Cara Praktis Agar Rumah Tidak Bocor Saat Hujan Deras

Solusi Agar Rumah Tidak Bocor Saat Hujan – Rumah bocor merupakan salah satu masalah yang kerap kali muncul saat musim penghujan tiba. Walaupun penyebab kebocoran rumah tak hanya dari atap, namun tak bisa dipungkiri bila atap rumah lah penyumbang kebocoran terbanyak.

Agar tidak menyebabkan efek domino kerusakan pada bagian rumah lainnya serta merusak perabotan dan isi dalam rumah, sebaiknya penyebab kebocoran harus ditangani dengan segera. Selain itu ada kiat khusus juga agar rumah tidak bocor saat hujan deras yang dapat dijadikan sebagai langkah pencegahan.

Lalu bagaimana solusi jitu supaya atap rumah tidak bocor saat musim penghujan? Yuk simak ulasan Kumpulan Cara Praktis berikut ini ..

solusi jitu pemasangan atap agar rumah tidak bocor
solusi jitu pemasangan atap agar rumah tidak bocor (image: nearsay.com)

Baca juga: Cara Praktis Menambal Atap Seng Yang Berlubang

Apa Saja Penyebab Rumah Bocor?

Sebelum membahas mengenai cara praktis agar rumah tidak bocor saat hujan deras, sebaiknya ketahui dulu apa saja yang menyebabkan kebocoran pada rumah.

Kebocoran terjadi bila ada air atau cairan yang masuk dengan cara melewati, merembes, ataupun menembus pada lubang kecil, sedang, ataupun besar. Jadi biasanya ada celah atau lubang yang tidak tertutupi dengan sempurna yang menjadi penyebab kebocoran rumah.

Rumah bocor dapat terjadi karena salah konstruksi, pemilihan material yang kurang baik, ataupun karena kondisi alam.

Kebocoran pada rumah seringkali terjadi pada atap, dinding, maupun pada lantai rumah. Nah karena ataplah yang merupakan penyumbang kebocoran rumah paling banyak.

Berikut ini adalah beberapa penyebab atap rumah bocor, yaitu:

  • Pecahnya asbes / genteng, retaknya atap beton.
  • Kesalahan pada konstruksi atap seperti sudut kemiringan, pemilihan material yang salah, cara memasang atap yang salah, dan kondisi alam. Contohnya rongga yang dihasilkan karena pemasangan atap yang tidak rapi justru akan memudahkan air masuk rumah. Asbes yang dipasang dengan kemiringan kurang dari 10 derajat juga dapat menyebabkan kebocoran pada atap rumah. Untuk atap beton biasanya karena belum genap sebulan dicor namun sudah diberikan beban berlebih.
  • Usia atap juga harus diperhatikan, semakin tua maka semakin rapuh.
Baca juga:  Ide Desain Taman Rumah Bernuansa Bali

Tips Desain Atap Rumah Agar Rumah Tidak Bocor Dengan Mudah

Berikut ini adalah beberapa solusi yang dapat dilakukan supaya atap rumah tidak mudah bocor yaitu:

Perhatikan Material dan Sudut Kemiringan Saat Membangun Atap Rumah Bebas Bocor

Setiap material atap memiliki aturan cara pemasangannya sendiri yang harus dipatuhi.

  • Bila Anda memilih atap genteng, maka sebaiknya pasang dengan sudut kemiringan tak kurang dari 30-40 derajat sehingga air dapat mengalir dengan lancar namun genteng tidak mudah melorot.
  • Bila Anda memilih atas asbes atau seng, maka sebaiknya pasang atap dengan sudut kemiriang tidak kurang dari 10 derajat.
  • Bila ingin memiliki rumah dengan atap miring, sebaiknya gunakan model atap sirap.

Memilih genteng keramik biasanya lebih baik dibandingkan genteng tanah liat karena pada genteng tanah liat biasanya ada ketidak sempurnaan bentuk karena proses pembakaran yang menyebabkan celah antara genteng yang berpotensi menjadi penyebab kebocoran atap.

Jangan Lupa Gunakan Waterproofing Untuk Atap Beton

Nah jika Anda memilih atap menggunakan cor beton, pastikan cor-coran tsb kering dengan sempurna dan biarkan setidaknya selama sebulan sebelum menambahkan beban berlebih di atasnya. Jangan lupa tambahkan material pelapis seperti waterproof untuk mencegah rembesan atap.

Berdasar bahan bakunya, setidaknya ada tiga jenis pelapis anti bocor yang dapat dipilih, yaitu:

  • Waterproof cair – bentuknya seperti cat sehingga untuk aplikasinya tinggal diusapkan menggunakan kuas, hanya dapat digunakan untuk melapisi area yang dilalui air dan bukan diperuntukkan untuk area yang terus menerus terendam air. Untuk mencegah kebocoran di area sambungan atap, caranya dengan melapisi waterproof lalu rekatkan serat fiber sampai kering lalu kemudian beri lapisan waterproof lagi hingga tertutup sempurna.
  • waterproof semen (cementitous) – biasanya digunakan untuk untuk melapisi area yang sering terendam air seperti untuk mencegah kebocoran bak mandi ataupun kolam renang.
  • waterproof membran

Periksa Rangka Atap Secara Rutin

Selain material dan kemiringan atap, memeriksa kondisi rangka atap pun dapat mencegah agar rumah tidak bocor saat hujan. Segera ganti kayu yang lapuk ataupun rangka baja yang melengkung karena berisiko membahayakan keselamatan penghuni rumah bila dibiarkan.

Baca juga:  Cara Memperbaiki HP Android Yang Terkena Virus

Periksa Bubungan Atap

Cara membangun atap rumah agar tidak mudah bocor juga dapat dilakukan dengan memperhatikan desain bubungan atap. Bubungan atap yang terlalu tinggi justru akan rentan keretakan. Periksa bubungan atap ini secara rutin terutama saat memasuki musim hujan, bila ada retakan kecil segera tambal dengan bahan pelapis anti bocor. Namun bila retakan besar, sebaiknya ganti dengan yang baru agar rumah tidak bocor saat hujan.

Periksa dan Bersihkan Talang Atap

Saat akan membangun atap rumah bebas bocor, pastikan untuk memilih ukuran dan bentuk talang yang sesuai dengan debit dan jumlah air. Hindari juga banyaknya sambungan pada talang karena setiap sambungan berpotensi menyebabkan kebocoran. Jangan lupa bersihkan talang secara rutin terutama bila rumah Anda dikelilingi pohon besar karena sampah daun dapat menumpuk dan menyumbat saluran air.

Periksa Kondisi Atap

Seperti telah disinggung di atas, bahwa kekuatan atap akan menurun seiring usia selain ada penyebab lainnya yang menyebabkan retakan pada genteng, asbes, dll. Bila ada genteng pecah sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Bila ada genteng melorot sebaiknya segera dibetulkan. Untuk retakan kecil dapat diakali dengan menambalnya, sementara retakan besar sebaiknya segera ganti baru agar rumah tidak bocor saat hujan.

Baca juga: 3 Cara Praktis Menambal Genteng Bocor

Nah itulah beberapa solusi cara praktis yang perlu dilakukan agar rumah tidak bocor saat hujan deras. Tak hanya mengutamakan bentuk desainnya, namun harus memperhatikan cara membangun atap rumah bebas bocor juga. Semoga bermanfaat …

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

yhs-cheetah_006 -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *