Cara Praktis Membasmi dan Menghilangkan Rumput Liar di Halaman Rumah

Cara Menghilangkan Rumput Liar – Betapa sebalnya kita bila melihat halaman rumah yang sudah ditata sedimikian rupa cantiknya ternyata ditumbuhi rumput liar. Membersihkan rumput liar di halaman rumah layaknya pekerjaan rutinitas yang tak pernah kunjung habis apalagi di musim penghujan karena setelah rumput tsb dihilangkan ternyata rumput tsb akan kembali tumbuh dalam waktu 1-2 bulan. Mungkin timbul pertanyaan dari teman-teman semua, bagaimana cara mengatasi atau membasmi rumput liar yang mudah, aman, murah, dan tanpa perlu menguras tenaga?Baca juga: Cara Praktis Memanfaatkan Air Hujan

Bila sebelumnya Anda terbiasa menghilangkan rumput liar dengan cara mencabuti satu persatu, Anda pasti tahu bahwa cara tsb sangat menguras waktu, tenaga, dan kesabaran ekstra. Memang betul, di toko perkebunan atau pertanian tersedia herbisida sebagai cara tercepat membasmi dan mematikan rumput liar tetapi sebaiknya herbisida non-organik dan tidak alami dihindari saja karena penggunaan dalam jumlah besar dapat merusak ekosistem di lingkungan rumah Anda.

cara murah menghilangkan rumput liar

image credit: flickr.com

Nah pada kesempatan kali ini Cara Praktis akan membagikan cara mudah membasmi dan menghilangkan rumput liar di halaman rumah Anda dengan aman, menggunakan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh, dan tentunya lebih hemat biaya. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini ÔÇŽ

Baca juga: 4 Cara Mudah Membuat Desain Rumah Hemat Energi Yang Murah

Cara Mudah Membasmi dan Menghilangkan Rumput Liar di Pekarangan Rumah Anda

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membasmi dan mematikan rumput liar di halaman rumah Anda.

1. Cara Menghilangkan Rumput Liat Dengan Cara Menutupinya

Rumput seperti halnya tanaman lain memerlukan cahaya matahari dan oksigen untuk fotosistesis atau membuat makanan untuk kehidupannya. Menutupi rumput liar dengan bahan-bahan yang tidak tembus cahaya seperti koran atau tirai yang sudah tidak terpakai lagi dapat mematikan rumput liar tsb sampai ke akarnya.

Cara menghilangkan rumput liar tsb dapat dilakukan dengan menutupi rumput liar tsb dengan 10 lembar koran yang telah dibasahi sebelumnya, lalu tutupi koran tsb dengan pupuk kompos atau jerami kering. Bila kemudian pupuk kompos atau tumpukan jerami tsb ditumbuhi rumput juga, lakukan cara yang sama yaitu gunakan 10 lembar koran lalu tutupi kembali dengan kompos atau jerami. Begitu selanjutnya. Cara ini selain efektif membasmi dan menghilangkan rumput liar juga sangat baik untuk menutrisi tanah. Tapi ingat jangan sampai menutupi tanaman yang Anda inginkan ya, karena tanaman kesayangan Anda berisiko akan mati juga.

2. Cara Mematikan Rumput Liar Menggunakan Garam

Garam adalah bahan yang selalu tersedia di setiap dapur, ternyata dapat digunakan pula untuk membasmi dan menghilangkan rumput liar. Cukup taburkan garam di tempat yang ditumbuhi rumput liar. Garam tsb akan menghisap kelembaban sehingga rumput akan mengering dan mati.

3. Cara Membasmi Rumput Liar Menggunakan Air Mendidih

Bila Anda sering membuat rebusan sayur atau merebus apa saja seperti mie instan, jangan buang begitu saja air sisa rebusannya, namun gunakan untuk menyiram rumput liar. Cara menghilangkan rumput liar dengan air mendidih dapat membuat tanaman menciut dan mati.

4. Cara Mengatasi Rumput Liar Menggunakan Cuka

Cuka mengandung asam asetat yang dapat membunuh tanaman termasuk rumput liar. Cuka sangat efektif dalam membasmi dan menghilangkan rumput liar yang masih muda atau baru tumbuh. Namun sebaiknya Anda hati-hati dalam menggunakan cuka ini, karena tanaman lain yang terkena semprotan cuka juga akan mengalami kematian.

5. Cara Menghilangkan Rumput Liar Menggunakan Sabun

Bahan lainnya yang mudah ditemui di dapur namun memiliki khasiat membasmi dan menghilangkan rumput liar adalah sabun. Untuk hasil terbaik, Anda dapat menambahkan beberapa tetes cabun cuci piring cair ke cuka lalu semprotkan ke rumput liar tsb. Keuntungan menggunakan sabun juga memberikan tanda kilau pada daun sehingga memudahkan Anda mengindentifikasi rumput mana yang telah disemprot.

Video dari youtube berikut ini mungkin dapat meng-inspirasi Anda bagaiman cara penggunaan sabun cuci dan cuka untuk membasmi dan menghilangkan rumput liar.

Itulah 5 cara mudah membasmi dan menghilangkan rumput liar di pekarangan rumah Anda. Namun ingat lindungi tanaman lain dari bahan-bahan tsb agar tidak mengalami nasib yang sama. Sebetulnya ada cara lain yang tak menggunakan bahan sama sekali yaitu dengan membuat pemisah atau menggunakan batas antara tiap kelompok tanaman misalnya menggunakan kayu atau batu-batuan sehingga rumput tidak dapat hidup di ruangan sebagai jarak tiap tanaman. Hukum alam akan berlaku, bila tanaman Anda tumbuh sehat dan kuat maka rumput liar pun tak bisa tumbuh.

Referensi:

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara membasmi rumput liar agar tidak tumbuh lagi -cara membasmi rumput liar -Cara mematikan rumput -cara membasmi rumput liar dengan garam -cara membasmi rumput -cara mematikan rumput liar secara permanen -CARA MEMATIKAN RUMPUT LIAR -cara membasmi rumput liar di kebun -cara membunuh rumput liar -membasmi rumput liar dengan garam -

4 thoughts on “Cara Praktis Membasmi dan Menghilangkan Rumput Liar di Halaman Rumah

  1. Nggak juga, Pak! Kadang ada juga pakai pembakar rumput liar (weed burner), alat pencabut rumput liar (weeder) dan alat pencabut rumput liar (steam weeder). Jikalau anda ingin lihat seperti apa gambar-gambarnya, ketik kata-katanya yang tercantum di huruf dengan bahasa Inggris Google Image.

    1. Terima kasih mas Hariman atas informasinya. Informasi tsb tentunya sangat berguna bagi saya & pembaca yg sedang mencari solusi untuk membersihkan rumput di halaman ataupun kebun. Salam sukses!

  2. kalau aku sih memakai pembersih toilet.tanaman langsung mati g nunggu esok hari . ini juga aku pakai membunuh ulat.hama ulat langsung wafat dan mengecil…ih geli..btw makasih infonya gan, sangat bermanfaat

    1. Iya betul, pembersih toilet / kamar mandi sangat ampuh membasmi rumput termasuk hewan pengganggu. Saya pribadi pernah membunuh ular kecil pakai cairan tsb. Dan memang betul ularnya langsung menciut. Namun cara tsb kurang ramah lingkungan, jadi bila digunakan secara rutin dikhawatirkan menganggu keseimbangan ekosistem alam :-).
      Anyway, terima kasih sudah berbagi di CaraPraktis.Info … ­čÖé

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *