Resep Dan Cara Membuat Gurame Bakar Pedas Manis

Ingin mencoba hidangan ikan yang pedas dan manis dengan rasa yang memikat lidah? Cobalah resep dan cara membuat Gurame Bakar Pedas Manis yang akan kami bagikan ini. Gurame yang diolah dengan racikan bumbu pedas dan manis ini akan menggugah selera makan Anda. Hidangan ini dapat menjadi pilihan tepat untuk melengkapi hidangan keluarga atau acara spesial. Yuk, ikuti langkah-langkahnya dan jadikan hidangan ini sebagai sajian istimewa di meja makan Anda!

Cara Membuat Gurame Bakar Pedas Manis yang Lezat

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk menghasilkan gurame bakar pedas manis yang lezat, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

– 1 ekor ikan gurame, ukuran sesuai selera

– 3 sendok makan kecap manis

– 2 sendok makan saus sambal

– 4 siung bawang putih, haluskan

– 2 batang daun bawang, iris tipis

– 2 sendok makan minyak goreng

– Garam secukupnya

– Merica bubuk secukupnya

Langkah Pembuatan Gurame Bakar Pedas Manis

Untuk memulai menyajikan gurame bakar pedas manis yang lezat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan ikan gurame hingga bersih dan bersisik. Kemudian, berikut langkah-langkah selanjutnya:

1. Siapkan baskom dan campurkan kecap manis, saus sambal, bawang putih halus, garam, dan merica bubuk. Aduk rata menjadi bumbu marinasi.

2. Lumuri ikan gurame dengan bumbu marinasi hingga merata. Pastikan bumbu meresap hingga ke dalam daging ikan. Diamkan selama 30 menit hingga bumbu meresap sempurna.

3. Panaskan minyak goreng di atas wajan dengan api sedang. Setelah itu, masukkan ikan gurame yang sudah diolesi bumbu marinasi ke dalam wajan.

4. Masak ikan gurame hingga matang dengan cara membaliknya sesekali agar matang merata. Pastikan kedua sisi ikan terasa renyah dan berwarna kecoklatan.

5. Angkat ikan gurame bakar pedas manis dari wajan dan letakkan di atas piring saji.

6. Terakhir, hias gurame bakar dengan irisan daun bawang untuk memberikan sentuhan segar pada tampilan hidangan.

7. Gurame bakar pedas manis siap disajikan. Nikmati hidangan lezat ini bersama nasi hangat dan sayuran segar!

Baca juga:  Cara Simpan Alpukat Biar Cepat Matang

Dengan resep dan cara membuat gurame bakar pedas manis di atas, anda dapat dengan mudah menyajikan hidangan favorit keluarga yang lezat dan bergizi. Selamat mencoba!

Sebagai praktisi kuliner, berikut ini adalah resep dan cara membuat Gurame Bakar Pedas Manis yang bisa Anda coba di rumah. Pertama, bersihkan ikan gurame dan rajangan iris dengan memotong bagian ekor dan kepala. Kemudian, lumuri ikan dengan bumbu marinasi yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai merah, saus tiram, kecap manis, gula, garam, dan air jeruk nipis. Diamkan selama 30 menit, agar bumbu meresap. Setelah itu, bakar ikan di atas panggangan dengan menggunakan api sedang hingga matang dan berwarna kecokelatan. Jangan lupa untuk membalik ikan agar matang merata. Setelah ikan matang, sajikan Gurame Bakar Pedas Manis dengan ditaburi bawang goreng dan irisan daun bawang. Rasakan sensasi yang lezat dari perpaduan pedas dan manis pada gurame yang juicy dan gurih. Selamat menikmati!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Resep Dan Cara Membuat Gurame Bakar Pedas Manis

1. Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Gurame Bakar Pedas Manis?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Gurame Bakar Pedas Manis antara lain:
– 1 ekor ikan gurame (bersihkan dan belah dua)
– 3 siung bawang putih (haluskan)
– 2 cm jahe (parut)
– 2 cm lengkuas (geprek)
– 2 batang serai (geprek)
– 2 buah cabai merah besar (haluskan)
– 5 buah cabai rawit merah (iris tipis)
– 2 sendok makan kecap manis
– 1 sendok makan saus tiram
– 1 sendok makan minyak wijen
– Garam secukupnya
– Gula secukupnya
– Air perasan jeruk nipis

2. Bagaimana cara membuat bumbu marinasi untuk Gurame Bakar Pedas Manis?

Untuk membuat bumbu marinasi bagi ikan gurame, Anda perlu mencampurkan bawang putih, jahe, lengkuas, serai, cabai merah besar yang telah dihaluskan. Tambahkan kecap manis, saus tiram, minyak wijen, garam, gula, dan perasan jeruk nipis secukupnya. Aduk rata.

3. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk merendam ikan gurame dalam bumbu marinasi?

Ikan gurame perlu direndam dalam bumbu marinasi selama minimal 30 menit agar bumbu dapat meresap dengan baik. Anda dapat merendamnya lebih lama untuk hasil yang lebih enak.

Baca juga:  Cara Membuat Semprit Mawar 1 Kg

4. Bagaimana cara memanggang ikan gurame yang telah direndam dalam bumbu marinasi?

Panaskan panggangan atau teflon anti lengket. Panggang ikan gurame yang telah direndam dalam bumbu marinasi di atas panggangan yang telah dipanaskan dengan api sedang. Panggang selama kurang lebih 10-15 menit di setiap sisi hingga ikan matang dan kulitnya berwarna kecokelatan.

5. Bagaimana cara menyajikan Gurame Bakar Pedas Manis?

Gurame Bakar Pedas Manis siap disajikan. Anda dapat menambahkan bumbu sambal sebagai pelengkapnya. Biasanya gurame bakar pedas manis disajikan dengan nasi putih hangat atau nasi uduk. Selamat menikmati!

6. Bisakah resep Gurame Bakar Pedas Manis ini dijadikan hidangan vegetarian?

Resep Gurame Bakar Pedas Manis ini tidak dapat dijadikan hidangan vegetarian karena menggunakan ikan gurame sebagai bahan utamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *