Resep Kue Wafel Mudah dan Menarik

Resep kue wafel – wafel, pastinya jika membayangkan makanan yang satu ini, yang muncul adalah rasanya yang renyah dan lembutnya makanan ini, membuat orang-orang pasti tergiur dan ingin mencicipi nya. Wafel sendiri adalah hidangan yang berasal dari negara Belgia, Eropa. Rasanya gurih dan manis membuat kamu akan tergoda, apalagi jika diberi topping yang manis pastinya lebih membuat makanan yang satu ini istimewa.

Sayangnya, walau makanan yang satu ini terkenal dengan kelezatan nya, di Indonesia sendiri belum banyak restoran atau tempat makan yang menyediakan makanan ini, hanya dijual di tempat-tempat khusus saja, contohnya seperti kafe. Jika kamu memberlinya di tempat-tempat khusus, pastinya harga yang ditawarkan akan lebih mahal dari biasanya, dan akan membuat dompek kamu tipis. Sesekali membeli dengan harga mahal tidak mengapa, tetapi bagaimana jika kamu sedang tergoda dan ingin sekali mencicipi nya? Pastinya yang ada hanya kepikiran sampai tidur nanti.

Nah, untuk memberikan solusi masalah itu, kami akan memberikan anda resep kue wafel yang enak, dan pastinya mudah kamu buat di rumah sendiri. Untuk hasilnya nanti, kamu bisa memberikannya kepada keluarga tercinta atau orang terkasih anda. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut adalah resep kue wafel dan cara membutnya untuk anda.

Resep Kue Wafel

  1. Belgian Waffle

Resep Kue Wafel

Sebelum kamu membuat wafel dengan rasa dan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, mungkin untuk pertama kali belajar kamu bisa membuat wafel yang sederhana terlebih dahulu. Tetapi walau sederhana, wafel ini tetap menjadi idola karena rasanya enak lho! Untuk cara membuat dan bahan-bahan yang diperlukan, berikut penjelasannya:

Bahan-bahan

  • Tepung terigu serba guna 100 gram
  • Tepung maizena 25 gram
  • Telur ayam besar 1 butir, pisahkan antara putih dan kuningnya
  • Garam ½ sendok teh
  • Baking powder ½ sendok teh
  • Baking soda ¼ sendok teh
  • Susu cair 240 ml
  • Minyak sayur 6 sendok makan
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Vanilla bubuk ½ sendok teh

Cara membuatnya

  • Siapkan cetakan wafel dan panaskan sampai dengan suhu 150 derajat celcius.
  • Campurkan bahan-bahan kering seperti tepung maizena, tepung terigu, baking powder, garam dan baking soda menjadi satu, lalu ayak sampai halus.
  • Campurkan kuning telur yang tadi sudah dipisahkan dari putihnya dengan minyak sayur dan susu cair.
  • Siapkan wada terpisah, kocok putih telur sampai mengembang. Sambil perlahan-lahan dikocok, anda masukkan gula pasir secara perlahan-lahan ke dalamnya, lalu anda kocok terus sampai muncul busa putih telur dan kaku, tambahkan vanilla bubuk.
  • Campurkan adonan bahan-bahan basah seperti minyak sayur, campuran susu cair dan kuning telur kedalam adonan bahan-bahan kering yang sudah diayak terlebih dahulu. Aduk semua adonan yang sudah dicampurkan dengan menggunakan mixer, sampai adonan tercampur merata.
  • Setelah semua tercampur merata, anda bisa memasukkan putih telur yang sudah dikocok tadi bersamaan dengan gula dan vanilla kedalam adonan. Perlaha-lahan aduk semuanya dengan menggunakan spatula, sampai adonan benar-benar menyatu.
  • Sebelum memasak waffle, anda panaskan terlebih dahulu cetakan waffle dan oleskan mentega di permukaannya. Jika sudah, tuang adonan waffle secukupnya ke dalam cetakan waffle.
  • Masak waffle sampai berwarna kecoklatan dan bagian luar adonan mulai mengeras.
  • Jika sudah matang, anda angkat waffle dari cetakannya, dan waffle pun siap dihidangkan. Anda bisa menambahkan berbagai topping sesuai dengan selera anda.

Wafel yang kita buat kali ini, sangat cocok untuk dimakan dengan topping apapun pilihan anda. Biasanya topping yang sering digunakan, adalah sirup maple, tetapi sirup maple sulit untuk didapatkan di Indonesia. Jika anda mendapatkan nya, anda bisa menambahkan nya dengan sirup maple, pastinya nanti akan menambah rasa wafel ini menjadi lebih lezat.

Topping selain sirup maple juga bisa, seperti sirup coklat, es krim, keju dan buah-buah beri, madu dan pisang atau saus blueberry, apa saja bisa kamu jadikan topping jika kamu ingin.

Nah, bagaimana? Apa anda tertarik dengan resep kue wafel diatas? Penulis sendiri tertarik ingin mencoba resep kue wafel diatas, karena dengan bahan-bahan yang mudah dapat menghasilkan makanan yang enak dan lezat. Apalagi ditambah dengan topping kesukaan, pastinya kelezatannya berkali-kali lipat deh! Kamu juga bisa mengkreasikan dengan menambah beberapa sajian seperti coklat saat memanggangnya, jadi ke lezatan kue wafel ini tergantung bagaimana kamu membuat dan mengkreasikan nya.

Demikian artikel tentang resep kue wafel untuk anda. semoga artikel resep kue wafel ini, anda bisa terbantu dan lebih mudah dalam membuat kue wafel anda sendiri, tanpa harus mengelurkan kocek yang mahal dan keluar rumah. Terima kasih telah membaca dan selamat mencoba!

Baca juga:  Resep Cara Membuat Kue Cubit Yang Sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *