Cara Praktis Memilih Buah Durian Yang Matang Dan Enak

Cara Memilih Buah Durian – Rupanya sekarang lagi musim durian karena terbukti banyaknya penjual durian musiman di pinggir jalan raya. Buah durian memang sangat digemari oleh masyarakat karena selain baunya yang khas juga karena rasanya yang enak dan legit. Khasnya bau durian juga yang menyebabkan bau durian menjadi salah satu perasa es krim yang paling banyak disukai.

Rasa durian memang tergantung dari jenisnya, ada yang rasanya agak pahit dan ada pula yang rasanya manis banget. Soal rasa adalah soal pilihan karena banyak juga yang menyukai rasa agak pahit di durian. Tapi saya pribadi lebih menyukai durian yang manis dan matang. Bila Anda menyukai buah durian yang manis dengan daging yang tebal maka pilihannya adalah durian jenis Monthong. Lalu bagaimana cara memilih buah durian yang matang dan enak?

 cara memilih buah durian yang matang dan enak

TIPS MEMILIH BUAH DURIAN YANG MATANG, MANIS DAN ENAK

Berikut ini adalah beberapa tips membeli buah durian, yaitu:

  1. Pilihlah durian yang bulat penuh karena daging durian akan ada di setiap ruas, sehingga tidak ada perasaan rugi dan kecewa karena isinya sedikit bila memilih durian bongkeng (tidak bulat).
  2. Perhatikan kulit durian, pilihlah kulit durian yang mulus tanpa cacat, tanpa lubang dan tanpa sayatan. Pilih durian yang belum terbuka atau ada bekas sayatan pisau karena daging buah yang sudah terkena angin rasanya menjadi tidak enak.
  3. Lihat tangkai durian, tangkai yang halus menandakan tangkai dipotong dengan pisau dan artinya buah durian dipetik saat masih muda atau belum matang. Bila ujung tangkainya terlihat kasar maka durian tsb matang di pohon. Buah durian yang matang di pohon rasanya akan lebih enak dibandingkan matang di toko.
  4. Bila tangkai itu dipotong lalu dijilat akan terasa manis menandakan durian telah matang sempurna.
  5. Cium aroma durian yang menyengat, bila wanginya enak menandakan buah durian sudah matang.
  6. Coba tepuk-tepuk buah durian dengan benda tumpul, bila suaranya nyaring “buk buk buk” menandakan buah sudah matang.
  7. Pilihlah durian dengan duri kulit durian yang jarang-jarang yang menandakan daging durian telah padat.
Baca juga:  Resep Masakan Gabus Pucung Khas Betawi Yang Gurih dan Enak

Bila Anda bingung dengan ke-7 cara memilih buah durian yang matang di atas, Anda dapat meminta bantuan penjual durian tentunya dengan perjanjian bila setelah dicicipi ternyata tidak matang dan rasanya tidak enak, boleh ditukar kembali :-).

Itulah informasi seputar tips memilih buah durian yang matang yang dapat Anda coba. Jangan membeli buah durian dalam karung tapi periksalah dulu sebelum membeli. Selamat mencoba …

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara memilih durian pahit -cara memilih durian yang pahit -cara mengetahui durian matang di pohon -tanda durian matang -cara membedakan durian enak -tips praktis memilih buah durian -cara cek buah durian -buah durian yang matang mengakibatkan apa -buah durian yang enak itu rasa pahit atau manis -bentuk duren yg rsay pahit manis -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *