Cara Mengusir Laron dari Rumah dengan Cepat dan Mudah

Hujan di malam hari kadang mengundang binatang kecil yang tak diinginkan, salah satunya laron. Yap, laron seringkali datang mengerubungi sumber cahaya lalu menyisakan sampah sayap-sayap berserakan. Badan laronnya sendiri seringkali merayap di lantai membuat gelik. Cara termudah mengatasi laron adalah dengan mematikan lampu. Namun adakah cara mengusir laron selain mematikan lampu? Atau bagaimana cara mengusir binatang kecil di lampu?

Selain muncul saat musim penghujan, rumah banyak laron juga pertanda ada rayap di rumah ataupun sekitar rumah Anda. Yap, laron merupakanlah hasil metamorfosis dari rayap. Rayap merupakan salah satu binatang kecil yang seringkali merusak kayu.

Nah sebelum membahas mengenai cara membasmi laron yang merusak kayu,  sebaiknya kenali dulu penyebab adanya laron, dengan demikian akan lebih mudah untuk mencari cara mengatasi gangguan laron ini.

cara mengusir laron dari rumah

Cara membasmi laron dari rumah

Apa Saja Penyebab Adanya Laron?

Mungkin banyak orang yang belum tahu bahwa laron adalah rayap. Rayap sendiri sudah dikenal sebagai hama pemakan kayu. Nah bila Anda memiliki rumah menggunakan bahan kayu ataupun furnitur kayu, sebaiknya lindungi rumah dan furnitur Anda tsb dari serangan rayap. Anda dapat menghilangkan rayap tsb sendiri atau menggunakan jasa pembasmi rayap.

Laron sebetulnya adalah metamorfosis rayap. Saat masih menjadi rayap, serangga ini masih belum memiliki sayap. Nah pada saat dewasa lah, binatang kecil ini kemudian bersayap lalu terbang yang kita kenal dengan nama laron.

Laron ini akan terbang mendekati sumber cahaya untuk menghangatkan diri dan mencari pasangan untuk kemudian membuat sarang baru dan bereproduksi. Masa hidup laron hanya semalam saja, sementara laron yang tak berhasil mendapatkan pasangan akan mati. Pasangan laron ini biasanya akan membuat sarang di dalam kayu ataupun di bawah tanah dengan konstruksi unik walaupun sebetulnya laron tidak mendengar dan tidak melihat.

Dalam masa hidupnya, laron lebih banyak menghabiskan hidupnya sebagai rayap. Koloni rayap ini memiliki ratu dan rayap prajurit / pekerja. Ratu bertugas menghasilkan telur sementara rayap lainnya bertugas melindungi telur, mencari makanan, dan membuat sarang.

Penyebab adanya laron adalah rayap karena laron adalah metaformosis dari rayap.
Penyebab adanya laron adalah rayap karena laron adalah metaformosis dari rayap. (image: termiteinsect.info)

Lalu Bagaimana Cara Mengusir Laron dari Rumah?

Laron biasanya akan keluar mencari sumber cahaya seperti lampu rumah pada awal musim hujan, namun kadang ada juga laron yang keluar saat tak hujan. Nah bila laron datang saat tak hujan, coba perhatikan apakah laron tsb hanya ada di rumah Anda atau ada di rumah tetangga juga? Bila laron tsb hanya ada di rumah Anda maka kemungkinan besar bila sarang laron tsb ada di dalam rumah Anda.

Oke langsung saja berikut ini adalah beberapa cara mengusir laron di kamar ataupun di rumah Anda:

Cara Mengusir Laron dari Rumah dengan Mematikan Lampu

Cara mengusir laron dari rumah yang termudah adalah dengan mematikan lampu. Bila lampu tsb mati, maka laron akan pergi dengan sendirinya mencari sumber cahaya lain untuk menghangatkan tubuh dan mencari pasangannya. Setelah laron pergi, Anda pun dapat menyalakan lampu kembali.

Nah bila Anda enggan menggunakan cara ini karena merasa gelap / paranoid, Anda dapat menggunakan cara mengusir laron selain mematikan lampu berikut ini.

Cara Membasmi Laron dengan Menggunakan Jebakan Air

Menjebak laron masuk ke dalam air sudah seringkali digunakan sejak jaman dulu kala. Bahkan ada masyarakat yang menggunakan laron yang terjebak ini untuk kemudian diolah menjadi peyek laron atau kuliner ekstrim lainnya. Bila Anda suka, silahkan dicoba ya, rasanya cukup enak kok J.

Cara membuat jebakan laron ini adalah dengan meletakan ember atau baskom berisi air di bawah sinar lampu yang dikerubungi laron. Laron pun akan menghampiri pantulan cahaya di dalam air, tercebur air lalu mati.

Cara Mengatasi Laron dengan Cabe Merah

Laron ternyata tak suka aroma pedas dari cabe. Cara membasmi laron dengan cabe ini cukup mudah yaitu dengan memilih cabe merah dengan ukuran cukup besar. Lalu buat turihan / sayatan memanjang agar aroma pedasnya keluar namun jangan sampai terbagi 2. Lalu gantungkan cabe tsb dekat lampu yang dikerubungi laron. Hasilnya laron pun akan berjatuhan.

Cara Menghilangkan Laron dengan Insektisida

Bila dengan 3 cara mengusir laron dari rumah secara alami di atas masih kurang efektif atau dirasa merepotkan, Anda dapat menggunakan insektisida / pembasmi serangga.

Dengan insektisida, Anda dapat membasmi laron sekaligus membasmi rayap yang ada di rumah / sekitar rumah Anda asalkan Anda dapat menemukan sarang rayap tsb. Anda pun dapat langsung menyemprotkan insektisida pada laron yang mengerumuni cahaya lampu. Walaupun ampun, namun Anda harus hati-hati, pastikan Anda mematuhi petunjuk penggunaan insektisida agar tetap aman.

Cara Membasmi Laron Sampai Ke Akarnya dengan Jasa Pembasmi Rayap

Nah bila Anda sudah menggunakan 4 cara mengusir laron dari rumah di atas namun tetap laron selalu datang berulang, maka sangat mungkin bila di rumah atau sekitar rumah Anda ada sarang rayap.

Untuk membasmi laron sampai ke telurnya, Anda dapat menggunakan jasa pembasmi rayap yang dapat Anda temukan di internet. Pastikan Anda memilih jasa pengusir rayap yang terpercaya ya.

Nah itulah berbagai cara mengusir laron dari rumah yang dapat Anda coba di rumah. Semoga masalah gangguan laron di malam hari pun dapat segera teratasi. Bila laron telah mati ataupun pergi biasanya masih menyisakan sayapnya. Cara membersihkan sayap laron yang berserakan pun sangat mudah, cukup dengan disapu saja. Semoga bermanfaat …

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

binatang kecil bersayap laron -cara menghilangkan laron -cara mengusir laron kecil di lantai -laron -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *