Cara Jitu Mengenali Elektronik Palsu atau Asli

Cara Mengenali Elektronik Palsu – Kemajuan teknologi yang sangat pesat telah membuat pasar elektronik semakin berkembang. Bila dulu orang masih menggunakan TV layar cembung maka sekarang yang sedang tren adalah TV layar datar. Begitu pula dengan HP, sekarang ponsel berbasis android yang sedang naik daun.
Banyaknya jenis dan model elektronik yang ada di pasaran dikarenakan selalu munculnya inovasi baru. Namun masalahnya kondisi ini sering dimanfaatkan para produsen dan penjual nakal untuk membuat dan menjual elektronik palsu. Kita sebagai konsumen harus jeli dalam mengenali elektronik palsu sehingga terhindar dari penipuan.
cara jitu mengenali elektronik palsu

Tips / Cara Mengenali Elektronik Palsu

Untuk menghindari penipuan dan mampu membedakan antara elektronik asli atau palsu maka berikut ini adalah tips cara memilih / membeli elektronik yang dapat Anda gunakan, yaitu:

Beli di Tempat Resmi

Salah satu upaya membeli elektronik asli dan terhindar dari penipuan adalah dengan membelinya di tempat resmi. Anda dapat cek situs perusahaan elektronik tsb dan carilah agen distributor penjual yang tertera di situ. Janganlah Anda tergiur harga murah dengan membeli barang illegal dari “black market” atau tempat-tempat tak resmi lainnya untuk menghindari penipuan.

Coba Nyalakan

Salah satu cara mengenali elektronik palsu adalah dengan mencobanya. Elektronik palsu atau tiruan memang sengaja dibuat mirip dengan merek asli namun biasanya ada bagian-bagian tertentu yang tidak berfungsi dengan baik. Dengan mencobanya dan hanya membeli elektronik yang dapat menyala normal maka Anda akan terhindar dari penipuan.

Perhatikan Kesalahan Ejaan

Merek elektronik palsu ada yang dibuat mirip dengan merek ternama namun biasanya dibedakan satu hurup saja. Bila kita tidak jeli dalam mengenali elektronik palsu tsb maka bisa saja Anda membeli merek ternama eh yang dibeli merek tiruannya. Oleh karena itu pastikan tidak ada kesalahan ejaan walaupun hanya satu huruf saat membeli produk elektronik. Beberapa merk asli diantaranya adalah Sharp, Panasonic, LG, Sanyo, Toshiba, Polytron, dll.

Baca juga:  Cara Memasang dan Merawat Pompa Air Yang Baik dan Benar

Cek Kode Produksi

Tips berikutnya untuk mengenali elektronik palsu adalah dengan melihat kode produksi baik yang tertera pada barang secara fisik, pada buku atau dokumen seperti garansi dsb, serta kode-kode yang ada di dus kemasannya. Walaupun ini terlihat hal sepele namun cukup efektif membantu Anda dalam mengenali elektronik palsu sehingga terhindar dari penipuan.

Cek Hologram

Pada umumnya produk ternama sudah menggunakan hologram sebagai salah satu fitur pelindung produknya dari upaya pemalsuan. Lakukan pengecekan hologram untuk mengenali elektronik palsu. Hindari membeli produk tanpa hologram yang asli.

Itulah berbagai cara mengenali elektronik palsu, cara membedakan elektronik asli atau palsu sehingga kita dapat terhindar dari segala bentuk penipuan yang merugikan.

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

tv polytron palsu -cara membedakan panasonic asli -cara membedakan komponen tv ori dan kw -cara membedakan elektronik asli atau palsu -cara membedakan barang elektronik yg palsu dg yg asli -cara membedakan barang elektronik asli dengan yang palsu -cara membedakan barak elektronik televisi asli da palsu -cara melihat produk eletronik asli -cara melihat elektronik asli -cara cek tv polytron asli -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *