Cara Merawat Knalpot Agar Awet, Bagaimana?

Cara merawat knalpot agar awet – Knalpot biasanya salah satu komponen yang selalu dilupakan untuk memperoleh perawatan. Hal ini karena banyak masyarakat yang mungkin tidak mengerti jika knalpot sangatlah penting untuk setiap kendaraan.

Dan tak hanya itu karena knalpot berguna untuk memproses hasil pembakaran antara oksigen dan bahan bakar menjadi tenaga tambahan. Jadi jika knalpot Anda masih berfungsi bahan bakar akan semakin irit, begitupun sebaliknya jika knalpot memiliki masalah atau kerusakan makan bahan bakar akan boros. Untuk itu sangat diperlukan komponen knalpot ini untuk melakukan perawatan agar lebih tahan lama dan kinerja akan lebih optimal lagi.

Lalu, bagaimana sih cara merawat knalpot agar awet? Berikut kami akan membahasnya untuk Anda semua. Maka dari itu yuk simak artikel ini hingga akhir yah!

Cara Merawat Knalpot Agar Awet, Bagaimana?

Cara Merawat Knalpot Agar Awet

Dibawah ini Cara praktis akan memberikan beberapa cara merawat knalpot agar awet yang bisa Anda ketahui. Adapun cara merawatnya sebagai berikut ini:

Dengan Menyiram Air Setelah Terkena Hujan

Cara merawat knalpot agar awet yang pertama adalah dengan menyiram knalpot setelah terkena hujan. Hal ini dilakukan karena sisa air hujan ditakutkan dapat menyebabkan karat di knalpot. Oleh karena itu setelah terkena hujan, lebih baik langsung menyiramnya dengan air bersih agar kadar keasaman pada air hujan hilang. Pastikan menyiram bagian keseluruhan dari knalpot khususnya di pipa leher knalpot. Karena jika terkena air hujan cat pada leher akar terkelupas kemudian berkarat.

Memberikan Sedikit Oli Pada Bagian Tertentu

Nah, salah satu cara untuk merawat knalpot adalah dengan memberikan sedikit oli. Anda bisa memberikan oli di dalam lubang knalpot ketika kondisi panas. Nantinya oli akan menguap dan uapnya akan masuk menempel pada dinding silenser. Nah, ini yang menyebabkan karat tidak mudah berkembang jadi knalpot Anda bisa tahan lama nantinya.

Memastikan Drainase Tidak Buntu

Setiap knalpot pasti memiliki lubang drainase sebagai tempat pembuangan air yang masuk. Letak drainase terkadang berada di bawah silenser pada bagian ujung dekat pipa leher. Nah, periksalah apakah lubang tersebut buntu atau tidak. Untuk cara mengatasinya Anda bisa menggunakan batang lidi lalu dimasukkan kedalam lubang tersebut. Jika tidak ada yang menghalangi berarti lubang tidak buntu.

Baca juga:  Cara Usir Kantuk Berkendara Saat Berpuasa

Periksalah Kebocoran Paking Knalpot

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk merawat knalpot agar tahan lama bisa memeriksa kebocoran paking knalpot. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan juga pada baut penyangga knalpot apakah sudah kecang atau kendor. Jika baut kendor Anda bisa segera memperbaikinya. Mengapa harus melakukan pengecekan? Ini dilakukan agar dapat mengirit bahan bakar. Karena bagaimanapun jika proses pembuangan gas tidak sempurna maka bahan bakar akan boros juga lho.

Lakukan Pembersihan Jika Terdapat Korosi Pada Knalpot

Cara merawat knalpot bisa dilakukan dengan membersihkan korosi yang menempel pada kanlpot, loh. Anda bisa membersihkan knalpot tersebut dengan menggunakan detergen yang dioleskan pada bagian yang terdapat kotoran. Alau Anda bisa menyikatnya kuat-kuat hingga bersih. Jika kotoran masih saja tercetak lakukan cara tersebut berulang-ulang.

Nah itulah beberapa cara merawat knalpot agar awet yang bisa Nada ketahui. Semoga dengan adanya informasi berikut ini Anda dapat merawat knalpot hingga awet dan tahan lama. Untuk melakukannya memang tidak butuh keahlian dan peralatan yang khusus. Anda hanya perlu kesabaran dan ketelitian untuk melakukannya. Semoga dengan adanya artikel berikut ini dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda semua. Sekian dan terima kasih !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *