Tips Mengatasi Touchscreen Android Error dan Bergerak Sendiri

Tips Mengatasi Touchscreen Android Error dan Bergerak Sendiri – Layar sentuh memiliki sifat yang cukup sensitif. Bahkan saking sensitifnya terkadang kerap mengalami error secara sendiri. masalah error bisa berupa tidak bisa bergerak, sulit menjalankan perintah, sampai bergerak sendiri. Karena layar adalah bagian penampil perintah, tentu saja jika touchscreennya saja error akan menghambat kinerja smartphone tersebut. Oleh sebab itu anda mesti tahu bagaimana mengatasinya secepat mungkin agar hal tersebut tidak berlarut-larut dan semakin parah.

Touchscreen error bisa diselesaikan dengan beberapa cara. Anda bisa mencoba beberapa cara paling mudah. Yakni me-restart smartphone. Kemudian lakukan beberapa cara lain secara bertahap agar kita bisa mengidentifikasi penyebab pastinya. Jadi tidak perlu terburu membawa smartphone ke service center. Cobalah lakukan pertolongan pertamanya terlebih dulu agar biaya perbaikannya bisa kita tekankan. Berikut ini cara selengkapnya untuk mengatasi touchscreen error.

Tips Mengatasi Touchscreen Error

1. Restart Smartphone

Kadangkala masalah touchscreen error disebabkan oleh perangkat yang terlalu “lelah”. Sistem yang sibuk dan padat akan menyebabkan gagal dalam menjalankan tugas. Oleh sebab itu cobalah melakukan restart perangkat. Restart akan membuat sistem kembali segar. Jaringan yang lemah pun juga akan kembali kuat penerimaannya dengan melakukan restart. Cobalah gunakan smartphone seperti biasa. Jika masih error, coba langkah lainnya.

2. Lakukan Kalibrasi Touchscreen

Bisa jadi masalah error pada layar sentuh karena kalibrasinya yang salah. Seiring pemakaian lama, masalah tersebut juga bisa terjadi. Cobalah melakukan kalibrasi ulang. Anda bisa menggunakan Display Calibrator, Screen Repair and Calibration, Touchscreen Perbaikan, dll untuk pilihan aplikasi kalibrasi. Ikuti panduan kalibrasi yang ada pada aplikasi dan cobalah setting sampai berhasil.

3. Hentikan Aplikasi di Latar Belakang

Touchscreen bisa saja mengalami hang karena banyaknya aplikasi di latar belakang. RAM yang terlalu penuh juga bisa menjadi sebab masalah tersebut. Cobalah sementara hentikan aplikasi di latar belakang. Buka setelan kemudian tekan aplikasi. Pilih aplikasi yang diinginkan. Kemudian hentikan aplikasi. Pastikan aplikasi yang dihentikan tidak membawa dampak sampingan pada keterlambatan notifikasi, dsb sehingga kinerja smartphone tetap maksimal.

4. Matikan Smartphone Beberapa Saat

Cobalah mengistirahatkan smartphone beberapa saat. Bisa jadi masalah layar error karena sistem terlalu sibuk sehingga sulit menjalankan perintah. Matikan ponsel dan cobalah lepas perangkat seperti baterai (jika removable), SIM dan SD Card. Diamkan beberapa saat 10-20 menit. Pasang semua kembali dan nyalakan perangkat. Biasanya dengan cara satu ini touchscreen akan bekerja seperti biasa lagi.

5. Ganti Touchscreen

Jika ke-empat cara diatas masih belum berhasil, kemungkinan error berarti pada hardwarenya, bukan karena masalah software. Maka mengganti perangkat touchscreen dengan yang baru adalah solusinya. Memang biaya untuk penggantiannya cukup besar. Bahkan jika jenis layarnya berkualitas tinggi, anda mesti bersabar mencari perangkat layar sejenis karena biasanya dipasaran sulit dijumpai.

Itu dia beberapa tips mengatasi touchscreen error pada android. Semoga bermanfaat dan menambah informasi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *