Cara Praktis Mengusir dan Mengatasi Rayap di Rumah Anda

Cara Mengatasi Rayap di Perabotan Rumah – Salah satu musuh bebuyutan barang perabotan rumah / furnitur yang terbuat dari kayu adalah rayap. Perlu dilakukan langkah pencegahan dan perawatan agar furnitur bebas rayap. Perlu Anda ketahui, rayap merupakan salah satu jenis serangga yang cepat berkembang biak dalam jumlah banyak. Selain membuat pemandangan kurang enak, rayap juga justru membuat perabotan atau rumah kayu Anda menjadi cepat rusak dan tidak tahan lama.

Salah satu langkah bijak sebelum memilih atau membeli furnitur kayu adalah dengan memeriksa keberadaan rayap ini yang ditandai dengan adanya lubang-lubang kecil ataupun tanda pelapukan. Selain itu, Anda pun dapat melakukan pengecatan untuk mencegah rayap datang.

Lalu bagaimana bila furnitur kayu atau kusen kayu terlanjur dimakan rayap? Bagaimana cara mengusir rayap dari perabotan rumah tsb? Bagaimana cara menghilangkan rayap? Bagaimana cara membasmi rayap di plafon rumah? Bagaimana cara mengatasi rayap di kusen pintu? Nah pada kesempatan kali ini, CaraPraktis.Info akan mengulasnya untuk Anda …

cara mengatasi rayap di rumah
cara mengatasi rayap di rumah (image: orkin.com)

Mengenal Apa Itu Rayap?

Rayap adalah serangga hama dari ordo Blattodea yang dapat mengganggu kenyamanan suatu rumah karena sering memakan material kayu yang dihuninya.

Sebelum mengulas mengenai cara mengusir dan cara mengatasi rayap di rumah Anda, sebaiknya yuk kenali dulu rayap ini ..

Berikut adalah beberapa fakta penting mengenai rayap yang harus setiap pemilik rumah ketahui:

  • Rayap sangat suka daerah lembab dan memerlukan air untuk berkembang biak
  • Rayap tidak pernah berhenti memakan kayu selama 24 jam/hari
  • Salah satu jenis rayap – rayap Subterranean tinggal dibawah tanah
  • Ratu rayap dapat hidup 5 hingga 10 tahun, dan menghasilkan 160,000 telur dalam 1 tahun
  • Sebuah koloni rayap terdari atas: 95% rayap pekerja, dan 5% rayap prajurit
  • Rayap membangun terowongan atau lebih dikenal sebagai tabung lumpur yang terbuat dari dari lumpur, kotoran dan air liur untuk memudahkan mereka bergerak di bawah tanah ke daratan

Cara Mencegah Rayap Menyerang Perabotan Rumah Anda

Berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan agar rumah dan perabotan rumah tidak diserang rayap, yaitu:

  • Memperbaiki semua ubin yang rusak, untuk mencegah uap air masuk ke dalam rumah dan menarik rayap.
  • Memperbaiki / menutup setiap retakan dan celah yang ada disekitar tembok rumah, untuk menutup kemungkinan rayap menyelinap masuk kedalam rumah Anda
  • Memperbaiki dan mengatasi kebocoran pipa di rumah Anda untuk menghilangkan kondisi lembab yang disukai oleh rayap.
  • Membuang puing-puing kayu yang terdapat berdekatan dengan dinding rumah, karena dapat mendorong rayap untuk bersembunyi dan tinggal di dalammnya.
  • Memiliki taman yang jauh dari bangunan rumah untuk tidak memberikan akses rayap masuk kedalam rumah Anda.
  • Untuk material kayu yang akan digunakan sebagai penopang rumah, disarankan merendam kayu-kayu tersebut di sungai selama 4-6 bulan terlebih dulu. Tujuannya agar struktur kayu tersebut menjadi jauh lebih kokoh dan lebih kuat. Perendaman juga sekaligus berguna untuk melunturkan zat-zat di dalam kayu yang bisa menarik perhatian rayap. Sehingga, hal ini memungkinkan rayap tidak tertarik lagi menggerogoti kayu-kayu rumah anda.
  • Jangan ragu-ragu untuk memilih jenis kayu yang terkenal mempunyai kualitas yang tinggi seperti jati, kamper, dan ulin. Di samping itu, pilih juga furnitur yang terbuat dari bahan kayu berumur tua yang ditandai dari warnanya yang cokelat pekat dengan guratan-guratan yang tebal dan banyak. Kayu yang sudah dikeringkan secara sempurna juga terbukti tidak diminati lagi oleh rayap-rayap.

Cara Mengatasi Rayap di Kusen Pintu, Plafon Rumah, Jendela, dan Furnitur Kayu

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mematikan dan membasmi rayap dari rumah Anda. Obat anti rayap yang menggunakan bahan kimia memang cukup ampuh namun ingat juga bahwa kebanyakan insektisida tidak ramah lingkungan dan mungkin dapat membahayakan kesehatan Anda yang tinggal di lingkungan tsb.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai beberapa tips mengusir dan menghilangkan rayap dari rumah Anda secara alami, yaitu:

Kurangi Kelembaban

Baca juga:  Cara Agar Kolam Ikan Tidak Mudah Keruh

Kondisi ruangan yang lembap memang tidak baik untuk furnitur kayu Anda. Selain dapat menyebabkan perabotan rumah jamuran juga dapat memancing rayap untuk datang. Rayap memang memerlukan kelembaban untuk hidupnya. Cobalah untuk menambah sirkulasi udara dan membersihkan ruangan rumah secara teratur. Dengan membuat lingkungan rumah tetap bersih dan tidak pengap akan mencegah rayap untuk datang ke rumah Anda.

Manfaatkan sinar matahari

Rayap sangat suka tinggal di tempat yang gelap dan sejuk. Cahaya dan panas matahari sangat dibenci rayap. Pastikan sinar matahari masuk ke dalam rumah Anda. Namun bila perabotan kayu Anda terlanjur diserang rayap maka gunakan sinar matahari untuk menjemurnya. Untuk membasmi rayap tanah secara alami dapat dilakukan dengan menjemur furnitur kayu selama 2-3 jam. Untuk hasil terbaik, ulangi proses penjemuran ini selama beberapa hari.

Gunakan AC

Salah satu cara membasmi rayap secara alami yang paling efektif adalah dengan memaparkannya pada suhu ekstrim. Selain dengan pemanasan dengan sinar matahari, Anda pun dapat mendinginkan furnitur kayu Anda menggunakan AC pada temperatur paling rendah. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar dengan suhu lingkungan yang panas dan memerlukan AC / pendingin udara. Perubahan suhu yang esktrim ini dapat menghilangkan rayap dengan mudah. Bila memungkinkan, pindahkan furnitur yang terserang rayap ke ruangan yang ber-AC tsb.

Bersihkan genangan air

Genangan air diperlukan rayap untuk hidupnya. Oleh karena itu untuk mencegah rayap berkembang biak, segera hilangkan genangan air baik di halaman rumah maupun di selokan sekitar rumah Anda terutama saat musim penghujan. Menghilangkan genangan air selain dapat menghilangkan rayap juga dapat menghilangkan nyamuk.

Membuat perangkap rayap dengan kardus

Salah satu cara mengusir rayap yang ada dalam furnitur adalah dengan membuat perangkap rayap. Salah satu cara yang cukup ampuh adalah dengan menggunakan umpan kardus. Rayap suka sekali makan selulosa yang ada pada kardus. Caranya cukup dnegan membasahi beberapa lembar kardus lalu letakkan di sekitar furnitur yang berlubang / tempat sarang rayap. Kardus yang lembap sangat disukai oleh rayap. Bila kardus sudah penuh dengan rayap, langsung ganti dengan yang baru. Kardus yang sudah berayap ini sebaiknya segera dibakar untuk mematikan rayap yang sudah terjebak.

cara mengatasi rayap di kusen pintu
cara mengatasi rayap di kusen pintu (image: johnmooreservices.com)

Membuat insektisida dari air sabun

Anda mungkin sudah tahu bahwa semprotan air sabun dapat digunakan untuk membasmi serangga pada tanaman termasuk rayap loh. Caranya dengan mencampurkan 4 sdm sabun cuci piring cair dengan segelas air bersih, lalu kocok hingga teraduk sempurna. Semprotkan air sabun ini pada area yang terserang rayap untuk membasmi rayap di furnitur kayu Anda. Untuk hasil terbaik, ulangi semprotan beberapa kali sehari sehingga rayap hilang sempurna.

Menggunakan air garam untuk membunuh rayap

Selain menggunakan air sabun, Anda pun dapat mengatasi rayap di rumah Anda menggunakan air garam kadar tinggi. Caranya cukup dengan melarutkan semangkuk garam dapur dengan ½ liter air bersih lalu aduk merata. Cukup semprotkan air garam ini pada perabotan kayu untuk membasmi rayap  yang ada di dalamnya.

Cara membasmi rayap dengan kapur barus

Larutan kapur sirih sudah digunakan sejak dulu untuk membasmi serangga. Dengan menggunakan larutan kapur sirih ini, Anda dapat mengatasi rayap yang ada termasuk mematikan larvanya. Cara membuat membuatnya cukup mudah, yaitu dengan melarutkan kapur sirih dengan air lalu semprotkan pada tempat yang berayap. Biasanya cukup dengan sekali penyemprotan saja.

Penyemprotan ini pun dapat digunakan untuk mencegah rayap agar tidak datang kembali.

Cara menghilangkan rayap dengan cacing nematoda

Selain menggunakan insektisida alami seperti yang diuraikan di atas, Anda pun dapat mengatasi rayap di rumah Anda menggunakan predator alaminya. Cacing nematoda dapat digunakan untuk membasmi rayap dan serangga lainnya yang cukup ampuh, walaupun agak menjijikan bagi sebagian orang.

Anda dapat mendapatkan cacing nematoda di kebun atau pekarangan rumah, namun bila Anda sulit mendapatkannya, Anda pun dapat membelinya di tempat penjualan pakan hewan. Cukup dengan meletakkan cacing nematoda pada perabotan kayu yang berayap maka cacing pun akan memakan rayap bersih sampai telur-telurnya.

Baca juga:  5 Cara Memasak Bebek Agar Lebih Empuk, Tidak Amis, dan Enak Disantap

Cara mengatasi rayap pada rumah menggunakan tanah diatom

Tanah diatom merupakan sejenis batu sedimen silika dan sudah diketahui dapat menghilangkan hama termasuk rayap. Tanah diatom dapat membuat rayap terkikis, mengering dan mati.

Cara membasmi rayap menggunakan tanah diatom dapat dilakukan dengan cara menaburkan tanah diatom pada perabotan ataupun kusen berbahan kayu. Anda juga sebaiknya menaburkan tanah diatom di sekeliling rumah termasuk di area pintu masuk untuk mencegah rayap masuk ke dalam rumah.

Pakai minyak jeruk untuk mengatasi rayap di meja makan ataupun lemari makanan

Minyak jeruk atau cairan dari kulit jeruk dapat juga digunakan untuk membasmi rayap. Minyak jeruk mengandung D-limonene yang cukup efektif digunakan untuk mengatasi rayap secara alami. Selain dengan cara mengoleskannya di furnitur atau kusen yang dicurigai berayap, Anda juga dapat menggunakannya dengan menyemprotkan minyak ini. Minyak kulit jeruk ini dapat menyingkirkan rayap yang bandel di furniture kayu Anda. Selain itu minyak jeruk pun sangat aman bila tidak sengaja termakan ataupun terhirup oleh Anda.

Gunakan Asam borat

Untuk mencegah rayap datang, Anda dapat menggunakan semprotan asam borat atau cukup dikuaskan pada lapisan luar furnitur. Asam borat dapat juga digunakan untuk mematikan rayap di tembok. Yang paling penting, lakukan pemeriksaan furnitur secara rutin dan lakukan penyemprotan secara berkala juga.

Bagaimana Bila Cara Membasmi Rayap Tanah Secara Alami Di Atas Tidak Efektif?

Ada kalanya sudah menggunakan berbagai cara mengatasi rayap pada rumah Anda menggunakan bahan-bahan alami di atas ternyata dirasa kurang efektif atau kurang ampuh atau bisa juga Anda malas menggunakan terapi anti rayap alami yang memerlukan kedisiplinan dan proses perawatan berulang. Untuk masalah ini, sebetulnya ada solusinya. Yap Anda tinggal membeli obat anti rayap yang banyak dijual di pasaran atau kontak jasa pembasmi rayap yang sudah terpercaya. Solusi ini cukup mudah dan murah terutama bila Anda memiliki usaha di bidang perkayuan.

Cara Mengatasi Rayap yang Ampuh dengan Obat Anti Rayap

Berikut ini adalah beberapa obat anti rayap yang perlu diketahui:

Taburi dengan Serbuk Anti Rayap

Serbuk ini dijual dengan variasi merek, kemasan, dan harganya. Bacalah petunjuk penggunaan, biasanya dengan cara menaburkan serum anti rayap ini pada lubang-lubang pondasi yang menjadi sarang rayap dan pada seluruh permukaan lantai lalu diamkan beberapa saat.

Olesi dengan Cairan Anti Rayap

Anti rayap yang berbentuk cairan dinilai lebih efektif dibandingan yang berbentuk serbuk karena lebih mudah meresap ke dalam pori-pori material kayu. Gunakan obat anti rayap ini dengan cara dikuaskan pada seluruh permukaan berbahan kayu secara merata. Untuk hasil yang lebih baik, Anda juga dapat merendam kayu selama 3-5 hari dalam cairan anti rayap ini.

Injeksi Obat Anti Rayap

Bila serangan rayap sangat parah maka cara paling efektif untuk membasmi rayap dari rumah Anda adalah dengan metode injeksi kimia pada dinding bangunan. Caranya adalah dengan membuat lubang injeksi di sekeliling dinding rumah Anda dengan jarak 40-50cm. Lalu masukkan obat anti rayap ke tiap lubang tsb untuk menghilangkan dan mengusir rayap dari rumah Anda. Untuk mengatasi rayap di rumah Anda, lakukan injeksi ini setiap 3 tahun sekali.

Cara Mengatasi Rayap oleh Ahlinya

Bila Anda memiliki usaha di bidang perkayuan dan sedang mengalami serangan hama rayap ini, sebaiknya kontak ahli pembasmi rayap. Untuk skala industri, kontrak kerjasama dengan jasa pembasmi rayap dan hama lainnya yang terpercaya justru dinilai lebih ekonomis. Jadi silahkan konsultasikan masalah Anda dengan dengan para konsultan pest controll tsb. Pastikan untuk memilih jasa pest controll yang terpercaya ya.

Nah itulah informasi seputar cara mencegah dan cara menghilangkan rayap dari rumah Anda. Semoga cara di atas dapat bermanfaat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *