Cara Praktis Merawat Lemari Dari Serbuk Kayu / Particle Board Agar Lebih Awet

Tips Merawat Lemari Dari Serbuk Kayu / Partikel Board – Dulu kala, particle board yaitu papan kayu yang dibuat dari sisa serbuk / gergajian kayu yang kemudian dicampur lem khusus lalu dipadatkan dan dicetak sehingga bentuknya menyerupai kayu utuh, sebetulnya digunakan hanya untuk mendaur ulang sisa olahan kayu. Namun ternyata furniture yang dibuat dari particle board ini cukup banyak diminati masyarakat karena desain yang bagus dan harga murah. Salah satu produsen yang terkenal dengan furniture particle board ini adalah Olympic. Saking terkenalnya, bahkan masyarakat lebih senang menggunakan nama olimpik dibandingkan serbuk kayu / particle board. Jadi bila Anda mencari lemari particle board maka Anda dapat menyebutkan lemari olimpik dan penjual pun akan melayani dengan aneka pilihan lemari serbuk kayu.

Baca juga: Cara Praktis Membuat Kompos Sendiri Menggunakan Sampah Rumah dan Kebun

Beberapa kelebihan particle board dibandingkan kayu utuh adalah lebih ringan, lebih mudah dibentuk, dan pastinya lebih murah. Walaupun memiliki banyak kelebihan, furniture serbuk kayu juga memiliki beberapa kekurangan, terutama dari segi ketahanannya. Bila Anda sekarang ini sudah memiliki lemari dari serbuk kayu, tentunya Anda sudah tahu bahwa lemari tsb sangat mudah jamuran dan tidak tahan air. Oleh karena itu Anda pun harus mengetahui cara merawat lemari dari serbuk kayu tsb agar lebih awet dan tahan lama.

cara merawat lemari dari serbuk kayu
Bagaimana cara merawat lemari dari serbuk kayu agar tidak cepat jamuran dan rusak?

Tips Cara Merawat Lemari dari Serbuk Kayu dan Tips Perawatan Lemari Olimpik

Nah berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan untuk merawat lemari particle board di rumah Anda, yaitu:

  1. Baca petunjuk perakitan dan perawatannya

Lemari particle board biasanya dijual dalam bentuk bagian-bagian yang perlu dirakit dengan sistem knock down. Biasakan untuk selalu membaca petunjuk penggunaan dan cara perakitannya agar tidak salah pasang yang menyebabkan Anda harus bongkar pasang ulang. Dan ini artinya akan membuat ketahanan furniture berkurang.

  1. Hindari penempatan lemari particle board di ruangan yang lembap

Jangankan kena air, disimpan di tempat lembap atau ruangan dengan sirkulasi udara kurang lancar dapat membuatnya cepat berjamur. Cara merawat lemari dari serbuk kayu yang berikutnya adalah menghindari meletakan furniture tsb di ruangan yang lembab. Bila kondisi rumah Anda memang lembab, sebaiknya hindari membeli lemari dari serbuk kayu atau perbaiki dulu kondisi ruangan di rumah Anda.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Kamar Tidur Yang Lembab dan Berjamur dengan 5 Langkah Saja!

Hindari menaruh gelas, botol, vas bunga berair di atasnya karena air sangat rentan tertumpah dan merusak ketahanan furniture serbuk kayu.

Baca juga:  Cara Praktis Mengusir dan Mengatasi Rayap di Rumah Anda

Bila lemari sudah terlanjur berjamur dan terkena tumpahan air, segera bersihkan, gunakan kainĀ  lap kering atau kain lap yang dibasahi minyak pelumas atau furniture polish, lalu jemur sampai kering.

Baca juga: Cara Praktis Mengatasi Jamur Pada Lemari

  1. Tempatkan lemari serbuk kayu di ruangan dengan permukaan rata

Cara merawat lemari dari serbuk kayu yang ketiga adalah hindari penempatan lemari tsb di permukaan lantai yang tak rata atau tinggi sebelah. Permukaan yang tak rata justru dapat mempercepat kerusakan furniture particle board karena beban yang ditanggung masing-masing bagian tidak sama sehingga sambungannya longgar dan strukturnya pun mudah goyah.

  1. Angkat lemari saat akan memindahkan

Saat akan memindahkan lemari sebaiknya minta bantuan orang lain dan jangan pernah melakukannya sendiri. Sebaiknya pindahkan lemari dengan cara mengangkatnya dari bagian bawahnya. Jangan pernah menggesernya tanpa mengangkatnya karena berisiko kaki-kaki penopang kecilnya bisa patah dan terlepas.

  1. Hindari mengelupas lapisan luarnya

Tingkah polah anak-anak memang ada-ada saja. Kadang ada anak yang iseng mengelupas lapisan melamin pelapis particle board tsb. Lapisan melamin tsb berfungsi melindungi serbuk kayu agar tak mudah menyerap uap air. Sebaiknya peringatkan anak-anak untuk tidak mengelupas lapisan tsb, atau bila sudah terlanjur usahakan untuk menutupnya agar lebih awet.

  1. Bersihkan secara berkala

Cara merawat lemari dari serbuk kayu yang terakhir adalah sebaiknya dibersihkan secara berkala. Gunakan lap kering atau lap yang telah disemprotkan furniture polish untuk membersihkannya dari kotoran dan debu.

Nah itulah 6 cara merawat lemari dari serbuk kayu yang dapat Anda lakukan. Agar lebih awet dan tahan lama, rawatlah lemari particle board Anda sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat ..

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

agar lemari olimpik tidak cepat rusak -cara merawat kayu serbuk -cara agar kayu lemari awet -lemari beebahan serbuk kayu -cara memotong lemari dari bahan serbuk kayu -lemari yang terbuat dari serbuk kayu -tips merawat bahan serbuk kayu -Cara membuat lemari kayu serbuk kayu tidak berjamur -cara membuat lemari bahan kayu serbuk tahan lama -cara agar bahan serbuk kayu tidak berjamur -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *