Begini Cara Mengatasi Kamar Tidur Yang Lembab dan Berjamur Dengan 5 Langkah Saja!

Cara Mengatasi Kamar Tidur Yang Lembab dan Berjamur – Tingginya kelembaban udara di negara kita memang merupakan salah satu penyebab mengapa rumah kita mudah sekali lembap. Namun ternyata itu bukanlah penyebab utama karena masih ada penyebab lainnya seperti kurangnya sirkulasi udara, adanya kebocoran saluran air, dan kebocoran dari atap rumah. Bila ini dibiarkan tentunya rumah kita terasa lembab, pengap, dan membuat penghuninya merasa tak nyaman.

Kamar tidur yang lembap selain menjadi pemicu terjadinya aneka gangguan kesehatan, juga menjadi penyebab tembok kamar berjamur, berbau dan bahkan merusak aneka perabotan yang ada didalamnya. Oleh karena itu penting sekali mengetahui cara mengatasi kamar tidur yang lembab dan berjamur ini serta cara mengubah kamar tidur yang lembab menjadi kering dan nyaman.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, CaraPraktis.Info akan mengulasnya untuk Anda mengenai solusi dan cara mengatasi kamar tidur yang lembab beserta cara mencegah rumah menjadi lembap.

cara mengatasi kamar tidur yang lembab dan berjamur dengan 5 langkah saja
cara mengatasi kamar tidur yang lembab dan berjamur (image: handlemyhome.com)

Baca juga: Cara Praktis Mengatasi Jamur Di Tembok Rumah

Tips dan Cara Mengatasi Kamar Tidur Yang Lembab, Berbau, dan Berjamur

Berikut ini adalah beberapa cara mengubah kamar tidur yang lembab menjadi kering dan nyaman, yaitu:

Cari Penyebab Kamar Tidur Lembap

Solusi mengusir kelembaban di kamar tidur maupun ruangan lain di rumah yang pertama adalah dengan mengidentifikasi penyebab ruangan tsb menjadi lembab, apakah karena tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, apakah tidak terdapatnya sirkulasi udara yang cukup, apakah ada celah di dinding yang membuat rembesan dari air tanah ataupun air hujan, atau apakah karena ada kebocoran dari atap maupun saluran air.

Nah bila Anda sudah mengetahui sumber kelembaban kamar tsb sekarang saatnya Anda menghilangkan penyebabnya tsb sebagai cara mengatasi kamar tidur yang lembab dan berjamur.

Misalnya bila karena kurangnya cahaya matahari, Anda dapat menyiasatinya dengan membuat jendela tambahan atau menggunakan genteng kaca sebagai sumber cahaya di siang hari.

Bila kamar tsb dirasa kurang udara atau sumpek, maka Anda dapat menambah lubang angin, membuka jendela setiap pagi, atau menambah exhaust fan.

Baca juga:  Cara Praktis Mencegah Ular Masuk Rumah dan Tips Menghilangkan Ular dari Rumah

Bila ada retakan di tembok ataupun di genteng yang menjadi penyebab rembesan air hujan, cobalah untuk menambalnya atau mengganti genteng yang pecah

Baca juga: 3 Cara Praktis Menambal Genteng Bocor

Bila ada saluran air yang bocor, Anda dapat menambal pipa bocor atau menggantinya hingga masalah rembesan air karena saluran air yang bocor ini bisa teratasi.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Kebocoran Pipa Air Penyebab Rembesan di Rumah

Beri Tambahan Ventilasi

Bila dengan cara pertama masih belum berhasil, silahkan lanjut ke cara mengatasi kamar tidur yang lembab berikutnya, yaitu dengan memberikan ventilasi tambahan karena mungkin lubang ventilasi yang ada tidak cukup. Bila tidak memungkinkan membuat ventilasi keluar karena berdempetan dengan rumah tetangga, Anda dapat mengatasinya dengan membuat ventilasi di atas pintu ataupun di atap / langit-langit.

Kriteria ventilasi yang baik adalah memiliki luas total ventilasi sedikitnya 15% dari ukuran lantai ruangan, sebaiknya lubang ventilasi dibuat saling berhadapan sehingga sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Menggunakan Exhaust Fan

Bila memberikan tambahan lubang ventilasi tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan exhaust fan sebagai cara mengatasi kamar tidur yang lembab tsb serta mengusir kelebihan kelembaban di rumah Anda. Exhaust fan tentunya beda dengan kipas angin biasa karena alat ini dapat menarik udara di dalam kamar (input) dan membuangnya (output).

Setidaknya ada 3 jenis exhaust fan yang ada di pasaran dengan kisaran harga 200-300 ribuan, ada yang dipasang di jendela, di dinding, dan di atap / plafon.

Menggunakan Cat Dinding Anti Lembab

Dinding rumah bisa saja retak sejalan perjalanan usia maupun pengaruh cuaca. Untuk mencegah terjadinya retakan pada dinding rumah dan merupakan cara mengatasi kamar tidur yang lembab karena rembesan air hujan, Anda dapat menggunakan cat dinding anti lembab / water proof untuk melapisi plesteran dinding rumah luar, asbes, genteng, dll.

Baca juga: 3 Cara Mudah Memilih Warna Cat Dinding Luar Rumah Yang Tepat

Menggunakan Alat Penyerap Kelembaban

Sebagai opsi terakhir cara mengatasi kamar tidur yang lembab adalah dengan menggunakan alat penyerap kelembaban seperti alat serap air yang berisi silika gel yang dapat direfill / diganti bila bahan di dalam wadah sudah habis atau dapat juga menggunakan dehumidifier. Harga alat serap air berkisar 20-30 ribuan / wadah, sementara dehumidifier berkisar antara ratus ribuan hingga jutaan tergantung spesifikasinya.

Baca juga:  Desain Taman Rumah Dengan Gazebo Artistik Dan Nyaman

Nah itulah 5 cara mengatasi kamar tidur yang lembab dan berjamur yang dapat Anda coba. Semoga cara menghilangkan kelembaban di ruangan yang mudah di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

mengatasi kamar lembab -mengatasi kamar lembab berjamur -cara mengatasi ruangan lembab dan berjamur -cara mengatasi ruangan yang lembab -cara mengatasi kamar lembab -cara mengatasi kamar yang lembab -cara mengatasi kamar yang lembab dan berjamur -kamar lembab -https://carapraktis info/2017/10/cara-mengatasi-kamar-tidur-yang-lembab html/ -bagaimana tidak ada jamur pengap dikamar -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *