Cara Praktis Membuat Kompos Sendiri Menggunakan Sampah Rumah dan Kebun

Cara Membuat Kompos Sendiri – Tumpukan sampah seringkali mengganggu penglihatan, menimbulkan bau tak enak dan mengganggu kesehatan. Sekarang sudah bukan jamannya lagi membuang sampah sembarangan dan membuat masalah lingkungan. Tapi sekarang adalah jamannya bagaimana kita dapat mengurangi produksi sampah dan mengolah sampah tsb menjadi lebih berdaya guna. Salah satu cara memanfaatkan sampah rumah tangga adalah dengan membuat pupuk kompos.

Pupuk kompos dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman baik tanaman hias, tanaman sayuran maupun tanaman buah. Dengan demikian Anda tak perlu lagi membeli pupuk tanaman lagi, sehingga lebih hemat. Bila Anda berpikir cara membuat kompos itu susah dan ribet, Anda perlu melihat ulasan berikut ini. Bahkan Anda pun sebetulnya tak perlu membeli wadah pembuatan kompos sendiri loh! Cukup dengan lahan luas 1 m2 maka Anda sudah dapat memproduksi kompos yang 100% work.

Tapi sebelum membahas mengenai proses dan cara membuat kompos dari sampah organik rumah tangga, sebaiknya Anda siapkan dulu bahan dan peralatannya.

cara membuat kompos sendiri menggunakan sampah rumah dan kebun
cara membuat kompos sendiri menggunakan sampah rumah dan kebun (image: hortmag.com)

Baca juga: 3 Cara Mudah Mengolah Sampah Rumah Tangga Agar Dapat Berguna Kembali

Bahan dan Alat Yang Diperlukan Dalam Pembuatan Kompos

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum menggunakan cara membuat kompos sendiri di rumah,yaitu:

  1. Bahan “coklat” yang kaya karbon seperti rontokan daun, jerami, rontokan bunga, dan potongan koran bekas.
  2. Bahan “hijau” yang kaya nitrogen seperti potongan rumput, sampah dapur (seperti kulit buah, sisaan potongan sayur, tapi bukan sampah dari sisaan daging atau produk hewani), kotoran ternak pemakan tanaman. Kotoran kucing dan kotoran anjing ataupun kotoran hewan karnivora (pemakan daging) tidak boleh dimasukkan ke dalam bahan pembuatan kompos.
  3. Satu atau dua sekop tanah kebun.
  4. Lahan untuk membuat kompos dengan ukuran 1×1 meter, bisa di halaman rumah, sebaiknya tempat yang teduh dan terhindar dari hujan atau genangan air. Atau Anda dapat menggunakan wadah kompos khusus agar terlihat rapih dan bersih.
  5. Sebaiknya jumlah bahan “coklat” dan bahan “hijau” memiliki proporsi 3:1.
  6. Garpu kebun atau sekop.

Baca juga: Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri di Rumah

Tips Cara Membuat Kompos Sendiri di Rumah Langkah Demi Langkah

Setelah bahan dan alat-alat pembuatan kompos di atas disiapkan, langkah selanjutnya adalah proses pengolahan sampah menjadi kompos itu sendiri. Berikut tahap-tahap pembuatan kompos dari sampah rumah tangga, yaitu:

  1. Taburkan bahan coklat yang telah dipotong-potong kecil di tempat yang telah disediakan tadi dengan ketebalan beberapa sentimeter.
  2. Tutupi taburan bahan coklat tadi dengan bahan hijau yang telah dipotong kecil-kecil dengan ketebalan beberapa sentimeter juga.
  3. Lapisi bahan hijau dengan lapisan tanah kebun.
  4. Basahi 2 lapisan di atas dengan air hingga lembap
  5. Ulangi proses no. 1 hingga no. 4 hingga ketinggian 1 meter.
  6. Setiap beberapa minggu, gunakan garpu kebun atau sekop untuk membolak-balikan lapisan kompos tadi. Cobalah untuk memindahkan bagian tengah kompos ke bagian luar, dan bagian luar ke dalam.
  7. Pastikan juga lapisan kompos tetap lembab tapi tidak basah, lembek atau becek.
  8. Saat pertama kali Anda membolak-balikkan lapisan kompos, mungkin Anda akan melihat uap. Hal ini normal dan merupakan tanda bahwa proses komposting telah terjadi sebagai akibat penguraian beberapa bahan kompos tadi. Beberapa minggu kemudian, saat Anda membolak-balikkan lapisan kompos, Anda akan melihat cacing tanah di dalamnya dan lapisan kompos akan berupan menjadi menghitam serta tercium bau kompos yang khas.
  9. Ambil kompos yang berwarna hitam tadi sebagai pupuk tanaman di halaman rumah Anda.
  10. Bila masih ada sisa material yang belum terurai sempurna, Anda dapat menggunakannya untuk pembuatan kompos berikutnya agar prosesnya lebih cepat lagi.
Baca juga:  Tanaman Pengusir Tikus Yang Dapat Digunakan Di Taman Kesayangan Anda

Nah itulah cara membuat kompos sendiri di rumah dengan memanfaatkan sampah rumah tangga. Yuk mulai sekarang kita pilah sampah. Sampah sisa buah atau sayuran dapat digunakan untuk membuat pupuk kompos atau digunakan dalam pembuatan biopori. Sementara sisa sampah anorganik seperti botol plastik dll dapat dimanfaatkan untuk membuat aneka kreasi unik. Yuk cintai lingkungan sekarang juga! Semoga informasi di atas dapat bermanfaat …

Sumber Referensi: rodalesorganiclife.com

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

Tanah kebun becek -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *