. Nyamuk memerlukan air pada fase telur dan larva. Telur dan jentik-jentik nyamuk hanya bisa bertahan hidup di dalam air. Oleh karena itu, nyamuk dewasa akan mencari genangan air sebagai tempatnya bertelur.

Genangan air penyebab banyak nyamuk di rumah dan sekitarnya
Genangan air penyebab banyak nyamuk di rumah dan sekitarnya (image: askwetandforget.com)

Tak hanya wadah-wadah plastik, kaleng, ataupun sampah lainnya, namun ternyata cekungan ataupun lubang di tanah pun berpotensi membuat genangan air dan menjadi tempat hidupnya nyamuk. Genangan air sedikit saja cukup membuat jentik-jentik nyamuk tumbuh.

Tumpukan Barang dan Gantungan Baju

Nyamuk senang sekali bersembunyi di tempat yang gelap dan lembap. Oleh karena itu tumpukan barang dan gantungan baju merupakan tempat persembunyian favorit bagi nyamuk. Itulah sebabnya walaupun Anda sudah menyemprot ruangan dengan obat nyamuk ataupun fogging, tetap saja masih ditemukan nyamuk karena mereka sembunyi di tempat sempit.

Apalagi gantungan baju habis pakai, dimana keringat yang menempel pada pakaian tsb sangat menarik bagi nyamuk untuk menghampiri.

Tanaman-Tanaman Tidak Terawat

Nyamuk biasanya juga sering bersembunyi di daun-daun tanaman terutama yang berbentuk lebar tipis memanjang, juga lubang-lubang pohon. Nyamuk juga suka sekali membangun sarangnya di sela-sela rumput dan tanaman. Nyamuk suka sekali bersembunyi di tempat ini karena gelap, lembap, dan aman dari gangguan hewan pengganggu lainnya.

Banyak “Pintu Masuk” Bagi Nyamuk

Walaupun rumah sudah bersih, terang dan tidak pengap namun kadang masih saja ada nyamuk di dalamnya. Nyamuk ini bisa datang dari daerah sekitar ataupun rumah tetangga lalu masuk ke dalam rumah melalui lubang pintu, jendela, ventilasi maupun lubang-lubang kecil lainnya.

Bagaimana Cara Mengatasi Nyamuk Yang Betah Di Rumah?

Di atas sudah dijelaskan beberapa penyebab banyak nyamuk di rumah. Nah pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mengusir nyamuk dari dalam rumah, bagaimana cara mencegah agar rumah tidak bersarang atau bersembunyi di rumah kita? Dan bagaimana caranya agar rumah bebas nyamuk?

Berikut ini beberapa tips / cara menghilangkan nyamuk di kamar dan bagian rumah lainnya, yaitu:

Perbaiki Sirkulasi Udara

Agar udara di rumah lebih bersih, tidak pengap dan tidak panas, sebaiknya tambah ventilasi udara. Anda juga dapat menambah kipas angin / exhaust fan untuk memperbaiki aliran udara di dalamnya. Cara ini selain dapat mencegah nyamuk bersembunyi di rumah, juga dapat mencegah rumah menjadi lembap.

Tambah Jendela Atau Atap Transparan

Agar rumah Anda lebih terang, tidak gelap, cobalah menambah jendela ataupun atap tembus cahaya seperti dengan memasang genteng kaca ataupun fiber polikarbonat. Cara ini akan menambah cahaya matahari ke dalam sehingga rumah lebih terang.

Jaga Rumah Tetap Bersih dan Rapih

Menjaga kebersihan rumah merupakan syarat wajib agar rumah Anda tidak disukai hewan pengganggu termasuk nyamuk. Cobalah mengurangi tumpukan barang, bila tak memungkinkan simpanlah serapi mungkin agar tak berantakan dan usahakan letakkan di tempat yang jarang digunakan untuk beraktivitas seperti di Gudang.

Baju bekas pakai sebaiknya langsung dicuci dan tidak digantung-gantung. Biasakan menutup lemari untuk mencegah nyamuk masuk ke dalamnya dan secara rutin mengibas-ngibaskan pakaian yang tergantung di dalamnya untuk mengusir nyamuk yang bersembunyi.

Pasang Kassa Nyamuk

Untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar, cobalah pasang kassa nyamuk di lubang ventilasi. Tutuplah jendela dan pintu sebelum hari gelap serta jangan membukanya sebelum terang.

Rawatlah Tanaman Anda

Biasakan untuk melakukan pemangkasan tanaman di rumah Anda, basmi rumput-rumput liar, dan jauhkan tanaman berdaun lebar / panjang dari rumah Anda.

Anda pun dapat mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah dengan menanam tanaman pengusir nyamuk alami seperti bunga lavender, serai, dan akar wangi.

Hilangkan Genangan Air

Selain selalu menguras dan mengganti air di bak mandi / ember di kamar mandi, sebaiknya Anda pun pastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah Anda. Bersihkan halaman rumah dari sampah yang dapat menahan air. Cobalah ratakan permukaan tanah di pekarangan agar tidak ada cekungan yang dapat membuat halaman tergenang. Anda pun dapat membuat lubang biopori untuk memperbaiki daya serap pekarangan rumah Anda.

Nah itulah beberapa informasi seputar penyebab banyak nyamuk di rumah dan solusi praktis mencegah nyamuk bersembunyi di rumah. Semoga bermanfaat ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *