Resep Kue Pukis Sederhana dan Mudah

Resep kue pukis – kue pukis, siapa sih yang tidak mengetahui kue yang satu ini? Kue ini cukup mudah untuk kita temui, karena penjual dan peminat dari kue tradisional ini sangat banyak jumlahnya di Indonesia. Kue yang satu ini memiliki cita rasa yang manis dan hal ini lah yang membuatnya memiliki banyak penggemar.

Tekstur yang dimiliki oleh kue pukis sendiri bisa dibilang cukup berat hal ini berasal dari bahan-bahan yang digunakan dalam resep kue pukis. Karena teksturnya yang berat ini lah jika kita makan 1 sampai 2 potong kue ini saja bisa membuat kita merasa kenyang apalagi sambil menunggu waktu makan siang atau makan malam.

Perkembangan Resep Kue Pukis

Jika dilihat dari masa ke masa, kue pukis ini pun juga ikut berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Perkembangan ini pun bisa kita lihat dari segi rasa yang ditawarkan oleh kue tradisional ini. Semakin berkembangnya zaman, rasa dari kue pukis pun semakin banyak dan beragam.

Jika pada awalnya kue pukis hanya memiliki rasa yang didapat dari perpaduan antara ragi kue dan santan. Sekarang ini kita bisa menemukan kue pukis dengan berbagai macam rasa yang berasal dari kreativitas orang-orang serta penjual kue pukis yang bereksperimen memberikan rasa baru pada kue tradisional yang satu ini.

Rasa yang bisa anda temui dalam kue pukis ini antara lainnya adalah rasa pandan, cokelat, stroberi, bahkan pisang keju. Selain dari rasa adonan yang dicampur dengan bahan yang sudah penulis sebutkan tadi, topping dari kue pukis ini juga semakin berkembang, topping yang bisa anda temui antara lain adalah keju, cokelat, cokelat kacang, kismis, bahkan nangka, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Buat Perkedel Tanpa Bumbu

Resep Kue Pukis

Penulis sangat yakin banyak dari kita yang tahu mengenai kue ini, namun tidak banyak yang tahu bagaimana cara membuatnya, bahan-bahan yang dibutuhkan, serta resep mudah yang bisa kita praktikkan. Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini penulis sudah menyiapkan resep kue pukis sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Penasaran? Simak di bawah ini.

Resep Kue Pukis Praktis dan Sederhana

Sebelumnya, ada beberapa bahan-bahan yang harus anda siapkan terlebih dulu. Berikut ini bahan-bahannya.

Bahan-bahan:

  1. 180 gram tepung terigu
  2. 2 butir telur ayam
  3. 1 kuning telur
  4. 200 ml santan
  5. 600 ml air hangat
  6. ½ sendok makan ragi kue atau fermipan
  7. ¼ sendok teh garam
  8. 120 gram gula pasir
  9. 100 gram keju cheddar
  10. 100 gram meses cokelat

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, anda bisa melanjutkan ke dalam langkah pembuatan kue pukis.

Langkah-langkah dan Cara Membuat Kue Pukis :

  1. parut atau potong-potong keju cheddar dengan ukuran kecil yang akan digunakan sebagai bahan topping kue pukis. Lalu sisihkan.
  2. Campur air hangat denga ragi kue atau fermipan, lalu aduk sampai rata.
  3. Silahkan masak santan sambil terus diaduk sampai mendidih. Pastikan santan yang anda masak dan aduk tersebut tidak pecah. Jika sudah mendidih silahkan diamkan sampai santan tersebut hangat.
  4. Selanjutnya, dengan menggunakan mixer silahkan campurkan dan aduk telur, gula pasir, dan garam dengan kecepatan sedang. Pastikan proses pengocokkan ini Anda lakukan sampai adonan tersebut mengembang dan gula sudah larut secara sempurna.
  5. Sambil melakukan proses pengocokkan, silahkan masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai semua adonan tersebut tercampur rata.
  6. Jika sudah rata, silahkan masukkan campuran air ragi ke adonan tersebut.
  7. Setelah itu silahkan masukkan santan hangat yang tadi sudah Anda masak, dan kocok hingga semua bahan tercampur dengan baik dan tidak ada gumpalan.
  8. Jika sudah tercampur dengan baik dan rata, silahkan diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 15 menit sampai dengan 25 menit agar adonan bisa mengembang.
  9. Sambil menunggu, anda bisa menyiapkan loyang atau cetakkan kue pukis di atas kompor dengan nyala api kecil. Pastikan api yang anda gunakan tidak terlalu besar agar terhindar dari kue gosong dan matang tidak merata.
  10. Setelah itu, pastikan adonan sudah siap untuk dimasak dan jika sudah Anda bisa mengolesi cetakkan atau loyang dengan margarin agar adonan tidak lengket.
  11. Tuangkan adonan sampai hampir memenuhi cetakkan dan tutup sebentar.
  12. Saat adonan dalam keadaan setengah matang, anda bisa memberi topping yang tadi sudah disiapkan. Toping bisa anda pilih, mau keju saja atau cokelat saja, dan bisa juga dicampur.
  13. Jika kue sudah matang, silahkan angkat dengan hati-hati dan kue pukis pun siap disajikan.

Itu dia resep kue pukis sederhana dan cukup praktis. Tentu saja resep kue yang satu ini bisa Anda coba sendiri untuk dipraktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca juga:  Cara Membuat dan Resep Masakan Pallu Kaloa Khas Ambon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *