Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Android Agar Tidak Rusak dan Buram

Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Android Agar Tidak Rusak dan Buram – Terkadang hasil jepretan yang buram tidak melulu pada lensa kameranya yang kecil. Bisa jadi masalah kamera yang kotor atau berembun menjadi penyebab utamanya. Maka dari itu kita mesti rajin membersihkan lensa kamera pada hp android. Masalah kotor pada kamera smartphone bisa disebabkan karena debu, goresan, embun, hingga minyak yang berasal dari sidik jari. Untuk membersihkannya, anda bisa menggunakan beberapa cara yang mudah. Perlengkapannya pun mudah dijumpai.

Anda bisa menggunakan minyak kayu putih, pasta gigi, hingga hair dryer untuk mengeringkan embun. Jika masalah kotor pada kamera tidak rutin dibersihkan, dikhawatirkan akan membuatnya lebih susah diatasi. Kamera sendiri merupakan area yang rentan dengan kotoran karena letaknya di bagian luar dan sering kontak dengan berbagai benda secara langsung. Di bawah ini ulasan lebih lanjut untuk cara mudah membersihkan lensa kamera android.

Tips Membersihkan Lensa Kamera HP Android

1. Gunakan minyak kayu putih

Mungkin cara satu ini terbilang aneh. Namun minyak kayu putih mampu bekerja optimal mengangkat debu sehingga lensa kamera bersih seketika. Gunakan tisu dan beri sedikit minyak kayu putih. Gosokan pada lensa kamera secara perlahan. Secara otomatis, debu akan menempel pada area tisu. Hentikan proses pembersihan jika dirasa area lensa kamera sudah mengkilap seperti semula.

2. Bersihkan lensa tergores dengan pasta gigi

Jepretan yang buram bisa disebabkan oleh lensa yang tergores. Entah karena gesekan atau karena debu. Anda bisa memanfaatkan pasta gigi untuk mengatasinya. Oleskan pasta gigi sedikit saja di bagian lensa. Gosok dengan kain lembut secara berlahan. Anda juga bisa menggunakan cutton bud untuk membersihkannya. Diamkan sebentar dan jika sudah cukup, bersihkan lensa kembali dengan kain microfiber.

3. Ganti tutup lensa kamera

Jika menggunakan pasta gigi masih belum berpengaruh, cobalah mengganti tutup lensa kamera. Caranya gunakan silet untuk mengangkat tutup lensa kamera anda. Kemudian ganti dengan yang baru. Hati-hati dalam melakukannya karena jika lengah akan membuat lensa kamera menjadi rusak. Anda bisa menggunakan selotip warna bening untuk alternatif tutup lensa sementara. Jika sudah memiliki cukup budget, anda bisa membelinya di toko aksesoris ponsel.

4. Bersihkan lensa yang berembun

Smartphone yang kerap berada di area lembab biasanya akan memiliki lensa kamera yang berembun. Efeknya hasil jepretan menjadi buram karena pengaruh embun. Cobalah matikan ponsel terlebih dulu. Kemudian lepaskan cashing atau komponen yang mudah dilepas lainnya. keringkan menggunakan tisue atau hair dryer. Arahkan sisi HP ke hair dryer agar embun menguap. Kemudian pasang komponen lagi dan cobalah potret gambar seperti biasanya.

Nah itu dia beberapa trik agar membersihkan lensa kamera di hp android lebih mudah dan berhasil. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *