Cara Praktis Menggoreng Ikan Lele Supaya Kriuk, Tidak Lengket, dan Tidak Meletus

Cara Menggoreng Ikan Lele – Ikan lele termasuk salah satu jenis ikan tawar yang cukup populer di kalangan masyarakat. Selain mudah didapat, harganya pun tergolong murah dibandingkan jenis ikan lain dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap untuk tubuh terutama kandungan proteinnya.

Banyak olahan ikan lele yang menggoda selera, mulai digoreng, dibakar, dikukus ataupun yang diberikan kuah berbumbu. Walaupun banyak tempat makan mulai dari tenda kaki lima hingga restoran yang menjualnya, namun tak ada salahnya bila Anda mulai membuatnya dan menyajikannnya untuk orang yang Anda sayangi. Dan salah satu menu yang paling diminati adalah ikan lele goreng.

Pada kesempatan kali ini, CaraPraktis.Info tidak akan membahas mengenai  bumbu lele goreng lamongan, resep lele goreng krispi, resep lele goreng bumbu kuning, resep lele goreng kremes, bumbu ikan lele goreng kuning, ataupun resep pecel lele goreng. Namun pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai cara menggoreng ikan lele.

Salah satu masalah yang seringkali muncul saat menggoreng ikan adalah lengket di wajan, meletus, bau amis, dan saat dimakan tidak kriuk atau krispi. Nah bagaimana cara menggoreng lele agar tidak meletus dan berapa lama menggoreng ikan lele yang tepat agar tidak gosong namun tetap kriuk? Yuk simak ulasannya berikut ini ..

cara menggoreng ikan lele agar kriuk, tidak lengket, dan tidak meletus
cara menggoreng ikan lele agar kriuk, tidak lengket, dan tidak meletus (image: tribunnews.com)

Tips Jitu Menggoreng Ikan Lele Agar Kriuk, Krispi, Tidak Lengket, dan Tidak Meletus

Berikut ini adalah cara menggoreng lele agar tidak meletus, enak, dan  krispi saat disantap, yaitu:

Persiapan Sebelum Menggoreng

Sebelum menggorengnya, pastikan lele sudah dibersihkan. Membersihkan dan membumbui lele sebelum digoreng akan membuat lele terasa enak, tidak amis, dan gurih.

  • Ada beberapa bagian lele yang harus dibersihkan, yaitu insang, isian perut, dan lendir pada kulit lele. Untuk menghilangkan lendir dapat digunakan abu gosok ataupun garam dengan cara menggosoknya pada badan lele hingga terasa kesat lalu cucilah hingga bersih.
  • Setelah insang dan isian perut dibuang, cucilah lagi badan lele dengan air bersih.
  • Kerat-kerat sedikit di kedua sisi badan lele agar bumbu dapat cepat meresap dan nantinya lele pun akan cepat kering saat digoreng.
  • Lumuri badan lele dengan air jeruk nipis dan garam, lalu bilas dengan air bersih. Pemberian air jeruk ini untuk menghasilkan lele goreng yang tidak amis.
  • Lumuri badan lele dengan bumbu halus hingga merata lalu diamkan sekitar 30 menit. Bumbu halus tsb biasanya adalah bawang putih, kunyit, ketumbar, merica, dan garam, atau bumbu tergantung selera.
Baca juga:  Cara Membuat Tumis Ayam Kecap Lezat dan Mantap

Panaskan dulu wajannya sebelum menuangkan minyak

Apakah Anda terbiasa menuangkan minyak goreng saat wajan masih dingin? Ternyata ini berpengaruh pada ikan lele yang akan digoreng loh! Untuk memasak lele goreng yang tidak lengket, pastikan untuk menuang minyak goreng pada wajan yang telah dipanaskan.

Goreng ikan lele memakai minyak yang panas

Tips menggoreng ikan lele supaya kriuk dan tidak lengket berikutnya adalah dengan memastikan minyak yang akan digunakan untuk menggoreng lele tsb sudah panas. Memasak ikan dengan minyak yang belum panas justru akan membuat tekstur ikan lembek dan lengket.

Pakai minyak yang banyak

Pastikan juga untuk menggunakan minyak goreng yang banyak sehingga nantinya ikan lele akan mengapung / mengambang di atas wajan dan tidak menyentuh dasar wajannya. Cara menggoreng ikan lele seperti ini dilakukan supaya lele tidak lengket di wajan disamping ikan lele pun akan lebih matang sempurna.

Jangan terlalu sering membalik lelenya saat menggoreng

Kadang saat memasak inginnya untuk terus membolak balik masakan. Ternyata kebiasaan buruk ini sebaiknya segera dihilangkan terutama saat menggoreng lele. Terlalu banyak membolak-balik ikan justru akan membuat ikan tsb mudah hancur dan tidak kriuk saat dimakan. Sebetulnya bila ikan lele ini terendam minyak goreng maka proses pembalikan ikan pun tak diperlukan karena walaupun tanpa dibalik, ikan lele tetap akan matang merata.

Menambahkan jeruk nipis

Cara menggoreng ikan lele dengan menambahkan jerus nipis ke dalamnya mungkin belum banyak yang tahu. Agar lele goreng lebih kriuk dan tidak lengket, cobalah tambahkan perasa air jeruk nipis pada minyaknya.

Gunakan tepung

Untuk mendapatkan lele goreng yang kriuk dan krispi, Anda juga dapat menggunakan tepung untuk menutupi tubuh lele. Menyelimuti lele dengan tepung juga merupakan cara menggoreng lele agar tidak meletus.

Nah itulah cara menggoreng ikan lele supaya kriuk dan tidak lengket yang dapat dicoba di rumah. Ikan lele goreng akan lebih nikmat bila disantap saat masih hangat / panas dengan nasi dan cocolan sambel. Semoga bermanfaat …

Baca juga:  Resep Kue Pukis Sederhana dan Mudah

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara menggoreng ikan lele agar tidak hancur -cara menggoreng ikan lele agar tidak meletus -cara menggoreng lele agar tidak hancur -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *