Tips Mengatasi UC Browser Error pada Android

Tips Mengatasi UC Browser Error pada Android – UC Browser merupakan salah satu browser paling populer di kalangan pengguna android. browser satu ini juga sama dengan aplikasi lain yang terkadang mengalami error. Error pada aplikasi ini bisa berupa tidak bisa dibuka, berhenti secara tiba-tiba, hingga tidak bisa melakukan loading. Tentu saja jika anda aktif melakukan browsing, masalah error pada UC Browser ini mesti anda selesaikan karena akan sangat mengganggu jika terus dibiarkan. Mengatasinya sebenarnya mudah dilakukan bahkan tanpa aplikasi bawaan.

Masalah error tersebut bisa disebabkan oleh menumpuknya cache, banyaknya data di aplikasi, aplikasi yang terlalu usang, hingga kurang kompatibel dengan versi OS smartphone anda saat ini. Lakukan perbaikan mulai dari cara paling sederhana agar kita tahu penyebab utama masalah error ini. Nah jika anda penasaran apa saja cara mengatasi UC Browser pada android yang error, cobalah beberapa opsi cara memperbaikinya yang akan diulas lebih lanjut di bawah ini.

Tips Mengatasi UC Browser Android Error

1. Hapus cache aplikasi

Menghapus cache bisa menggunakan cara manual atau dengan aplikasi cleaner. Tujuannya agar memori internal lebih lega dan aplikasi berjalan normal kembali. Anda bisa membuka menu Pengaturan di smartphone kemudian tekan Aplikasi. Pilih Manajer Aplikasi dan tekan UC Browser. Tap Hapus Cache dan tunggu sebentar. Gunakan browser seperti biasanya.

2. Hapus data UC Browser

Menghapus data browser akan membuat kinerjanya kembali normal seperti semula. Pada dasarnya menghapus data akan mengembalikannya ke posisi default. File cache, history, password, dll akan terhapus dan browser kembali fresh. Masuk ke Pengaturan smartphone kemudian pilih Aplikasi. Tekan Manajer Aplikasi dan cari UC Browser. Tekan Paksa Berhenti dan pilih Hapus Data.

3. Update aplikasi

Mengupdate aplikasi browser bisa dilakukan melalui Play Store atau Market Store di android anda. Update aplikasi bermanfaat mengatasi bugs dan berbagai kerusakan terkait penggunaan aplikasi. anda mesti rajin memantau update aplikasi. pasalnya jika terlambat update, kinerja aplikasi akan melambat karena tidak sesuai dengan pembaruan dari sistem dan hal lainnya di android.

4. Install ulang aplikasi

Jika cara 1 sampai 3 belum berhasil, cobalah install ulang aplikasi ini. menginstall ulang aplikasi akan memberikan tampilan yang lebih baru serta kinerja yang lebih fresh. Drag ikon aplikasi ke arah ikon tempat sampah. Atau bisa masuk ke Pengaturan, Manajer Aplikasi kemudian pilih UC Browser dan Uninstall. Setelah itu install kembali aplikasi dan restart smartphone anda.

5. Gunakan browser lain

Cobalah gunakan browser lain jika beberapa cara diatas tidak bekerja. Bisa jadi browser memang tidak kompatibel dengan smartphone anda. Anda bisa menggunakan Opera Mini, Mozilla, atau Chrome yang merupakan bawaan aplikasi android. Pilih peramban yang tidak begitu besar kapasitasnya dan tentu saja ringan dari segi kinerja agar tidak memberatkan ponsel.

Demikian beberapa cara mengatasi UC Browser error pada smartphone android anda. Semoga membantu dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *