Cara Memasak Bumbu Urap Sangrai Yang Enak dan Tahan Lama

Cara Memasak Bumbu Urap Sangrai – Salah satu menu sarapan yang banyak dijual dipinggir jalan menemani menu nasi uduk adalah urap sayur bumbu kelapa. Walaupun sama-sama menggunakan aneka rebusan sayuran sebagai bahan utama, rasa urap ini berbeda dengan pecel yang menggunakan bumbu kacang.

Urap memang menjadi salah satu sajian yang lezat, dan banyak digemari untuk santap siang, ataupun santap pagi buat anda dan keluarga. Bumbu urap yang gurih dengan kelapa yang agak muda, serta kombinasi bumbu dengan rasa pedasnya, memang sangat cocok disajikan dengan aneka sayuran rebus. Seperti misalnya kangkung, bayam, wortel, hingga tauge rebus serta jenis sayuran rebus lainnya.

Masalah yang sering ditemui bila kita membeli urap sayuran adalah bumbunya yang cepat basi. Penyebab utamanya karena resep bumbu urap kukus yang merupakan parutan kelapa ini memang mudah sekali basi.

Sebetulnya ada cara agar bumbu tsb lebih tahan lama, salah satunya adalah dengan menggunakan resep bumbu urap sangrai. Sesuai dengan namanya, untuk membuat sambal urap kelapa ini adalah dengan cara disangrai sehingga bumbu tsb akan kering. Cara memasak bumbu urap sangrai pun sangat mudah.

Untuk membuat bumbu urap sangrai ini, memerlukan bahan – bahan yang mudah ditemukan. Mulai dari bumbu seperti bawang merah, cabai rawit merah besar dan cabe keriting, serta bumbu lainnya. Berikut, adalah resep memasak bumbu urap sangrai yang bisa anda coba buat dirumah, sebagai menu andalan anda.

cara memasak bumbu urap sangrai
Ilustrasi cara memasak bumbu urap sangrai

Namun sebelum lebih jauh membahas mengenai resep bumbu urap sangrai dan cara membuatnya, perlu Anda ketahui ternyata urap itu berbeda-beda loh. Bumbu urap Medan, Padang, Aceh terasa berbeda dengan resep urap sayur khas Sunda.

Resep dan Cara Memasak Bumbu Urap Sangrai

Resep bumbu urap sangrai ini dapat juga dijadikan salah satu alternatif untuk menu santapan Ramadhan. Berbuka puasa dengan setup ubi ungu sebagai makanan pembuka lalu dilanjutkan dengan nasi urap sayuran plus ayam goreng kalasan sebagai makanan utama rasanya enak juga hehehe.

Baca juga:  Resep Masakan Ayam Budu-Budu Khas Sulawesi Selatan

Berikut ini adalah resep bumbu urap sangrai dan cara membuat bumbu urap yang lebih awet dan tahan lama …

Bahan – Bahan Utama :

  • Kelapa parut agak muda 1 buah
  • Daun salam 3 lembar
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Bumbu Halus :

  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Cabe merah keriting 10 buah
  • Cabe rawit 20 buah
  • Kecur 2 ruas
  • Terasi 1 sendok teh

Cara Membuat Bumbu Urap Sangrai

  1. Langkah yang pertama, parut kasar kelapa yang agak muda
  2. Kemudian panaskan minyak dan tumis bumbu halus dan semua bahan untuk membuat urap, kecuali kelapa parutnya. Masak bumbu hingga matang, dan koreksi rasanya jika masih ada yang kurang.
  3. Setelah bumbu sudah terasa pas, maka masukan kelapa parut kedalamnya, dan aduk hingga merata. Aduk terus agar kelapa tidak hangus.
  4. Sangrai parutan kelapa dengan bumbu hingga mengering. Masak hingga tanak agar tidak cepat basi.
  5. Setelah matang, dan bumbu sudah pas, maka matikan api, dan pindahkan bumbu urap pada wadah yang tertutup namun jangan tutup dulu sampai uap panas pada bumbu hilang.
  6. Bumbu ini akan lebih awet dan tahan lama bila disimpan di wadah tertutup dan simpan di kulkas. Ambil secukupnya saat akan digunakan, lalu simpan kembali bumbu tsb di wadah tertutup di kulkas.

Itulah resep bumbu urap sangrai yang dapat Anda coba yang tentu bisa menjadi referensi resep masakan dan menu andalan anda yang bisa disajikan untuk hidangan keluarga anda. Selamat memasak bumbu urang sangrai yang enak dan lezat.

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

resep bumbu urap sangrai -cara membuat bumbu urap goreng -resep bumbu urap aceh -bumbu urap tahan lama -resep urap sayur agar tidak cepat basi -bumbu urap goreng -bumbu urap -resep bumbu urap tahan lama -bumbu urap kelapa sangrai -tips agar urap awet -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *