Cara Praktis Menambal Atap Seng Yang Berlubang

Cara Menambal Atap Seng Yang Berlubang – Terdapat banyak pilihan jenis atap rumah yang beredar di pasaran. Salah satu atap yang masih tetap eksis hingga sekarang ini adalah atap yang berbahan seng. cukup wajar sih karena harganya yang cukup murah dan cara pemasangan mudah. Namun kekurangannya selain berisik saat hujan dan panas saat terik, juga bila mau mengganti atap karena ada yang bocor atau rusak maka harus diganti 1 lembar sekaligus.
Nah daripada menggantinya, mungkin dengan cara menambal atap seng yang berlubang merupakan pilihan yang sangat bijak. Cara inipun dapat menghemat biaya pengeluaran rumah Anda.

Sebetulnya risiko kebocoran pada atap seng sangat kecil namun bila tidak dirawat dengan baik seperti diberi anti karat dsb, maka atap seng akan mudah berkarat dan ujung-ujungnya berlubang. Lalu bagaimana cara menambal atap seng yang berlubang ya?

cara menambal atap seng yang berlubang
Ilustrasi cara menambal atap seng yang berlubang (image: finishing.com)

Cara Mudah Menambal Atap Seng Yang Berlubang

Berikut ini adalah peralatan, bahan, dan cara menambal atap seng yang berlubang.

Alat dan Bahan Yang Diperlukan:

  • Gabus, bila tidak tersedia bisa diganti dengan styrofoam
  • Bensin
  • Lem
  • Kuas
  • Mangkuk

Langkah-langkah Proses Pembuatan Adonan Untuk Menambal Atap Seng Yang Berlubang

  • Potong gabus / Styrofoam hingga berukuran kecil dan masukan potongan tsb ke dalam mangkuk.
  • Tambahkan bensin ke dalam mangkuk yang berisi potongan gabus / Styrofoam tsb secukupnya. Bensin mampu melarutkan gabus / Styrofoam, aduk hingga terbentuk adonan pasta kental.
  • Tambahkan lemb perekat seng ke dalam adonan, dan aduk rata.

Langkah Menambal Atap Seng Yang Berlubang

  • Oleskan adonan di atas ke permukaan seng yang berlubang, berikan sedikit tekanan agar adonan dapat masuk ke dalam pori-pori dan menempel kuat di seng.
  • Biarkan hingga 3-5 jam atau polesan tsb mengering sempurna.
  • Setelah kering lakukan pengetesan dengan mengalirkan air di sekitar atap seng yang sudah ditambal tadi. Bila masih bocor ulangi lagi langkah / cara menambal atap seng di atas.
Baca juga:  Cara Ampuh Mengatasi WC Mampet di Rumah Anda

Nah itulah cara mudah menambal atap seng yang berlubang. Oh ya, cara ini sangat efektif untuk diameter kebocoran yang tidak lebih dari 3cm. Bila lubang kebocoran terlalu besar maka tidak ad acara lain selain Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara menambal seng bocor -cara menambal seng -cara menambal seng yang bolong -cara menambal seng yang bocor -tambal seng -bahan penambal seng bocor -menambal seng bocor -cara mengatasi atap seng bocor -tambal seng bocor -cara menambal atap seng yang bocor -

3 thoughts on “Cara Praktis Menambal Atap Seng Yang Berlubang

  1. Permisi, mohon izin bertanya.
    Saya punya talang dari seng sepanjang 7 meter. 1 meter di tengah karatan dan bocor. Saya tidak tahu cara mengatasinya supaya tidak bocor lagi. Tolong solusi apakah bisa ditambal dengan karpet di atasnya kemudian dilapisi waterproof?

    1. Kalau menurut saya, karena yang karatan dan bocor cukup besar sebaiknya diganti saja. Untuk mencegah kebocoran talang yang sama terjadi di kemudian hari, sebaiknya lakukan pengecatan talang secara berkala setiap kali permukaan cat sudah terkikis. Semoga cukup membantu ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *