7 Tips Menata Taman Depan Rumah Untuk Pemula

Cara Membuat Taman Depan Rumah – Sebagai seorang pemula mungkin Anda akan merasa bingung saat akan menata taman depan rumah termasuk pembuatannya agar terlihat indah. Kebanyakan dari pemula dibingungkan atas banyaknya pilihan apa saja yang harus diletakkan di dalam sebuah taman.

Bila Anda memiliki masalah yang sama, mungkin 7 tips menata taman depan rumah untuk pemula yang akan diulas oleh CaraPraktis.info berikut ini dapat menjadi salah satu inspirasi untuk membuat taman di halaman rumah yang indah dan enak dipandang mata.

cara menata taman depan rumah
Contoh taman di depan rumah (image: prnewswire.co)

Cara Menata Taman Depan Rumah Yang Dapat Anda Gunakan

Berikut ini adalah beberapa inspirasi yang dapat Anda gunakan dalam mendesain taman halaman rumah Anda dalam 7 langkah mudah:

Buatlah Daftar Kebutuhan dan Keinginan

Cobalah Anda gali apa saja yang menjadi kebutuhan dan keinginan Anda. Kebutuhan adalah sesuatu yang Anda perlukan dan harus ada. Sementara keinginan adalah sesuatu yang Anda inginkan terlepas apakah itu diperlukan atau tidak.

Beberapa pertanyaan berikut ini mungkin dapat membantu Anda dalam menentukan tipe dan desain taman depan rumah adalah apakah anak Anda memerlukan area untuk bermain? Apakah Anda ingin menanam sayuran? Apakah diperlukan teras tempat berkumpulnya keluarga? Dsb.

Bila Anda sudah mengetahui daftar kebutuhan dan keinginan Anda dan anggota keluarga, cobalah buat sketsa penempatan daftar tsb di taman sehingga Anda dapat melihat baik atau tidaknya dalam sebuah sketsa tanpa harus membongkar taman Anda terlebih dahulu.

Pelajari Pola Sinar Matahari dan Angin Sebelum Membuat Taman Depan Rumah

Cara membuat taman depan rumah berikutnya adalah mempertimbangkan arah sinar matahari dan angin. Faktor cahaya matahari dan arah angin merupakan 2 hal yang penting dalam perencanaan dan penataan taman halaman rumah.

Membuat teras yang menghadap barat mungkin bukan solusi yang bagus karena Anda akan merasa kepanasan saat menikmati taman di sore hari. Namun bila rumah Anda sudah dari sananya menghadap ke barat, Anda toh masih dapat mengakalinya dengan meletakkan tanaman untuk mengurangi cahaya yang masuk dari barat.

Baca juga:  Cara Praktis Menghilangkan Noda Pada Jok Mobil

Pikirkan Lagi Sebelum Membeli Tanaman dan Ornamen Lainnya

Membuat taman depan rumah dan menatanya agar tampak lebih indah memerlukan pemikiran yang cermat. Bila Anda datang ke tempat pembelian ornamen taman, cobalah pikirkan lagi apakah betul Anda menginginkannya. Terkadang Anda hanya membelinya lalu bingung harus meletakkan dimana. Cobalah Anda konsisten terhadap sketsa yang Anda buat di poin 1 tadi.

Mulailah Dari Skala Kecil Dulu

Sebagai seorang pemula Anda sebaiknya membuat dan menata ornament taman dari yang kecil dulu seperti membuat taman bunga seperti menggantungkan pot anggrek, menanam bunga mawar, dll terlebih dahulu

Cara menata taman depan rumah yang dimulai setahap demi  setahap, dari skala kecil akan lebih mempermudah bagi Anda dalam mengatur waktu. Dengan cara ini Anda akan merasakan prosesnya, terbebas dari rasa lelah, dan lebih mencintai taman di depan rumah Anda.

Coba Anda bayangkan bila Anda menggunakan cara membuat taman depan rumah langsung dalam skala besar maka halaman depan rumah Anda akan berantakan lebih lama. Anda pun akan merasa lelah lalu bosan.

Cara Menata Taman Depan Rumah dengan Memberikan Titik Fokus Yang Menarik

Salah satu keberhasilan dalam pembuatan dan penataan taman depan rumah adalah adanya sebuah titik fokus atau beberapa titik fokus yang dapat menarik mata untuk melihatnya. Titik fokus tsb dapat berupa sebuah pohon, patung, ataupun tanaman semak-semak.

Coba Anda bayangkan bila taman halaman rumah Anda hanya berupa hamparan rumput, terasa membosankan bukan? Penambahan beberapa tanaman dan ornamen yang berkumpul di satu tempat merupakan cara membuat taman depan rumah lebih menarik.

cara menata taman depan rumah bagi pemula
Memberikan titik fokus merupakan salah satu cara menata taman depan rumah lebih indah (image: stylemotivation.com)

Perhatikan Skala dan Ukuran

Cara menata taman depan rumah agar tampak seimbang dan serasi memang bukanlah hal yang mudah. Anda harus dapat memperhitungkan variasi ukuran, bentuk, warna, meletakan tanaman yang tinggi di belakang, batu-batu pijakan tempat lalu lalang orang, dll sehingga tampak menyatu dalam kesatuan taman. Anda juga dapat mengatur kemiringan tanah sehingga taman tidak tampak monoton.

Bila lahannya sempit maka buatlah taman minimalis di depan rumah Anda. Jangan menanam pohon yang besar ya karena nantinya akan terasa penuh dan lebih sempit. Pilih tanaman yang benar-benar cocok dengan taman minimalis tsb.

Baca juga:  Cara Praktis Mengecat Ulang Furnitur Kayu yang Kusam Agar Kinclong Kembali

Terbuka Pada Perubahan, Apa Yang Disukai di Taman Halaman Rumah?

Coba jujurlah terhadap apa yang Anda sukai. Anda dapat menambahkan apapun yang Anda sukai ke taman Anda dan mengeluarkan apapun yang tidak Anda sukai. Melihat sesuatu yang Anda sukai pastinya akan membuat Anda lebih nyaman dan membuat Anda betah berlama-lama menikmati taman Anda.

Itulah beberapa tips menata taman depan rumah yang dapat Anda gunakan. Kesabaran memanglah sebuah kunci kesuksesan pembuatan dan penataan taman bagi seorang pemula. Jadi bila Anda merasa kurang “sreg” dengan taman Anda, cobalah berkreasilah agar taman Anda sesuai dengan yang Anda perlukan dan inginkan.

Kunci sukses cara menata taman depan rumah berikutnya adalah perawatan. Sebagus dan seindah apapun taman di depan rumah Anda pada awalnya akan menjadi tidak enak dipandang mata bila tidak dirawat dengan baik. Semoga bermanfaat …

Sumber Referensi:
www.bhg.com/gardening/landscaping-projects/landscape-basics/landscape-design-for-beginners/

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

menata taman depan rumah -cara menata halaman rumah agar terlihat indah -menata taman -cara menata taman -cara menata taman depan rumah -cara penataan taman -menata taman depan rumah sederhana -cara membuat taman pemula -Cara menata halaman rumah -Cara nata taman di depan d rumah -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *