Bagaimana Cara Membersihkan TV Layar Datar Seperti LCD dan LED TV?

Cara Membersihkan TV Layar Datar Dari Debu dan Minyak – Dengan adanya kemajuan teknologi, sekarang ini TV layar cembung sudah berhasil digantikan oleh TV layar datar. Banyak sekali pabrikan TV yang membuat TV layar datar seperti TV LCD, TV LED, maupun TV plasma. Tak hanya karena ikut-ikutan tren, penggunaan TV layar datar pun dipilih karena lebih tidak memakan tempat, sehingga cocok sekali digunakan di rumah-rumah minimalis. Nah bila Anda sekarang sudah memiliki TV LCD ataupun TV LED, sebaiknya Anda rawat baik-baik agar TV tsb lebih awet.

Selain menggunakan sesuai petunjuk penggunaannya, TV LCD / LED harus dibersihkan dari debu, kotoran minyak ataupun sidik jari yang dapat mengganggu pemandangan. Lalu bagaimana ya cara membersihkan TV layar datar tsb?

Ternyata cara membersihkan TV layar datar tidak dapat dilakukan serampangan. Layar TV datar ataupun LCD komputer memerlukan perawatan khusus dan sentuhan yang lembut untuk menghindari goresan pada layar. Anda sebaiknya mengikuti petunjuk pembersihan yang ada di buku manualnya. Membersihkan layar LCD TV / TV LED menggunakan tissue sebaiknya dihindari. Sebaiknya lakukan pembersihkan menggunakan kain bersih yang lembut dan tak berserat serta hindari penggunaan air ataupun zat kimia yang tidak dianjurkan. Untuk lebih jelasnya mengenai cara membersihkan TV LCD dan TV LED agar bersih, bebas debu dan minyak, yuk ikuti ulasan berikut ini …

cara membersihkan TV layar datar
Ilustrasi cara membersihkan TV layar datar (image: ebay.com)

Baca juga: Cara Memperbaiki LCD Laptop Yang Keluar Garis

Tips Cara Membersihkan TV Layar Datar Agar Selalu Senantiasa Bersih

Sangat disarankan menggunakan kain microfiber untuk membersihkan frame dan layar LED TV / LCD TV. Kain microfiber dipilih karena tidak berserat dan lembut. Berikut ini tahapan cara membersihkan televisi layar datar Anda:

  1. Cabut kabel TV sebelum mulai membersihkan. Hal ini untuk menghindari risiko terkena sengatan listrik.
  2. Baca petunjuk perawatan / pembersihan yang ada di buku manual. Penggunaan bahan pembersih sebaiknya yang hanya disarankan oleh pihak pabrik / pembuatnya saja. Hindari penggunaan pembersih yang tidak dianjurkan oleh pihak pembuat karena dapat meningkatkan risiko kerusakan.
  3. Bersihkan frame LED TV / LCD TV dengan kain yang lembut, tidak berserat, bersih, dan kering.
  4. Untuk membersihkan layar TV, pertama usap perlahan menggunakan kain yang lembut, tidak berserat, bersih, dan kering. Jika masih ada kotoran, basahi kain tersebut dan peras hingga kain tsb hanya lembap serta tidak ada air yang mentes. Usap lagi layar TV dari atas ke bawah.
  5. Untuk membersihkan TV layar datar dari kotoran yang membandel, Anda dapat merendam kain tsb di campuran air : cuka 50:50 lalu peras hingga tidak ada cairan menetes kemudia usapkan ke layar TV untuk menghilangkan lemak dan sidik jari yang membandel pada layar TV.
  6. Jika disarankan dalam petunjuk pembersihan yang ada di buku manual, Anda dapat juga menyemprotkan ScreenClean atau cairan pembersih layar lainnya ke kain lalu usapkan lagi ke layar TV tsb. Ingat! Jangan pernah menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar TV Anda.
  7. Jangan lupa usap layar dengan kain selembut mungkin karena perlu Anda ketahui, layar LED TV / LCD TV mudah tergores dan akan rusak apabila Anda menekannya terlalu keras.
  8. Biarkan layar sampai benar-benar kering sebelum Anda memasang kembali kabel TV ke colokan listrik.
Baca juga:  Cara Memperbaiki Smartphone Android Yang Lemot Tanpa Aplikasi

Agar TV atau komputer kesayangan Anda tetap bersih, sebaiknya lakukan cara membersihkan TV layar datar di atas setiap minggu.

Baca juga: Cara Merawat Laptop dengan Baik Dan Benar

Apa Saja Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Membersihkan Layar TV ataupun Monitor Komputer?

Di atas sudah dijelaskan cara membersihkan TV layar datar untuk menjaga layar LCD / TV LED Anda tetap bersih, bebas debu, dan bebas sidik jari. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat membersihkan layar TV tsb, yaitu:

  • Jangan pernah menggunakan pembersih yang mengandung alkohol atau amonia karena bahan tsb dapat menghilangkan lapisan pelindung pada layar TV yang dapat mengakibatkan gambar pada TV menjadi berawan ataupun berbayang.
  • Jangan pernah menyemprotkan cairan pembersih pada layar TV karena cairan tsb dapat menempel pada frame dan masuk ke dalam layar TV dan menyebabkan kerusakan permanen.
  • Jangan pernah menggunakan tisus, spon kasar, dll karena dapat menggores permukaan layar TV.

Nah itulah informasi seputar cara membersihkan layar TV, layar komputer maupun layar laptop yang benar. Mulai sekarang yuk hindari menggunakan tissue untuk menghilangkan kotoran pada layar LCD. Semoga cara membersihkan TV layar datar di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara membersihkan tv yg resek -layar tv sengatan -tv led keluar minyak dari layar -yhs-yahoologo -yhsm-coolpad -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *