Kenali Penyebab Motor Mendadak Mati Ditengah Jalan

Penyebab Motor Mendadak Mati Ditengah Jalan – Motor Anda sering mendadak mati dijalan? Pastilah sebagian dari para penggunaan mengalami yang satu ini, apalagi motor yang mereka kendarai motor sudah tua jadi wajar saja. Tapi jika ini terjadi pada motor yang masih baru? mungkin jawabannya karena Anda tidak merawat motor dengan baik karena berfikiran jika mesin motor pastilah masih baik dan tidak gampang rusak. Padahal Anda tidak tahu jika mungkin komponen pada mesin ada yang butuh pergantian.

Nah selain komponen yang rusak, masih banyak lagi penyebab motor bisa mati di pinggir jalan lho. Lalu, apa saja sih penyebab motor mendadak mati ditengah jalan? berikut kami akan membahasnya untuk Anda semua, yuk simak hingga akhir yah !!

Penyebab Motor Mendadak Mati Ditengah Jalan, Apa Saja?

Penyebab Motor Mendadak Mati Ditengah Jalan

Dibawah ini Cara Praktis akan memberikan beberapa penyebab motor mendadak mati ditengah jalan yang bisa Anda ketahui sebagai berikut :

Filter Udara Yang Jarang Dibersihkan

Penyebab motor mendadak mati ditengah jalan yang pertama adalah karena filter yang jarang dibersihkan. Sehingga nanti filter udara akan semakin kotor dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Nah, jika hal yang satu ini tidak dapat berfungsi dengan baik maka akan berakibat pada tarikan gas yang lebih berat dan motor bisa saja mendadak mati ditengah jalan atau mogok.

Untuk cara mengatasi hal satu ini Anda bisa melakukan pengecekan terhadap filter udara secara rutin. Kemudian jika Anda menggunakan saringan udara kering mungkin bisa menggantinya dengan menggunakan filter udara yang basah, karena akan lebih tahan lama dibandingkan dengan filter udara yang kering.

Tutup Tangki Yang Tersumbat Kotoran

Nah, untuk penyebab motor mendadak mati ditengah jalan yang selanjutnya adalah tutup tangki yang tersumbat kotoran. Bagian yang tersumbat biasanya lubang kecil yang digunakan sebagai ventilasi. Jika lubang tersebut tertutup makan akan menghilangkan sirkulasi udara dan bahan bakar tidak akan mengalir.

Untuk cara mengatasinya Anda bisa membersihkan tutup tangki bensin tersebut dan usahakan lubang ventilasi tidak tersumbat agar udara dapat keluar dan masuk untuk membantu bensin mengalir ke seluruh mesin.

Baca juga:  Cara Membersihkan Kap Lampu Motor Yang Kotor

Komponen Pengapian Yang Rusak

Nah, jika Anda mengalami penyebab yang satu ini yaitu komponen pengapian yang rusak maka motor akan mendadak mati. Karena jika komponen pengapian rusak maka percikan api tidak dapat tercipta dan motor tidak dapat dijalankan. Biasanya yang sering mengalami kerusakan adalah busi, koil, CDI, sepul dan yang lainnya. Jadi jika salah satu itu menjadi sumber masalahnya, Anda bisa melakukan pergantian komponen tersebut di bengkel resminya.

Menggunakan Bahan Bakar Yang Beroktan Rendah

Untuk bahan bakar juga bisa menjadi salah satu penyebab motor bisa mendadak mati ditengah jalan. Hal ini karena bahan bakar yang mempengaruhi proses pembakaran pada setiap motor. Contohnya saja bensin premium yang beroktan rendah dapat menimbulkan produksi timbal yang lepas semakin banyak sehingga menyumbat klep dan ini yang mengakibatkan motor mendadak mati.

Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan bahan bakar seperti pertamax yang beroktan lebih tinggi jika dibandingkan dengan premium yang beroktan lebih rendah.

Kelp Yang Kurang Tepat

Biasanya penyebabnya karena klep yang kurang tepat jadi motor dapat mendadak mati ditengah jalan. Jika klep celahnya terlalu rapat makan mesin cepat panas. Jadi ada baiknya klep celahnya sedikit direnggangkan agar mesin tidak cepat panas. Padahal untuk klep sendiri sudah memiliki ukurannya sendiri sesuai dengan spesifikasi mesin yang ada, jika memang tidak cocok Anda tidak bisa memaksakannya. Cukup gunakan kelp yang asli saja.

Nah itulah beberapa penyebab motor mendadak mati ditengah jalan yang bisa Anda ketahui. Memang untuk mengatasi motor yang mendadak mati sangat sulit, karena bisanya penyebabnya sangat banyak. Oleh karena itu sebelum terjadi hal seperti itu Anda harus memeriksa mesin dan melakukan pengecekan sebelum pemakaian. Semoga dengan adanya artikel berikut ini dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda semua 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *