Cara Ampuh Mengatasi WC Mampet di Rumah Anda

Cara Mengatasi WC Mampet – WC mampet merupakan salah satu masalah yang kadang harus dialami setiap rumah tangga. Penyebab WC mampet dapat bermacam-macam, baik disengaja atau tidak sengaja, namun umumnya karena ada sampah yang tidak dapat terurai dan menghambat saluran pembuangan, misalnya ada gumpalan tissue, pembalut, pakaian, mainan anak, dll.

Selain itu penyebab kloset tersumbat lainnya adalah adanya saluran pembuangan yang pecah lalu tertutup oleh struktur bangunan ataupun tanah. Solusi WC mampet tentu saja harus memperhatikan penyebabnya.

Berhubung WC merupakan sarana untuk membuang kotoran yang tidak dapat ditunda, maka masalah WC mampet merupakan masalah krusial yang harus segera diatasi. Oleh karena itu penting sekali Anda mengetahui cara mengatasi WC tersumbat tsb sehingga masalah tsb tidak menimbulkan masalah yang baru di rumah tangga Anda.

Selain itu, toilet mampet juga sering menyebabkan bau tak sedap yang lagi-lagi dapat mengganggu kesehatan.

Bila Anda mencurigai toilet / WC di rumah Anda mampet karena air tidak dapat menggelontor dengan lancar, maka jangan siram WC Anda berulang kali dan berharap sumbatan tsb akan hilang begitu saja. Siraman air yang berulang-ulang justru malah membuat air WC meluap dan mengotori kamar mandi. Lalu bagaimana cara ampuh mengatasi WC mampet? Yuk simak ulasan CaraPraktis.info berikut ini.

cara memperbaiki toilet tersumbat
Cara Mengatasi Toilet Mampet (image credit: flickr.com)

 

Cara Mengatasi WC Tersumbat Karena Kerusakan Pipa Saluran

Sebetulnya ini kasus yang jarang namun dapat saja terjadi. Anda dapat memeriksa apakah ada genangan atau rembesan air tinja di rumah atau sekitar rumah Anda yang dilewati oleh saluran pipa pembuangan kloset. Sebaiknya Anda memiliki denah saluran pembuangan tsb.

Bila Anda curiga adanya kerusakan pipa saluran, sebaiknya bongkar jalur pipa. Penambalan pipa yang bocor dapat dilakukan bila memang area kerusakan kecil. Namun bila kerusakan parah atau lubang cukup besar, sebaiknya ganti pipa saluran toilet tsb dengan yang baru.

Bila Anda tak bisa melakukannya sendiri, jangan ragu untuk memanggil jasa bangunan ya!

Cara Mengatasi WC Mampet di Rumah Anda Karena Septic Tank Penuh

Nah bila setelah Anda cek sepertinya tidak ada kebocoran ataupun kerusakan saluran pembuangan, maka kemungkinan kedua adalah karena memang septic tanknya penuh. Penyebabnya bisa karena memang kapasitas yang tidak mencukupi atau karena ada perilaku penggunanya yang buang sampah sembarangan ke dalam kloset.

Ada 2 cara memperbaiki WC penuh di rumah Anda yaitu yang pertama adalah tanpa penyedotan dan yang kedua dengan penyedotan.

Cara Mengatasi WC Penuh Tanpa Sedot

Sebelum Anda memperbaiki WC mampet sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Pindahkan barang-barang yang ada di kamar mandi atau di sekitar toilet ke tempat yang aman agar tidak tercemar kotoran dari toilet
  2. Gunakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan Anda dari kotoran toilet.
  3. Gunakan masker / penutup hidung.
  4. Akan lebih baik bila cara mengatasi WC mampet tanpa penyedotan ini dilakukan malam hari saat aktivitas ke kamar mandi berkurang.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi WC mampet tanpa penyedotan:

Cara Mengatasi Kloset Mampet Menggunakan Alat Pembantu

Cara mengatasi WC mampet menggunakan plunger dapat dilakukan untuk menarik benda-benda yang jatuh dan menyumbat lubang toilet.Selain itu bila yang menyumbat lubang WC adalah benda keras seperti mainan anak-anak, Anda juga dapat menggunakan alat lain seperti selang panjang dan hanger dari kawat yang digunakan untuk menarik benda yang menyumbat tsb. Ingat jangan mendorong ya .. mendorong benda tsb malah akan membuat benda yang menyumbat semakin jauh dari jangkauan.

Cara Mengatasi Toilet Mampet Menggunakan Sabun

Cara mengatasi WC mampet ini ini cukup efektif bila sumbatan tsb disebabkan oleh tissue atau kertas yaitu dengan menuangkan sabun cuci piring cair ke dalam lubangan toilet lalu tuang air panas. Diamkan selama beberapa menit untuk memberikan waktu yang cukup pada sabun untuk melonggarkan sumbatannya. Lalu siramlah dengan air seperti biasa.

Cara Mengatasi WC Tersumbat Menggunakan Bahan Alami

Bubuk Soda dan Cuka Putih merupakan bahan alami yang sering dijumpai di dapur. Anda dapat menggunakan bahan-bahan tsb untuk memperbaiki WC yang mampet dengan cara berikut ini:

  • Tuang bubuk soda kue ke dalam toilet.
  • Lanjutkan dengan menuang cuka putih secara perlahan. Hentikan penuangan cuka saat ada tanda-tanda busa akan meluap.
  • Biarkan selama beberapa menit.
  • Siram dengan air panas, maka Anda akan melihat gelembung yang menandakan soda dan cuka sedang bekerja menghancurkan sumbatan.
  • Diamkan beberapa jam atau semalaman.

Solusi WC Mampet dengan Formula Penguras WC

Selain dengan cara di atas, Anda dapat menggunakan bahan penguras WC untuk mengatasi WC mampet dan septic tank penuh. Bahan penguras WC ini dapat dengan mudah Anda beli di toko matrial.

Prinsip penggunaan bahan penguras WC ini adalah dengan  dengan memasukkan bahan tsb ke dalam kloset mampet lalu siram dengan air seperti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Produk penguras WC tsb diantaranya adalah Bion2000, soda api, dll.

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet Ataupun Kloset Duduk Dengan Penyedotan

Bila masalah WC Anda tidak dapat teratasi dengan cara di atas, sebaiknya segera hubungi jasa sedot WC penuh untuk memperbaiki toilet mampet di rumah Anda.

Bila septic tank Anda terlalu sering penuh, sangat disarankan untuk membuat septic tank baru dengan kapasitas yang lebih luas / besar.

Itulah ulasan seputar cara mengatasi WC tersumbat di rumah Anda. Semoga bermanfaat …

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara mengatasi wc mampet -mengatasi wc mampet -cara mengatasi wc mampet dengan cepat -cara mengatasi wc jongkok mampet -wc mampet -cara mengatasi wc tersumbat -cara mengatasi kloset mampet -solusi wc mampet -cara mengatasi wc mampet tanpa bongkar -cara mengatasi wc penuh secara alami -

One thought on “Cara Ampuh Mengatasi WC Mampet di Rumah Anda

  1. salam sejahtera saudaraku semua.
    jika cara2 yang tadi admin sebutkan belum berhasil bisa segera hubungi jasa mampet kami. kami mengerjakan tanpa bongkar dan bergaransi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *