5 Cara Mengkilapkan Batu Akik Secara Alami

Semenjak batu akik booming pada akhir tahun lalu, semakin banyak saja para penjual batu akik dan orang yang sibuk menggosok batu akik. Batu akik yang mengkilap dan kinclong memang sangat menarik dan dapat mempengaruhi harga jual. Bila Anda memiliki batu akik berharga mahal seperti jenis kalimaya, sebaiknya rawatlah batu akik tsb sebaik-baiknya agar tetap awet dan bernilai tinggi.

Baca juga: 5 Tips Aman Membeli Batu Akik Asli

cara mengkilapkan batu akik

photo credit: tokoakik.com

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengkilapkan batu akik, di antaranya adalah cara mengkilapkan batu akik secara alami.

Cara Mengkilapkan Batu Akik #1: Gosok dengan Daun Pisang Kering

Cara ini sudah digunakan oleh jaman nenek moyang kita dulu namun sampai sekarang cara ini masih ampuh menambah kilauan dari batu akik.

Untuk mengkilapkan batu akik menggunakan daun klaras / daun pisang kering, caranya cukup ambil beberapa lembar daun pisng kering, lalu gosokkan searah pada batu akik. Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin.

Cara Mengkilapkan Batu Akik #2: Gosok dengan Kulit

Cara ini sangat lazim digunakan oleh para kolektor batu akik sekarang ini. Kandungan minyak alami dalam kulit mampu membuat kilauan batu akik semakin menawan.

Anda dapat menggunakan kulit bekas misalnya kulit bekas dompet, kulit bekas sabuk, dll. Lalu gosokkan kulit tsb pada batu akik dengan cara searah untuk mengkilapkan batu akik.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Darah Pada Pakaian

Cara Mengkilapkan Batu Akik #3: Gosok dengan Bambu

Kulit bambu bertekstur halus mampu mengkilapkan batu akik. Cara ini sudah digunakan sejak dulu kala, namun sebelum menggunakannya Anda harus mencuci dulu bambu yang digunakan sampai benar-benar bersih, kemudian jemur sampai kering. Gosokkan bambu kering tsb pada batu akik dengan arah yang sama dan pelan-pelan saja.

Cara mengkilapkan batu akik menggunakan bambu ini sebaiknya dilakukan sebulan sekali atau seminggu sekali, jangan lakukan terlalu sering.

Cara Mengkilapkan Batu Akik #4: Rendam dengan Air Kelapa

Cara mengkilapkan batu akik ini sangat popular di kalangan pecinta batu akik. Caranya sangat sederhana, tinggal merendam batu akik dalam air kelapa muda. Usahakan gunakan wadah tertutup untuk perendamannya. Diamkan semalaman lalu keesokan harinya lap batu akik tsb dan lihatlah batu akik semakin berkilau.

Cara Mengkilapkan Batu Akik #5: Menggunakan Kertas Pasir / Amplas

Ingat, kertas pasir / amplas yang digunakan haruslah yang paling halus / lembut atau Anda dapat menggunakan ukuran 1200 atau 1500. Atau kalau Anda ragu, tanyakan pada penjual kertas pasir yang paling halus.

Untuk mengkilapkan batu akik, gosok batu akik perlahan amplas dengan gerakan satu arah.

Itulah 5 cara mengkilapkan batu akik secara alami dan mudah. Selamat mencoba

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

kumpulan cara mengkilapkan batu akik -batu akik klaras -cara mengkilapkan batu akik -cara menkinclongkan batu kelapa -cara tradisional mengkilapkan batu akik -gosok batu akik sama godong klaras -Mengkilapkan btu akik dengan daun pisang -mengkilatkan batu akik dengan alami -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *