Cara Mengatasi WiFi Yang Putus Nyambung di Android

Cara Mengatasi WiFi Yang Putus Nyambung di Android – Smartphone atau ponsel pintar yang bersistem operasi Android memang telah mampu menjalankan beragam fungsi yang sangat banyak sehingga membuat perangkat yang satu ini sangatlah populer, bahkan sebagian masyarakat telah menganggap bahwa smartphone merupakan suatu kebutuhan yang penting. Sekarang ini smatphone Android sering digunakan untuk menjelajah dunia maya, namun tentu saja perangkat Android tersebut harus terkoneksi dengan internet terlebih dahulu.

Selain menggunakan kuota data,smartphone Android juga telah memiliki konektivitas WiFi yang mana membuatnyabisa terhubung dengan jaringan WiFi yang ada di sekitar Anda. Menggunakan WiFiuntuk bisa terhubung ke internet tentu saja akan bisa menghemat kuota data,terutama jika Anda sering melakukan streaming video. Namun adakalanya sinyalWiFi yang Anda dapatkan putus nyambung yang mana tentu saja akan sangatmengganggu dan membuat Anda kesal, pada kesempatan kali ini akan kami ulas caramengatasi WiFi yang putus nyambung di Android.

Cara Mengatasi Masalah Koneksi Wifi

Cara Mengatasi WiFi Yang Putus Nyambung di Android

1. Restart Smartphone

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah WiFi yang putus nyambung yakni dengan merestart smartphone. Hal yang satu ini harus Anda coba karena masalah WiFi yang putus nyambung bisa disebabkan oleh adanya bug pada sistem. Untuk mengatasi masalah bug yang terjadi pada sistem Android ini, Anda harus melakukan restart agar kinerja smartphone kembali normal.

2. Pastikan Tetap Mengaktifkan WiFi Meski Dalam Mode Tidur

Cara kedua yang juga bisa Anda lakukan adalah memastikan bahwa WiFi dalam kondisi aktif mesipun sedang berada dalam mode tidur. Perlu Anda ketahui bahwa di dalam pengaturan WiFi, ada salah satu opsi yang disebut dengan mode tidur yang mana mode ini memiliki fungsi untuk menonaktifkan WiFi jika sedang tidak digunakan dan mengaktifkannya kembali secara otomatis saat smartphone dinyalakan.

3. Periksa Pengaturan Energy Saving Pada Router

Anda bisa memeriksa pengaturan energy saving yang terdapat pada router ataupun modem untuk mengatasi masalah WiFi yang putus nyambung. Hampir semua router atau modem WiFi telah dilengkapi dengan fitur energy saving yang memiliki fungsi untuk menghemat pemakaian daya pada saat tidak digunakan, Anda bisa menonaktifkan fitur energy saving tersebut.

4. Cek Sinyal WiFi Anda

Untuk mengatasi masalah WiFi yang putus nyambung, maka tidak ada salahnya jika Anda mengecek sinyal WiFi yang diterima oleh smartphone. Hal ini juga penting untuk dilakukan karena sinyal WiFi akan sangat mempengaruhi kecepatan koneksi, seperti yang Anda tahu bahwa setiap router ataupun modem memiliki pancaran sinyal yang berbeda-beda dengan jarak jangkau yang bervariasi.

5. Unroot Android

Apabila smartphone Android yang Anda miliki sudah diroot, maka Anda bisa melakukan unroot untuk mengatasi sinyal WiFi yang putus nyambung. Hal ini dikarenakan perangkat Android yang sudah diroot akan bisa membuat sistem menjadi tidak stabil sehingga akan menimbulkan berbagai masalah seperti misalnya penerimaan sinyal WiFi yang tidak optimal, oleh karena itu Anda bisa melakukan unroot.

Bagi Anda yang sering mengalami masalah WiFi yang putus nyambung, maka tak ada salahnya jika Anda menerapkan beberapa cara di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *